invisible bg invisible ico

Waspadai Efek Suntik Vitamin C yang Berbahaya untuk Kesehatan

8 Efek Suntik Vitamin C yang Berbahaya untuk KesehatanSeiring dengan berkembangnya dunia kedokteran, ada banyak orang yang menggunakan vitamin C untuk mencerahkan kulit, padahal efek suntik vitamin C dapat dikatakan cukup berbahaya. Vitamin C sendiri memang dikenal sebagai jenis senyawa alamii yang memiliki banyak manfaat. Namun tak jarang berbagai cara instan dilakukan oleh orang-orang yang tak sempat mencukupi asupan vitamin di tubuh mereka dengan melakukan suntik vitamin C.

Suntik vitamin C sendiri memang dapat memberikan warna yang lebih cerah pada kulit. Jadi banyak sekali orang yang kemudian menyuntikkan vitamin C ke pembuluh vena demi mendapatkan kulit yang cantik dan berseri. Jika dosis yang digunakan tepat, sebenarnya cara ini aman. Namun untuk penggunaan jangka panjang, ada banyak sekali efek suntik vitamin C yang sangat berbahaya bagi tubuh. Apabila Anda penasaran, sebaiknya simak ulasan berikut ini.

Ketahui Efek Suntik Vitamin C yang Paling Berbahaya bagi Kesehatan

Berbicara tentang efek samping dari suntik vitamin C, Anda dapat mempertimbangkan bahwa tak ada hal instan yang dapat dilakukan untuk mendapatkan kecantikan yang sempurna. Untuk itu, berikut adalah beberapa efek samping yang dapat dimunculkan dari suntik vitamin C:

  • Menopause Dini

Kebanyakan pengguna suntik vitamin C adalah remaja dan orang dewasa. Hal ini karena pada usia tersebut, kecantikan mereka benar-benar diperhatikan tanpa mengetahui apa saja efek suntik vitamin C bagi tubuh. Adapun efek yang akan terasa adalah wanita dapat mengalami berhentinya siklus menstruasi atau yang juga disebut menopause dini. Penyebabnya adalah karena terlalu banyak bahan kimia yang masuk ke dalam tubuh melalui suntikan ini sehingga dapat memunculkan efek yang berbahaya.

  • Diabetes

Efek berbahaya dari suntik vitamin C yang selanjutnya adalah pengguna dapat terserang penyakit diabetes atau naiknya tekanan gula dalam darah. Mengapa? Ini karena vitamin C dapat membuat kadar glukosa dalam darah mengalami peningkatan. Tak hanya itu saja, suntik vitamin C juga akan membuat tekanan gula dalam darah menjadi tak terkontrol. Inilah yang membuat Anda harus mempertimbangkan apakah menggunakan suntikan vitamin C merupakan langkah yang tepat.

  • Memberikan Beban Tambahan pada Ginjal

Efek suntik vitamin C yang selanjutnya adalah ginjal Anda akan menjadi lebih terbebani. Perlu diketahui, dosis suntikan vitamin C sendiri terbilang cukup tinggi, yakni sekitar 4 gram dalam sekali penggunaan atau sekali suntik. Jadi bukan hal yang aneh apabila vitamin C yang larut di dalam air ini pada akhirnya akan sampai pada organ ginjal.

Dosis yang cukup besar tersebut tentu akan membuat kinerja ginjal semakin berat. Pada dosis normal, penggunaan satu suntikan vitamin C hanya diperuntukkan selama sekali dalam satu minggu. Apabila lebih dari itu, maka perlahan namun pasti fungsi ginjal akan menurun dengan drastis.

  • Mempersulit Kinerja Hati

Efek samping berikutnya dari suntik vitamin C adalah akan memberikan beban tambahan pada hati. Sebenarnya ini merupakan kasus sama yang juga terjadi pada ginjal. Akibat dosis berlebih, maka hati pun juga akan bekerja lebih berat lagi.

  • Kanker

Efek samping lain dari suntikan vitamin C adalah kanker. Seperti yang kita tahu, kanker sebenarnya terjadi dengan diawali dari munculnya sel jinak di dalam tubuh. Pada umumnya, sel tersebut akan tumbuh semakin cepat ketika Anda memakan makanan yang tidak sehat seperti makanan cepat saji. Tak hanya itu saja, penggunaan suntikan vitamin C yang terlalu sering juga akan memicu perkembangan kanker menjadi semakin cepat.

  • Thalasemia / Kelainan Darah

Thalasemia merupakan kondisi di mana seseorang mengalami mengalami kelainan darah. Kondisi ini terjadi ketika produksi sel darah merah di dalam tubuh hanya sedikit. Inilah salah satu efek suntik vitamin C yang tentunya juga berbahaya bagi tubuh. Dengan penggunaan jangka panjang, bukan hal yang tak mungkin apabila Anda dapat mengalami penyakit kelainan darah ini.

  • Alergi dan Iritasi

Tak semua orang cocok ketika menggunakan suntikan vitamin C untuk mencerahkan kulit. Bagi pemilik kulit sensitif, suntikan vitamin C dapat memicu timbulnya alergi bahkan iritasi. Lebih parahnya, kondisi tersebut juga dapat memunculkan peradangan di bagian dalam dan luar kulit sehingga kulit akan menjadi kemerahan, berbintik-bintik, bahkan rusak.

  • Kerontokan Rambut

Efek suntik vitamin C yang berikutnya adalah terjadinya proses kerontokan rambut yang lebih cepat dari seharusnya. Seperti yang kita tahu, masing-masing orang memiliki risiko mengalami rambut rontok. Namun ketika menggunakan dosis vitamin C yang terlalu berlebih, khususnya dari suntikan vitamin C, maka risiko kerontokan rambut akan semakin besar.

Alasan utamanya adalah karena tubuh sendiri melakukan penolakan terhadap masuknya vitamin C dengan dosis berlebih. Padahal pada umumnya, vitamin C yang masuk ke dalam tubuh harus melalui saluran pencernaan, bukan melalui pembuluh darah. Inilah yang membuat rambut cepat rontok.

Setidaknya itulah beberapa hal yang mungkin Anda alami ketika menggunakan suntikan vitamin C. Sekali lagi, sebenarnya penggunaan suntikan vitamin C tidak begitu berbahaya. Hanya saja, ketika penggunaan suntikan vitamin C tersebut sudah over dosis bahkan membuat penggunanya ketergantungan, maka efeknya bagi kesehatan tubuh pun akan sangat berbahaya.

Beberapa Khasiat dari Suntikan Vitamin C

Setelah mengetahui efek suntik vitamin C, tentu Anda juga harus memahami apa saja manfaat yang diberikan oleh suntikan ini. Mengapa? Hal tersebut bertujuan agar Anda dapat memahami tentang suntikan vitamin C secara menyeluruh, baik mengenai efek sampingnya maupun mengenai manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Untuk itu, berikut adalah manfaat dari suntikan vitamin C.

  • Menangani Defisiensi Vitamin C

Bagi penderita defisiensi vitamin C atau orang yang mengalami kelainan sehingga tak dapat menyerap vitamin C secara tepat, suntikan vitamin C dinilai sangat membantu. Hal ini karena tubuh sendiri membutuhkan asupan vitamin C yang cukup setiap harinya. Inilah salah satu tujuan dilakukannya suntik vitamin C di dunia medis secara benar. (baca juga: aneka buah yang mengandung vitamin C paling banyak)

  • Membantu Pembentukan Kolagen

Manfaat berikutnya adalah suntikan vitamin C dapat membantu proses pembentukan kolagen. Kolagen adalah jenis protein yang berada di dalam tubuh dengan manfaat untuk memberikan kekuatan pada struktur tubuh. Kolagen sendiri ada di bagian tendon, otot, kulit, dan tulang.

Kekurangan vitamin C akan membuat terhambatnya proses pembentukan kolagen. Akibatnya, tubuh akan mengalami kelainan baik pada pembuluh darah maupun tulang. Inilah salah satu manfaat yang juga harus dipertimbangkan dalam penggunaan suntikan vitamin C.

  • Perawatan Kulit

Apabila Anda perhatikan ulasan di atas, salah satu alasan paling besar mengapa orang-orang menggunakan suntik vitamin C adalah demi mencerahkan dan membuat kulit menjadi berseri. Hanya saja, tak banyak orang yang tahu berapa dosis serta penggunaan suntikan vitamin C yang tepat. Padahal dengan dosis berlebih, maka segala efek suntik vitamin C seperti yang sudah dijelaskan di atas dapat menghantui penggunanya.

Oleh karena itu, apabila Anda memang benar-benar ingin menggunakan suntik vitamin C demi kesehatan, sebaiknya konsultasikan hal tersebut ke dokter ahli terlebih dahulu. Tujuannya hanya satu, agar nantinya tidak terjadi hal-hal yang tak Anda harapkan.

Setidaknya itulah sedikit ulasan tentang efek suntik vitamin C serta apa saja manfaat yang dapat diberikan olehnya. Perlu diingat, semua hal yang instan tentu akan membawa efek samping. Jadi, apabila Anda memang ingin mendapatkan kulit putih, cerah, dan berseri, sebaiknya lakukan perawatan kulit secara rutin. Semoga bermanfaat .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *