invisible hit counter invisible bg invisible ico

Waspadai Berbagai Penyebab Kencing Berdarah Ini!

Waspadai Berbagai Penyebab Kencing Berdarah Ini!Penyebab kencing berdarah hampir selalu menandakan adanya gangguan serius dengan saluran kemih anda. Saluran kemih kita meliputi beberapa organ yang memiliki fungsi yang sangat penting untuk membuang sisa-sisa metabolisme dari dalam tubuh. Ginjal merupakan organ yang memiliki peran untuk menyaring darah dan memisahkan zat-zat yang buruk yang tidak dibutuhkan dari tubuh untuk di buang, kemudian dilanjutkan oleh ureter, kandung kemih dan urethra yang memegang peran penting untuk menyalurkan zat-zat tersebut dalam bentuk air seni keluar dari tubuh kita. Penyebab kencing berdarah sebagian besar merupakan proses infeksi yang terjadi pada saluran kemih terutama pada anak-anak, dan diikuti oleh kemungkinan adanya batu pada saluran kemih maupun sebuah proses keganasan. Di dalam artikel ini kita akan sama-sama membahas mengenai apa saja kelainan yang dapat menyebabkan anda mengalami kencing berdarah.

Penyebab Kencing Berdarah yang Sering Terjadi

Kencing berdarah tentu saja akan membuat seseorang khawatir, hal ini tidak dapat dipungkiri mengingat penyebab kencing berdarah yang hampir pasti adalah gangguan medis pada saluran kemih. Untuk itu kenalilah penyebab kencing berdarah di bawah ini guna mendapat pertolongan yang tepat.

  1. Infeksi saluran kemih atas

Penyebab kencing berdarah yang satu ini sangat sering dialami oleh anak kecil dibandingkan orang dewasa. Infeksi saluran kemih ini dalam dunia medis dikenal dengan istilah Glomerulonefritis Akut (GNA) yang merupakan suatu proses peradangan pada ginjal karena infeksi bakteri. Gejala infeksi saluran kemih ini bervariasi, awalnya kurang lebih 1-2 minggu sebelum pasein mengeluhkan kencing berdarah akan timbul infeksi saluran nafas terlebih dahulu.

Infeksi saluran nafas ini merupakan awal dari penyebab kencing berdarah terutama pada anak kecil. Infeksi saluran nafas yang dibiarkan sembuh sendiri ini akan memicu sebuah proses imun yang kemudian akan menyerang ginjal dan merusak kemampuan penyaringan ginjal sehingga sejumlah besar sel darah merah akan lolos dan masuk ke dalam air seni dan keluar dalam bentuk kencing berdarah.

Pasien sering merasa warna air seninya berubah seperti air cucian daging, selain itu pasien juga dapat mengeluh demam disertai dengan bengkak minimal yang biasanya terjadi pada wajah. Setelah pasien diperiksa biasanya akan ditemukan tekanan darah yang tinggi. Selain itu pasien juga dapat mengeluhkan nyeri pinggang yang tidak menjalar, mual maupun muntah. Pengobatan pada infeksi saluran kemih bagian atas ini harus dilakukan oleh dokter dan tidak jarang pasiennya harus dirawat di rumah sakit guna mendapat terapi yang adekuat.

  1. Infeksi saluran kemih bawah

Yang dimaksudkan dengan infeksi saluran kemih bawah adalah infeksi yang terjadi pada saluran kemih di luar ginjal. Infeksi yang satu ini sangat sering terjadi pada kaum perempuan, dikarenakan struktur anatomis saluran kemihnya yang pendek sehingga mudah terinfeksi kuman. Selain karena struktur anatomis, masalah kebersihan dan kebiasaan menahan buang air kecil juga merupakan faktor penting yang berperan pada infeksi saluran kemih bagian bawah.

Gejala infeksi saluran kemih bawah terutama pada infeksi kandung kemih, meliputi demam, nyeri pada penekanan perut bawah, rasa terbakar atau panas saat berkemih, keinginan berkemih terus menerus dan sulit untuk ditahan. Gejala mual dan tidak enak pada perut juga dapat dikeluhkan oleh pasien, kencing berdarah sebenarnya jarang dikeluhkan pasien karena sifatnya mikroskopik yang hanya dapat diketahui jika kita melakukan pemeriksaan air seni secara khusus.

Sama seperti infeksi saluran kemih bagian atas, obat infeksi saluran kemih bawah juga harus diberikan oleh dokter berupa antibiotik yang sesuai sehingga anda harus memeriksakan anda ke dokter secepatnya. Beberapa hal yang bisa anda lakukan guna mempercepat penyembuhan infeksi saluran kemih ini adalah dengan banyak mengkonsumsi air putih dan juga tidak menahan buang air kecil.

  1. Batu saluran kemih

Sama halnya dengan infeksi saluran kemih, batu pada saluran kemih juga bisa menjadi penyebab kencing berdarah. Batu saluran kemih dapat kita temui mulai dari ginjal (disebut nefrolitiasis), ureter (ureterolitiasis), pada kandung kemih (vesikolitiasis) hingga saluran kemih terbawah yakni urethra (uretrolitiasis). Masing-masing jenis batu pada saluran kemih ini memiliki gejala yang berbeda satu sama lainnya.

Batu pada ginjal biasanya jarang menimbulkan gejala, akan tetapi pada beberapa kasus dapat ditemukan keluhan nyeri pinggang dan sering berulangnya infeksi saluran kemih bagian atas. Batu pada saluran ureter, memiliki gejala khas yakni nyeri pinggang yang menjalar hingga selangkangan namun hilang timbul. Batu pada kandung kemih dan urethra biasanya memiliki gejala berupa gangguan aliran air seni, seperti air seni yang tiba-tiba berhenti dan dapat keluar kembali jika berubah posisi maupun tidak.

Gejala kencing berdarah dapat ditemukan di sebagian kasus karena proses trauma yang diberikan oleh batu yang terbentuk terhadap lapisan dalam saluran kemih. Darah pada air seni mungkin tidak dapat dilihat secara kasat mata, melainkan dapat dideteksi melalui pemeriksaan air seni secara khusus. Batu pada saluran kemih ini dapat terbentuk karena berbagai faktor, seperti kadar asam urat yang tinggi dapat menyebabkan pembentukan batu asam urat di saluran kemih.

Selain itu, beberapa jenis batu saluran kemih dapat terbentuk karena proses infeksi saluran kemih yang tidak ditangani dengan baik. Untuk menegakkan diagnosis batu saluran kemih, dokter perlu melakukan sejumlah pemeriksaaan seperti USG (ultrasonografi) maupun dengan teknik pewarnaan dengan kontras yang dimasukkan melalui pembuluh darah dan dilihat secara radiologis. Terapi untuk kasus batu pada saluran kemih ini bermacam-macam tergantung pada berbagai pertimbangan seperti jenis batu, lokasi dan juga kondisi fisik pasien. Untuk itu anda perlu segera mengenali penyebab kencing berdarah dan memeriksakan diri anda ke dokter.

  1. Keganasan saluran kemih

Keganasan atau kanker pada saluran kemih juga merupakan salah satu penyebab kencing berdarah yang sering terjadi. Akan tetapi kasus keganasan ini lebih sering menyerang usia tua dan juga disertai gejala lain seperti penurunan berat badan drastis. Keganasan pada saluran kemih sering sekali menyebabkan kencing berdarah yang tidak disertai nyeri pada orang tua. Jika hal ini anda temui pada keluarga anda, segera bawa keluarga anda ke dokter untuk mendapat pertolongan yang tepat.

  1. Penyebab lain yang tidak berbahaya

Selain kondisi medis penting diatas, keluhan kencing berdarah sering kali dikeluhkan oleh beberapa orang yang sebenarnya tidak mengalami gangguan pada saluran kemihnya. Seperti contoh pada wanita yang sedang datang bulan, keluarnya darah dari jalan lahir yang berbarengan dengan keluarnya air seni saat anda sedang berkemih sering kali disalahartikan.

Setelah melihat pembahasan diatas kita memang seharusnya memperhatikan kesehatan saluran kemih dengan baik dan jika telah timbul keluhan-keluhan seperti diatas segera periksakan diri anda ke dokter. Demikianlah artikel mengenai penyebab kencing berdarah ini dibuat, semoga bermanfaat bagi kita semua!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *