invisible bg invisible ico

Wajah Anda Kusam? Inilah Cara Mencerahkannya secara Alami

Wajah Anda Kusam? Berikut Beberapa Tips Mencerahkan WajahBerbagai cara ditempuh oleh para wanita demi mendapatkan wajah yang bersih dan cerah. Penggunaan produk kosmetik wajah yang tidak sesuai jenis kulit, maupun malas membersihkan wajah merupakan penyebab menumpuknya kotoran dan kusam pada kulit wajah.

Berikut akan disajikan berbagai informasi rangkuman mengenai cara mencerahkan wajah secara alami dan beberapa kebiasaan baik yang harus Anda bangun untuk mendapatkan kulit wajah yang bersih dan cerah.

Mencerahkan Wajah dengan Bahan Alami

Tuhan telah menciptakan berbagai bahan alam dengan sejuta manfaat. Termasuk di dalamnya manfaat untuk mencerahkan wajah. Tidaklah harus memiliki kulit putih untuk mendapatkan kulit cerah. Meski berwarna coklat atau gelap, kulit wajah yang terjaga kebersihannya pun akan memancarkan kecerahan. Berikut beberapa bahan alami yang dapat Anda gunakan untuk mendapat wajah cerah bersinar:

  1. Lidah Buaya

Tidak hanya bermanfaat bagi rambut saja. Menggunakan lidah buaya pada kulit wajah sebagai masker, dapat membantu mencerahkan kulit. Menghilangkan noda kehitaman serta mencegah terjadinya kerutan.

Langkah yang dapat Anda laksanakan adalah ambil sebilah daun lidah buaya, peras isinya. Kuaskan cairan lidah buaya tersebut kepada kulit wajah Anda lalu diamkan selama 15 – 30 menit. Kemudian bilas dengan menggunakan air hangat.

Selain cara alami tersebut, Anda dapat menggunakan berbagai produk aloevera gel yang mudah untuk diaplikasikan pada wajah dan lebih tahan lama untuk disimpan. Pastikan bahwa kandungan aloevera atau lidah buaya lebih banyak daripada kandungan alkohol untuk menghindari terjadinya iritasi pada kulit.

  1. Mentimun

Terdapat kandungan silica dalam buah mentimun yang berfungsi sebagai penguat jaringan ikat kulit. Menggunakan mentimun sebagai masker selain mencerahkan wajah, lingkaran hitam dan kantung mata akan berkurang. Mentimun juga cocok bagi Anda yang memiliki kulit sensitif.

Selain dikonsumsi secara langsung, Anda dapat mengambil manfaat mentimun untuk mencerahkan wajah dengan mencampurkannya dengan bahan lain seperti buah apel dan oatmeal. Blender potongan mentimun dan buah apel secukupnya, setelah halus tambahkan oatmeal. Gunakan setiap pagi sebagai masker wajah, diamkan selama 20 – 30 menit. Kemudian bilas dengan air bersih.

  1. Tomat

Tomat merupakan jenis buah dan sayur yang kaya akan vitamin C. Vitamin C membantu meregenerasi kulit dan menjadi antioksidan mencegah penuaan serta mencegah terjadinya noda kehitaman pada wajah. Dengan konsumsi buah tomat dengan rutin akan membantu Anda mendapatkan kulit cerah, bersih dan bersinar.

Selain konsumsi secara langsung, menggunakan tomat sebagai masker wajah juga membantu Anda mendapatkan wajah cerah dengan mudah. Cukup iris buah tomat menjadi dua bagian, lalu oleskan secara merata pada wajah. Anda dapat pula menutup kelopak mata dengan irisan tomat. Tunggu 20 – 30 menit, lalu bilas wajah dengan air bersih. Laksanakan kegiatan masker ini minimal satu kali dalam seminggu, untuk hasil kulit wajah bersih dan cerah.

  1. Air Cucian Beras

Air cucian beras sering dianggap barang sisa yang terkadang tidak disadari berjuta manfaatnya bagi kulit wajah. Dalam air cucian beras terdapat zat bernama oryzanol yang dapat menangkal sinar UV matahari untuk masuk ke dalam kulit wajah. Selain itu zat ini dapat mencerahkan serta memutihkan wajah.

Cara untuk menggunakan air cucian beras sangatlah mudah. Langkah pertama, sediakan satu cangkir beras dan cucilah beras sehingga debu dan kotoran bersih dari permukaan biji beras, buang bilasan air pertama ini.

Selanjutnya, tambahkan air bersih yang baru, aduk beras dengan menggunakan tangan. Rendam selama 30 menit agar nutrisi yang terkandung pada beras berpindah ke dalam air rendaman beras. Setelah itu saring air dari biji beras dan cucilah wajah dengan air tersebut. Berikan pijatan lembut pada wajah dengan jari Anda selama 6 hingga 10 menit.

Langkah akhir yakni membilas wajah dengan air bersih, keringkan dengan handuk lembut dengan cara ditepuk. Cara lain membersihkan wajah dengan air cucian beras adalah menggunakan bola kapas yang dicelupkan ke dalam air cucian beras. Usapkan pada wajah dengan gerakan memijat. Biarkan air cucian beras mengering kemudian bilas menggunakan air suhu ruangan maupun air dingin yang segar.

  1. Bengkoang

Bengkoang merupakan bahan alami lain yang dapat membantu Anda mendapatkan kulit wajah yang cerah dan mempesona. Selain mencerahkan wajah, kandungan vitamin B dan vitamin C yang terkandung pada bengkoang juga mampu mengecilkan pori pori wajah yang membesar, menghilangkan minyak di wajah serta menyamarkan bekas jerawat.

Ambillah satu buah bengkoang, parut dan peras air nya. Endapkan air perasan bengkoang tersebut selama sehari semalam hingga menjadi krim dan mirip pasta. Gunakan krim perasan bengkoang tersebut sebagai masker wajah minimal sekali dalam seminggu. Selain itu Anda dapat pula menambahkan minyak zaitun, air mawar, jeruk nipis maupun air beras ke dalam krim bengkuang sehingga akan menambah khasiat dan manfaatnya bagi kulit wajah.

Kebiasaan Baik untuk Mendapatkan Wajah Cerah

Menggunakan masker alami tidak dapat mencerahkan wajah secara seketika ketika Anda memiliki kebiasaan yang kurang baik maupun stress yang berlebihan dalam menjalani kehidupan. Berikut beberapa kebiasaan baik yang dapat Anda bangun:

  1. Pola Hidup Sehat

Pola hidup sehat amat dibutuhkan untuk mendapatkan wajah cerah dan bersinar. Awali hari dengan kegiatan positif seperti minum segelas air putih, berolahraga ringan dan aktivitas fisik lain selama 30 menit, mandi pagi dan membersihkan diri dan wajah dengan baik, tidak meninggalkan 3 kali makan sehat seimbang setiap harinya, menghindari rokok dan konsumsi alkohol, serta mendapatkan tidur dan istirahat yang cukup.

Pola hidup sehat membantu Anda mendapatkan kulit yang sehat dan cerah dari dalam. Olahraga teratur akan melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh. Sehingga menjauhi rasa malas dan melaksanakan pola hidup sehat setiap harinya adalah kunci penting untuk mendapatkan kulit cerah bebas kusam.

  1. Banyak Minum Air

Air sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Dengan 8 – 10 gelas air tiap harinya maka kebutuhan tubuh akan hidrasi air akan terpenuhi. Kulit wajah akan lembab, kenyal, bebas kusam dan tampak lebih cerah.

Sekitar 50 – 70 % komponen tubuh manusia terdiri dari air. Dengan asupan air yang cukup, tubuh akan mampu membuang racun dalam tubuh. Begitupun dengan kotoran yang hinggap pada wajah melalui pori-pori wajah. Wajah kusam dan kering dapat menjadi pertanda terjadinya dehidrasi, untuk itu segera penuhi kebutuhan air harian Anda dengan optimal.

  1. Menghindari Stress

Stress merupakan salah satu penyebab munculnya hormon kortisol. Kortisol berlebihan sangat mengganggu pada proses regenerasi kulit, menurunkan elastisitas serta menciptakan kerutan pada kulit wajah. Hal ini disebabkan ketika kadar kortisol tinggi, akan menyebabkan terjadinya peningkatan kadar gula dalam darah, dan akan menekan produksi kolagen wajah.

Kolagen yang berkurang, akan menimbulkan berbagai efek samping terutama pada kulit wajah. Menghindari stress dengan selalu berfikir positif dan menghadapi berbagai tekanan dengan koping yang benar dapat mulai Anda biasakan jika menginginkan wajah cerah dan bersinar.

Demikian informasi mengenai cara mencerahkan wajah serta kebiasaan baik yang harus mulai Anda laksanakan setiap hari. Kebiasaan baik lain yang mudah untuk dilaksanakan adalah tersenyum. Dengan sering tersenyum wajah akan tampak cerah, bersinar dan akan meningkatkan kecantikan Anda. Selamat mencoba !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *