invisible hit counter invisible bg invisible ico

Unsur-Unsur Kebugaran Jasmani dan Cara untuk Melatihnya

Unsur-unsur kebugaran jasmani pada manusia berhubungan erat dengan kondisi kesehatan dan kebugaran fisiknya. Sehingga orang yang memiliki unsur kebugaran jasmani yang baik, maka orang tersebut dapat dikatakan memiliki tubuh dan fisik yang sehat dan tentunya turut mempengaruhi kekuatan jiwa dan pikirannya. Setiap orang memiliki tingkat kebugaran jasmani yang berbeda-beda. Perbedaan itu dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, diantaranya yaitu faktor genetik, umur, jenis kelamin, makanan, dan gaya hidup. Walaupun dapat dipengaruhi oleh banyak faktor, namun pada prinsipnya kebugaran jasmani seseorang dapat ditingkatkan dengan cara melatihnya secara rutin. Jadi, kebugaran jasmani yang tadinya kurang baik dapat ditingkatkan secara optimal.

Kebugaran jasmani merupakan kemampuan tubuh untuk melakukan tugas atau pekerjaan secara maksimal tanpa mengalami kelelahan serta mampu secara adekuat untuk melakukan aktifitas-aktifitas selanjutnya. Kebugaran jasmani juga dapat diartikan sebagai ketahanan tubuh seseorang untuk berada pada kondisi yang prima/fit dan terhindar dari serangan penyakit. Sehingga seseorang yang memiliki tingkat kebugaran jasmani yang baik, maka orang tersebut akan mampu melaksanakan tugas atau pekerjaannya dengan baik tanpa mengalami gangguan maupun keluhan yang signifikan. Kebugaran jasmani mempunyai peranan penting dalam kehidupan manusia, yaitu menunjang pertumbuhan fisik, meningkatkan produktifitas kerja, berfikir secara optimal,  meningkatkan peran dan fungsi sosialnya, meningkatkan kualitas hidup, dan menangkal berbagai serangan penyakit.

Unsur-Unsur Kebugaran Jasmani Manusia

Kebugaran jasmani pada manusia memiliki unsur-unsur yang dapat dijadikan sebagai indikator tingkat kebugaran jasmani seseorang. Dengan mengetahui unsur-unsur di bawah ini maka Anda dapat menilai kebugaran jasmani di dalam tubuh Anda sendiri, serta dapat meningkatkan kualitasnya dengan cara melatihnya secara rutin. Unsur-unsur kebugaran jasmani pada manusia dan cara melatihnya yaitu sebagai berikut:

  1. Kecepatan

Kecepatan merupakan unsur-unsur kebugaran jasmani yang mendasarkan pada gerakan berkesinambungan yang dikerjakan dalam waktu sesingkatnya-singkatnya. Jadi yang menjadi patokan dalam  kecepatan ini adalah waktu mengerjakannya. Untuk melatih kecepatan ini hal yang dapat dilakukan adalah dengan latihan lari cepat jarak pendek. Lakukanlah lari cepat jarak pendek dengan jarak tempuh 50 meter, 100 meter, atau 200 meter. Karena yang digunakan sebagai indikator kecepatan ini adalah waktu, maka setiap latihan gunakanlah stopwatch atau penghitung waktu lainnya untuk memantau/menilai berapa waktu yang Anda butuhkan untuk menyelesaikan setiap lari yang Anda lakukan.

  1. Kekuatan

Kekuatan merupakan unsur-unsur kebugaran jasmani yang mendasarkan pada kemampuan otot untuk menyangga suatu beban. Jadi yang menjadi ukuran adalah seberapa kuat otot kita untuk menyangga atau menopang suatu beban pada bagian otot tubuh tertentu. Latihan yang dapat dilakukan antara lain yaitu dengan push up dan angkat beban (melatih kekuatan otot lengan), sit up dan back up (melatih kekuatan otot perut), atau bersepeda (melatih kekuatan otot kaki).

  1. Daya tahan

Daya tahan merupakan unsur-unsur kebugaran jasmani yang menitik beratkan pada fungsi pernafasan (paru-paru), dan irama jantung. Daya tahan berkaitan erat dengan ketersediaan oksigen dan nutrisi di dalam jaringan tubuh, serta kelancaran sistem peredaran darah. Sehingga daya tahan ini juga berperan penting terhadap kemampuan seseorang untuk mempertahankan tubuh dari serangan penyakit. Latihan yang dapat dilakukan untuk meningkatkan daya tahan ini adalah dengan lari jarak menengah atau jarak jauh. Lari tersebut tidak perlu cepat, tetapi yang penting kecepatannya stabil sehingga dapat memperkuat pernafasan dan otot jantung. Latihan lain yang dapat dilakukan yaitu dengan lari naik turun bukit, angkat beban ringan namun dilakukan dengan frekuensi yang banyak, atau dengan latihan treadmill.

  1. Kelenturan

Kelenturan merupakan unsur-unsur kebugaran jasmani yang berkaitan dengan fleksibilitas atau keleluasaan otot untuk digerakkan sesuai keinginan. Latihan yang dapat dilakukan antara lain dengan melakukan senam kebugaran jasmani yang menggerakkan dan melatih kelenturan semua bagian tubuh dari kepala sampai kaki, atau dengan melakukan senam lantai, seperti gerakan roll baik ke depan maupun ke belakang, kayang, maupun split (bagi yang mampu).

  1. Kelincahan

Kelincahan merupakan unsur-unsur kebugaran jasmani yang memfokuskan gerakan untuk berpindah posisi dari satu tempat ke tempat lainnya atau dari satu gerakan ke gerakan lainnya. Latihan fisik yang dapat dilakukan untuk melatih kelincahan yaitu dengan lari zig-zag, lari bolak-balik dalam jarak dekat (5 – 10 meter), lari dengan membentuk angka 8, atau mengkombinasikan lari bolak-bolik dengan gerakan zig-zag.

  1. Daya ledak

Daya ledak merupakan unsur-unsur kebugaran jasmani yang menitik beratkan pada kekuatan maksimum yang dikerahkan dalam waktu yang singkat. Sehingga daya ledak ini merupakan kekuatan otot yang dipadukan dengan kecepatan. Latihan yang dapat dilakukan antara lain yaitu dengan melakukan gerakan vertical jump (meloncat ke atas), front jump (meloncat ke depan), side jump (meloncat ke samping), atau melakukan latihan gerakan memukul dengan telapak tangan mengepal yang dilakukan dengan waktu yang cepat.

  1. Keseimbangan

Keseimbangan merupakan unsur-unsur kebugaran jasmani yang mengandalkan kemampuan otot untuk tetap stabil berada pada posisi tertentu. Gerakan untuk melatih keseimbangan antara lain yaitu dengan berdiri di atas satu kaki dengan jinjit, posisi membentuk formasi pesawat terbang (berdiri satu kaki, badan membungkuk ke depan, kaki yang satunya ke belakang, kedua tangan di rentangkan). Atau dapat juga dilakukan dengan posisi lilin yaitu berdiri pada satu kaki, kedua tangan di luruskan ke atas, kaki yang lain ditekuk dan disandarkan pada kaki lainnya. Anda juga dapat melatih keseimbangan dengan berjalan di atas balok kayu dengan lebar yang sempit.

  1. Reaksi

Reaksi merupakan unsur-unsur kebugaran jasmani untuk tanggap terhadap rangsangan atau respon cepat untuk melakukan suatu gerakan. Atau dapat dikatakan bahwa reaksi merupakan kecepatan atau daya refleks seseorang terhadap sesuatu. Untuk melatih reaksi ini, gerakan yang dapat dilakukan antara lain dengan melakukan lempar tangkap bola, atau melakukan lari dengan kombinasi yang berbeda-beda sesuai aba-aba yang diperintahkan dengan kode peluit.

  1. Ketepatan

Ketepatan merupakan unsur-unsur kebugaran jasmani untuk mengendalikan gerakan tubuh agar mengarah pada sasaran yang dituju. Latihan yang dapat dilakukan antara lain yaitu dengan menendang bola ke arah gawang yang dijaga oleh penjaga gawang, mengarahkan bola basket ke keranjang, memukul bola kasti yang dilemparkan teman dengan tongkat, atau dengan memukul bola tenis dengan raket ke arah tembok yang telah ditandai sasarannya.

  1. Koordinasi

Koordinasi merupakan komponen kebugaran jasmani yang memadukan fungsi gerakan tubuh dalam menjalankan suatu kegiatan/aktifitas. Jadi fungsi koordinasi ini selain gerakan otot, juga dipengaruhi oleh syaraf motorik. Latihan yang dapat dilakukan antara lain yaitu dengan melemparkan bola tenis ke atas dengan tangan kanan dan menangkapnya dengan tangan kiri atau sebaliknya, melakukan senam dengan berbagai kombinasi gerakan kaki dan tangan secara bergantian, atau dengan jalan ditempat sambil melakukan gerakan senam.

Dengan melakukan latihan secara rutin, maka Anda dapat mengambil manfaat kebugaran jasmani tersebut agar dapat selalu hidup lebih sehat. Namun yang harus diingat adalah lakukanlah latihan-latihan itu sesuai dengan kemampuan Anda. Jangan memaksakan diri sekiranya gerakannya terlalu sulit untuk dilakukan. Selain melakukan latihan fisik, agar tubuh selalu sehat maka konsumsilah makanan yang bergizi, perbanyak konsumsi buah dan sayur, dan cukupi kebutuhan cairan harian Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *