invisible hit counter invisible bg invisible ico

Tujuan Latihan Kebugaran Jasmani untuk Kesehatan Tubuh

Banyak tujuan latihan kebugaran jasmani untuk kesehatan tubuh, sehingga Anda dapat melakukannya secara rutin dan teratur untuk mendapatkan hasil yang optimal. Anda dapat memilih berbagai bentuk gerakan untuk melatih berbagai komponen kebugaran jasmani, seperti kekuatan, kecepatan, daya tahan, kelenturan, kelincahan, daya ledak, keseimbangan, reaksi, ketepatan, dan koordinasi. Semua komponen tersebut merupakan unsur penting dalam kehidupan agar manusia dapat menjalankan aktifitasnya sehari-hari dengan lancar tanpa adanya hambatan yang signifikan. Sehingga seseorang yang melatih kebugaran jasmaninya secara rutin maka dia dapat menjaga tubuhnya senantiasa sehat dan terhindar dari serangan penyakit.

Kebugaran jasmani dapat diartikan sebagai kemampuan tubuh manusia untuk melakukan tugas atau pekerjaan secara maksimal tanpa mengalami kelelahan serta mampu secara adekuat untuk melakukan aktifitas-aktifitas berikutnya. Kebugaran jasmani seseorang dapat meningkat atau menurun sesuai dengan beebagai kondisi yang mempengaruhinya. Kondisi yang dapat mempengaruhi kebugaran jasmani antara lain yaitu faktor usia, genetik, asupan makanan, kondisi lingkungan, infeksi kuman penyakit, aktifitas/latihan fisik, stres, dan sebagainya. Dan kondisi kebugaran seseorang dapat ditingkatkan melalui latihan kebugaran jasmani sehingga orang tersebut mempunyai kualitas hidup yang lebih baik, tubuh menjadi lebih sehat, dan dapat menjalankan aktifitas secara lebih prima.

Berbagai Tujuan Latihan Kebugaran Jasmani

Latihan kebugaran jasmani sangat bermanfaat untuk melatih fungsi alat tubuh agar dapat berfungsi sesuai dengan fisiologisnya dan dapat menyesuaikan dengan kondisi lingkungan sekitar seperti ketinggian, suhu, kelembaban, dan sebagainya. Berbagai tujuan latihan kebugaran jasmani untuk kesehatan adalah sebagai berikut:

  1. Melenturkan sendi

Melenturkan sendi merupakan tujuan latihan kebugaran jasmani yang dapat dilakukan dengan cara melatih kelenturan otot-otot tubuh dan anggota gerak. Bentuk latihan yang dapat dilakukan antara lain yaitu dengan senam lantai, seperti gerakan roll baik ke depan maupun ke belakang, kayang, split, atau melakukan gerakan senam kesegaran jasmani dengan melatih gerakan dari kepala sampai kaki. Dengan kelenturan sendi akan sangat bermanfaat bagi kesehatan Anda terutama untuk meminimalkan terjadinya cedera, misalnya ketika terjatuh atau terbentur sesuatu. Kelenturan sendi juga memudahkan tubuh Anda agar dapat menjalankan aktifitas sehari-hari dengan leluasa tanpa terjadi kaku atau gangguan pada otot dan anggota gerak.

  1. Memperkuat tulang

Salah satu tujuan latihan kebugaran jasmani adalah untuk memperkuat tulang. Dengan latihan secara rutin, tulang Anda pun akan menjadi kuat sehingga mampu membawa beban tanpa kesulitan yang berarti, terhindar dari pengeroposan tulang (osteoporosis), dan meminimalkan cedera (patah tulang) ketika mengalami jatuh/kecelakaan. Latihan yang dapat dilakukan untuk memperkuat tulang antara lain yaitu dengan berjalan kaki, berlari, bersepeda, angkat beban, senam, dan sebagainya.

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Tujuan latihan kebugaran jasmani untuk kesehatan tubuh yang paling utama yaitu meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan melakukan latihan kebugaran jasmani, maka metabolisme tubuh menjadi lancar dan imunitas pada tubuh seseorang menjadi meningkat. Kondisi ini menyebabkan daya tahan tubuh menjadi lebih kuat sehingga terhindar dari berbagai penyakit, baik jenis penyakit menular maupun tidak menular. Orang yang memiliki kebugaran fisik yang bagus tentunya juga akan terlihat segar dan cerah.

  1. Melancarkan peredaran darah

Tujuan latihan kebugaran jasmani yang berikutnya yaitu untuk melancarkan peredaran darah. Sebagaimana kita ketahui, bahwa jantung adalah pusat dari kehidupan sebab merupakan mesin utama untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Dengan latihan kebugaran jasmani secara rutin maka dapat meningkatkan kinerja jantung secara optimal dalam memompa darah ke seluruh jaringan tubuh, memperkuat otot jantung, dan melancarkan aliran darah di dalam pembuluh darah. Sehingga Anda dapat terhindar dari penyakit berbahaya seperti stroke, penyakit jantung koroner, dan gagal jantung. Latihan kebugaran jasmani yang dapat dilakukan untuk meancarkan peredaran darah antara lain yaitu dengan lari, latihan treadmill, senam aerobik, dan sebagainya.

  1. Meningkatkan kecerdasan

Latihan kebugaran jasmani juga bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan otak. Fisik yang bugar tentunya juga dapat meningkatkan kinerja otak bekerja secara optimal, sehingga konsentrasi menjadi lebih baik, tidak mudah lupa, cepat dalam merespon sesuatu, dan daya pikir menjadi lebih cemerlang. Untuk meningkatkan kecerdasan, Anda dapat memilih latihan kebugaran jasmani yang memadukan gerakan fisik dengan fungsi koordinasi otak.

Latihan tersebut antara lain yaitu menendang bola ke arah gawang yang dijaga oleh penjaga gawang, mengarahkan bola basket ke keranjang, memukul bola kasti yang dilemparkan teman dengan tongkat, atau dengan memukul bola tenis dengan raket ke arah tembok yang telah ditandai sasarannya. Anda juga dapat berlatih lempar tangkap bola, melakukan gerakan dengan berbagai aba-aba tertentu, atau dengan mengkombinasikan berbagai gerakan untuk melatih syaraf motorik otak.

  1. Meredakan stres

Tujuan latihan kebugaran jasmani yang tak kalah penting yaitu untuk meredakan stres. Sebagaimana kita ketahui bahwa stres dapat menjadi sumber berbagai penyakit. Dengan melakukan latihan kebugaran jasmani secara rutin maka tubuh Anda akan menjadi lebih rileks, pikiran nyaman, beban pikiran terasa berkurang, dan stres pun dapat terobati. Anda dapat melakukan latihan kebugaran jasmani sambil berefreshing, misalnya jalan sehat atau lari lintas alam, bersepeda, berenang, dan sebagainya.

  1. Meningkatkan energi dan stamina

Dalam latihan kebugaran jasmani terdapat komponen antara lain yaitu kekuatan, kecepatan, daya ledak dan daya tahan. Keempat unsur ini sangat berperan dalam meningkatkan energi dan stamina seseorang. Sehingga dengan melakukan latihan kebugaran jasmani secara rutin seseorang tersebut menjadi lebih bertenaga, stamina selalu fit, lebih bersemangat dan bergairan, serta tidak mudah capek. Dengan kondisi yang prima ini tentunya akan membuat tubuh selalu sehat dan bugar, produktifitas kerja dan kualitas hidup juga meningkat.

  1. Mencegah obesitas

Salah satu tujuan latihan kebugaran jasmani adalah untuk mencegah obesitas. Sebagaimana kita ketahui bahwa obesitas merupakan faktor risiko dari berbagai penyakit berbahaya seperti hipertensi, diabetes mellitus, penyakit jantung, dan stroke. Dengan melakukan latihan kebugaran jasmani secara teratur maka dapat membakar lemak di dalam jaringan tubuh sekaligus melancarkan metabolisme sehingga dapat terhindar dari obesitas. Selain bermanfaat terhindar dari berbagai penyakit, memiliki tubuh yang langsing tentunya dapat memperindah bentuk tubuh dan menjadikan seseorang tampil lebih percaya diri.

Ada banyak bentuk latihan kebugaran jasmani yang ditujukan untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran fisik, antara lain yaitu dengan berjalan, berlari, push up, sit up, back up, angkat beban, senam aerobik, bersepeda, renang, treadmill, senam lantai, meloncat, membidik sasaran, mengkombinasikan berbagai gerakan, dan sebagainya. Agar latihan kebugaran jasmani dapat benar-benar bermanfaat bagi kesehatan, tentunya tidak dapat dijalankan hanya dengan melakukannya sesekali saja, tetapi harus dilatih secara rutin. Selain dengan latihan kesegaran jasmani, agar tubuh selalu sehat sebaiknya Anda juga selalu mengkonsumsi makanan yang bergizi, banyak minum air putih, hindari rokok dan alkohol, serta beristirahat yang cukup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *