invisible hit counter invisible bg invisible ico

Tips, Strategi, dan Cara Menurunkan Berat Badan yang Perlu Anda Ketahui

Tips, Strategi dan Cara Menurunkan Berat Badan yang Perlu Anda CobaRasanya semua orang berlomba-lomba memberikan saran mengenai cara menurunkan berat badan pada Anda. Tidak jarang, saran yang seharusnya membantu program penurunan berat badan Anda malah menjadikan Anda dalam keadaan bingung mengenai cara apa yang seharusnya Anda pilih. Banyak dari tips menurunkan berat badan tersebut yang memang terbukti sukses dan berhasil, namun tidak jarang banyak juga saran dan cara menurunkan berat badan yang salah.

Pada intinya, karena semua orang itu unik, cara menurunkan berat badan setiap orang pun unik. Andalah yang harus menentukan cara apa yang mungkin cocok Anda adopsi sebagai gaya hidup baru Anda. Inilah dasar-dasar cara menurunkan berat badan yang harus Anda ketahui agar program diet yang Anda pilih akan membawa Anda kepada keberhasilan.

  1. Komitmen untuk Berubah

Yang utama sebenarnya bukanlah cara menurunkan berat badan, namun motivasi, semangat dan alasan mengapa Anda ingin berubah. Komitmen akan lebih awet dan tahan lama bila dilandasi oleh motivasi dan alasan yang tepat. Ketahuilah bahwa menurunkan berat badan dan mempertahankan berat badan ideal merupakan dedikasi seumur hidup. Daripada memusatkan pikiran Anda pada ‘diet’, pusatkan pikiran Anda pada tujuan yang lebih besar yaitu untuk mendapatkan tubuh yang selalu sehat. Pikirkan pula mengapa Anda harus berubah dan menurunkan berat badan, dan jadikan alasan ini sebagai pembakar semangat Anda.

  1. Buatlah tujuan atau goal yang SMART

Cara menurunkan berat badan yang baik haruslah ditutup atau didampinya dengan tujuan apa yang ingin Anda capai. Pastikan Anda memiliki tujuan diet yang SMART:

  • Spesifik
  • Measurable – dapat diukur
  • Achievable – dapat dicapai
  • Realistis
  • Trackable – dapat dipantau

Pertama, pilihlah tujuan atau goal yang spesifik, seperti misalnya untuk membeli baju dengan size yang lebih kecil dalam kurun waktu 3 bulan. Goal yang mengambang, seperti ‘ingin kurus saja’ tanpa detail yang lebih jelas tidak akan membawa semangat dan motivasi pada Anda. Tentukan juga ukuran yang hendak Anda capai, misalnya menurunkan nomor celana jeans menjadi 29 dalam 6 bulan atau menurunkan 0,5 kg-1 kg dalam satu minggu. Mempunyai tujuan yang realistis juga dapat membantu Anda supaya tidak terlalu kecewa bila tujuan Anda tidak tercapai. Lupakan keinginan untuk dapat memakai ukuran celana 1 nomor lebih kecil dalam satu minggu. Kekecewaan dalam diet dapat meruntuhkan semangat dan komitmen Anda.

Studi menyatakan bahwa mereka yang mempunyai goal-goal­ kecil, spesifik dan realistis akan sangat membantu program diet mereka dan tetap menambahkan semangat bila goal kecil tersebut tercapai. Ingatlah bahwa pencapaian kecil ini bila diakumulasikan akan menjadi besar.

  1. Cobalah Hal Baru

Anda sering mendengar bahwa untuk hidup sehat, Anda harus makan oatmeal, serat dan buah. Mungkin Anda yang mencoba metode ini, suatu saat akan bosan dengan makanan yang harus Anda makan. Lakukanlah variasi agar tidak bosan. Misalnya dengan mengganti apel yang biasa Anda konsumsi dengan sebuah mangga . Atau misalanya mengganti sayuran sawi yang sering Anda makan dengan selada air. Pergantian seperti ini membantu Anda tetap mendapatkan manfaat dari makanan tersebut dan membantau mengatasi rasa bosan.

  1. Bersahabat dengan Serat

Cara menurunkan berat badan yang sudah banyak disetujui dan diaplikasikan di negara Barat ialah dengan mengkonsumsi banyak serat. Sebuah pusat penelitian di Amerika mengatakan bahwa serat merupakan suatu substansi yang baik untuk melawan kenaikan berat badan dan kegemukan. Contoh makanan berserat adalah sayuran, buah-buahan, beras terutama beras merah dan gandum. Makanan tinggi serat akan membantu perut terasa kenyang lebih lama karena dibutuhkan waktu yang lebih lama untuk mencerna serat. Lebih lagi, makanan berserat biasanya mengandung kalori yang rendah. Jadi, jadikan serat sahabat Anda.

  1. Manfaatkan Gadget Anda

Kita hidup di jaman teknologi modern, dimana hampir semua orang telah memiliki gadget dalam bentuk smartphone atau juga tablet. Manfaatkanlah fasilitas ini untuk membantu kehidupan Anda, termasuk dalam menurunkan berat badan. Mendownload aplikasi yang dapat mencatat mengenai food diary, cara olahraga yang tepat, pedometer atau pengukur langkah jalan Anda dapat menjadi cara menurunkan berat badan yang sukses. Studi yang dibuat oleh institusi kesehatan paru, jantung dan pembuluh darah di Amerika mengatakan bahwa orang yang rajin mencatat dan membuat food diary ternyata menurunkan berat badan 2x lebih banyak dibandingkan mereka yang tidak mencatat makanan yang mereka makan. Jadi, pakailah fasilitas yang Anda miliki sebagai cara menurunkan berat badan.

  1. Tetap Aktif Secara Fisik

Mengatur pola makan memang merupakan hal yang penting, namun berkomitmen melakukan olahraga rutin akan sangat membantu Anda mengurangi berat badan berlebih. Cara menurunkan berat badan ini memang termasuk klise, tapi kini olahraga rutin merupakan gaya hidup orang sehat. Olahraga tidak hanya dipakai sebagai cara menurunkan berat badan, namun juga sangat dianjurkan karena dapat menambah angka harapan hidup, mencegah Anda dari berbagai penyakit dan baik pula untuk kesehatan psikologis Anda. Bila sibuk sehingga tidak sempat berolahraga khusus, capailah tujuan berjalan 10.000 langkah per hari. Investasikan uang Anda pada pedometer, atau sesederhana mendownload aplikasi pedometer di smartphone. Orang yang berjalan 10.000 langkah per hari terbukti dapat menurunkan berat badan serta menjaga tekanan darah di batas yang normal.

  1. Libatkan Kerabat Anda

Libatkan siapapun yang dapat memberikan pengaruh positif pada Anda, baik itu pasangan hidup Anda, saudara atau teman kerja Anda. Bila perlu, libatkan juga tenaga ahli dalam menurunkan berat badan misalkan dokter, ahli gizi atau fitness trainer. Orang yang Anda libatkan dapat memberikan dukungan moral secara positif dan juga menjadi pendisiplin Anda.

  1. Pikirkan Lebih Jauh Mengenai Hambatan Anda

Cobalah pikirkan, selama menjalani program diet yang pernah Anda coba, apa satu hal atau tantangan yang selalu menghambat jalan Anda menuju sukses. Entah itu adalah ketika cuti panjang dan Anda makan berlebih, atau ketika Anda sedang stress lalu melampiaskannya kepada makanan. Memikirkan tantangan yang biasa Anda hadapi dapat menjadi cara menurunkan berat badan karena Anda dapat mencari solusi permasalahan tersebut sebelum memulai kembali ke program diet Anda. Ingatlah untuk selalu realistis dalam memecahkan permasalahan ini. Bila perlu, catatlah ide-ide Anda dalam jurnal pribadi Anda sebagai pengingat dan penuntun program diet Anda.

Usaha menurunkan berat badan kadang terasa seperti Anda masuk ke dalam medan perang. Anda membutuhkan strategi dan dasar yang kuat ketika berperang melawan berat badan berlebih. Ingatlah untuk selalu mentaati komitmen yang Anda buat ketika memasuki sebuah program diet apapun. Kesimpulannya, metode diet memang menentukan hasil akhir dari diet, namun menentukan strategi dasar dari cara menurunkan berat badan merupakan hal yang penting dan krusial dalam program diet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *