invisible bg invisible ico

Tips Mengecilkan Pori Pori Hidung dengan Cepat dan Mudah

Tips Mengecilkan Pori Pori Hidung dengan Cepat dan MudahBagi sebagian wanita, memiliki pori pori wajah yang besar terutama di area hidung tentu sangat menjengkelkan. Selain tidak sedap ketika dipandang, pori pori kulit yang besar juga sangat mudah untuk kemasukan kotoran maupun terinfeksi oleh bakteri sehingga terjadilah komedo dan jerawat.

Pori pori kulit adalah folikel atau kantung kecil tempat akar rambut tumbuh. Pori pori ini berada pada seluruh area kulit, kecuali bibir, telapak tangan dan telapak kaki. Fungsi dari pori pori adalah jalan keluar minyak, keringat serta zat sisa metabolisme dalam tubuh. Pori pori bersifat elastis, semakin banyak minyak yang keluar dari kulit makan ukuran pori pori juga akan semakin membesar. Berikut beberapa tips mengecilkan pori pori di hidung dengan cepat dan mudah:

1. Rajin Membersihkan Wajah

Membersihkan wajah dengan rutin setiap selesai menggunakan make up dan hendak tidur amat disarankan bagi Anda yang memiliki jenis kulit berminyak dengan pori pori yang besar. Pembersih wajah yang mengandung arang hitam, dipercaya mampu menarik dan membersihkan sisa lemak berlebih di wajah sekaligus mengecilkan pori di wajah.

Dengan membersihkan wajah secara rutin, maka otomatis lemak dan minyak akan berkurang dari wajah Anda, dan pori pori kulit akan tampak mengecil. Tidak menyentuh wajah dengan tangan yang kotor juga akan membantu menghindari terjadinya pori pori yang membesar pada wajah.

2. Angkat Kulit Mati dengan Proses Exfoliation

Mengangkat kulit mati dengan proses exfoliation merupakan salah satu cara mengecilkan pori pori yang membesar. Exfoliation adalah proses pengangkatan kulit mati menggunakan scrub. Dengan rajin melaksanan exfoliation maka sel kulit mati penyebab pori yang membesar akan dapat tergantikan dengan kulit baru.

Selain kulit wajah yang teregenerasi dengan kulit baru, mengangkat kulit mati juga akan mencerahkan wajah dan membantu menghilangkan tanda penuaan. Sel kulit mati adalah penyebab garis dan kulit yang berkerut pada wajah.

Perlu diingat bahwa jangan terlalu sering untuk melakukan exfoliation. Maksimal lakukan proses scrub dengan produk alami sebanyak 3 kali dalam seminggu. Apabila Anda menggunakan produk kimiawi pabrik gunakan maksimal sebanyak sekali dalam seminggu. Terlalu sering menghilangkan sel kulit mati dapat merusak kandungan minyak alami wajah.

3. Gunakan Produk Pelembab yang Mengandung Kolagen

Kolagen adalah protein alami yang diproduksi dalam tubuh manusia dan berfungsi untuk menjaga kelembapan serta kekencangan kulit wajah. Semakin bertambahnya usia biasanya akan semakin berkurang pula jumlah kolagen, sehingga selain menyebabkan kulit kehilangan elastisitas juga menjadi penyebab membesarkan pori pori wajah terutama area hidung.

Dengan penggunaan pelembab berbahan kolagen akan dapat membantu mengembalikan elastisitas kulit serta mengecilkan pori pori kulit wajah secara permanen. Selain kolagen, konsumsi bahan makanan sehat dan banyak mengandung vitamin C dan vitamin E terutama dari buah dan sayuran segar dapat membantu memaksimalkan fungsi kolagen dari dalam tubuh.

4. Gunakan Toner dengan Kandungan pH Normal

Toner adalah cairan pembersih wajah yang memiliki bentuk seperti air namun memiliki konsistensi seperti cuka. Toner mengandung berbagai bahan aktif untuk mengatasi berbagai masalah wajah spesifik seperti membantu mengangkat kotoran dan menyerap minyak sehingga akan mengecilkan pori pori kulit wajah yang membesar.

Perhatikan kandungan pH pada produk toner yang Anda gunakan. Toner yang baik adalah yang mengandung acid normal untuk kulit wajah. Jangan gunakan toner yang mengandung kadar alkohol terlalu tinggi, karena toner yang mengandung kadar alkohol terlalu tinggi justru akan membuat kulit wajah kering.

Gunakan toner maksimal 2 kali dalam sehari. Pemakaian pertama adalah di pagi hari setelah membersihkan wajah dan sebelum menggunakan make up. Toner dapat membantu kulit wajah menyerap kosmetik dengan baik. Pemakaian kedua adalah di malam hari sebelum Anda menggunakan serum wajah. Selain mengecilkan pori pori yang membesar, toner akan memaksimalkan produk kosmetik lain yang Anda gunakan tanpa merusak kandungannya.

5. Hindari Paparan Sinar Matahari Langsung

Paparan sinar matahari langsung dapat merusak kulit wajah. Suhu panas akan membuat pori pori akan semakin terbuka, dan menyebabkan kotoran akan mudah terjebak. Jika Anda harus bekerja di bawah terik sinar matahari, gunakanlah pelindung seperti krim tabir surya pada wajah. Menghindari paparan sinar matahari langsung amat disarankan bagi Anda yang memiliki pori-pori besar.

Anda juga dapat menggunakan pelembab yang telah mengandung tabir surya dengan minimal SPF 30, untuk menghindari paparan jahat sinar matahari yang dapat membuat kusam kulit di wajah dan membuka pori pori pada kulit wajah.

6. Air Hangat Dapat Membuka dan Air Dingin akan Mengecilkan Pori

Suhu dapat mempengaruhi besar kecil dari pori-pori kulit pada wajah. Sangat disarankan untuk menepuk wajah dengan handuk basah yang direndam dengan air hangat sebelum membersihkan wajah. Kemudian setelah selesai membersihkan wajah, kompres kembali wajah dengan handuk yang telah direndam air dingin.

Air hangat akan membuka pori pori di wajah, sehingga proses pembersihan akan lebih maksimal dan menyeluruh. Air dingin akan menutup pori pori yang terbuka setelah kulit wajah dibersihkan.

Masker Alami untuk Mengecilkan Pori Pori di Hidung

Selain beberapa tips di atas, beberapa masker berbahan alami dapat Anda gunakan untuk membantu mengecilkan pori pori kulit di wajah terutama pada area hidung yang mengalami pembesaran. Berikut bahan dan resep pembuatannya:

1. Masker Lemon

Cukup peras satu buah jeruk lemon berukuran sedang dan matang, campur dengan sedikit air kemudian oleskan merata pada wajah. Tunggu selama 30 menit, lalu bilas dengan air bersih dan keringkan dengan handuk kering.

Di dalam 100 gram perasan buah jeruk lemon terdapat 27 mg kandungan vitamin C. Kandungan inilah yang sangat bermanfaat untuk mengecilkan pori pori kulit yang membesar. Laksanakan perawatan dengan perasan lemon dengan rutin sehari sekali untuk mendapatkan kulit sehat bebas dari pori hidung yang membesar.

2. Masker Putih Telur

Kocok satu butir putih telur dengan campuran sesendok madu hingga berbusa. Oleskan merata pada wajah. Tunggu 30 menit, lalu bilas dengan air hangat dan kemudian air dingin dan jika masih meninggalkan bau amis gunakan sabun pembersih wajah yang cocok dengan jenis kulit Anda.

Di dalam putih telur terdapat kandungan protein yang mampu menutrisi kulit wajah dan mengikat lemak berlebih serta kotoran yang menjadi penyebab pori membesar. Selain bermanfaat untuk wajah, masker putih telur juga amat berhasiat untuk kesehatan rambut dan kulit kepala.

3. Masker Yogurt Plain

Plain yogurt atau yogurt original tanpa pemanis atau perasa buatan kaya manfaat untuk mengecilkan pori pori wajah terutama di area hidung yang membesar. Sifatnya mengikat lemak dan kotoran berlebih, sehingga juga akan mencegah terjadinya jerawat dan mencerahkan kulit wajah Anda.

Cukup oleskan secara merata yogurt plain pada seluruh area di wajah. Tunggu 10 menit dan bilas dengan air dingin atau air suhu ruangan. Ulangi penggunaan masker ini sebanyak satu hingga dua kali dalam seminggu untuk hasil yang maksimal.

4. Masker Baking Soda

Baking soda memiliki manfaat menyeimbangkan pH pada kulit wajah. Campur dua sendok makan baking soda dengan 2 sendok makan air hangat hingga berbentuk pasta. Aplikasikan pada wajah dengan cara memijat dengan gerakan melingkar. Setelah 30 detik, bersihkan wajah dengan air dingin. Ulangi penggunaan masker baking soda setiap sekali seminggu untuk hasil kulit yang bersih dan bebas dari pori membesar.

Penggunaan baking soda mungkin akan membuat iritasi bagi pemilik kulit wajah yang sensitif. Anda dapat aplikasikan pada kulit tangan dulu untuk mengetahui apakah kulit wajah Anda sensitif dengan baking soda atau tidak.

Menghilangkan pori wajah yang membesar terutama pada area hidung membutuhkan kesabaran dan ketelatenan Anda. Cukuplah dengan rajin membersihkan wajah setelah menggunakan make up dan ketika akan tidur malam akan membantu Anda terhindar dari pori pori wajah yang membesar dan kulit yang berjerawat. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *