invisible hit counter invisible bg invisible ico

Tips Mengecilkan Perut Secara Alami yang Perlu Anda Coba

Tips Mengecilkan Perut Secara Alami yang Perlu Anda CobaBerbagai tips mengecilkan perut sudah banyak beredar di masyarakat mulai dari tips-tips sederhana hingga penggunaan sejumlah obat-obatan untuk mengurangi ukuran perut, namun tips alami masih tetap pilihan yang aman untuk dilakukan. Memiliki perut buncit tentu sangat mengganggu. Selain tidak enak dipandang, perut buncit dapat membahayakan pemiliknya karena memiliki risiko penyakit yang lebih besar pada beberapa orang. Ukuran lingkar perut yang dianjurkan dan baik bagi kesehatan pada seorang wanita adalah kurang dari 80 cm dan bagi laki-laki kurang dari 90 cm. Ukuran lingkar perut ini seringkali dihubungkan dengan kadar kolesterol yang dimiliki oleh seseorang, dimana peningkatannya sangat erat hubungannya dengan pola hidup yang buruk. Untuk itulah di dalam artikel ini kami akan menyajikan sejumlah tips mengecilkan perut alami yang dapat anda coba terapkan setiap hari!

4 Tips Mengecilkan Perut Buncit Secara Alami, Selamat Tinggal Perut Buncit!

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, perut buncit merupakan hasil yang didapatkan dari pola hidup yang tidak sehat, sehingga satu-satunya tips mengecilkan perut buncit ini adalah dengan mengembalikan pola hidup anda menjadi pola hidup sehat. Untuk itu dalam artikel ini 4 tips mengecilkan perut yang akan dibahas semuanya sangat berhubungan dengan pola hidup sehat, selamat membaca!

  1. Ubah kebiasaan makan anda!

Tips mengecilkan perut pertama yang akan dibahas adalah mengubah kebiasaan makan atau dengan istilah awam sering disebut diet. Diet yang kami maksud adalah pengaturan baik jenis dan jumlah makanan yang anda makan setiap hari dan bukan menganjurkan anda berhenti makan sama sekali. Makanan memang merupakan salah satu faktor seseorang menjadi buncit namun tubuh anda tetap membutuhkan makanan sebagai sumber energi dan nutrisi.

Cara melangsingkan perut ini memang sulit dilakukan di awal, namun jika anda sudah melakukannya sebagai rutinitas sehari-hari maka anda akan terbiasa dengan pola makan sehat ini. Pertama kita mulai dari sumber karbohidrat. Pilihlah jenis karbohidrat kompleks seperti beras merah dan gandum dibandingkan dengan nasi putih. Kurangi asupan karbohidrat sederhana dengan kandungan gula tinggi seperti berbagai jenis olahan tepung, sirup, dan es krim karena makanan-makanan ini akan membuat anda kenyang sesaat dan kemudian lapar kembali dalam waktu singkat.

Selain itu porsi lemak dalam makanan anda juga harus dikurangi, terutama lemak jenuh seperti berbagai jenis gorengan dan santan. Anda bisa menggunakan lemak baik sebagai pilihan asupan lemak tubuh seperti yang terdapat dalam buah alpukat dan biji-bijian seperti kenari dan almond. Perbanyak konsumsi berbagai buah dan sayuran  dan makanan-makanan kaya serat setiap hari untuk melancarkan pencernaan, begitu pula dengan air putih.

Selain jenis makanan, anda juga perlu memperhatikan jumlah atau porsi makanan anda. Dalam metode diet, porsi makan harus dibatasi secukupnya tidak kurang dan tidak lebih. Untuk mengakalinya anda bisa terlebih dahulu mengkonsumsi air putih sebelum makan sehingga saat makan anda tidak menambah porsi karena rasa lapar. Selain itu anda tidak dianjurkan untuk ngemil di antara jam makan, karena hal ini dapat meningkatkan berat badan dan juga ukuran lingkar perut anda.

  1. Olahraga

Selanjutnya tips mengecilkan perut yang tidak kalah penting selain diet adalah olahraga. Penyebab anda mendapatkan bentuk perut yang tidak ideal saat ini adalah ketidakseimbangan antara jumlah kalori yang anda konsumsi dari makanan dan kalori yang dibakar dengan beraktivitas atau berolahraga. Kebiasaan buruk ini kerap kali dilakukan oleh masyarakat serba instan saat ini, dimana porsi makan besar tidak diimbangi dengan olahraga yang cukup.

Banyak jenis olahraga yang bisa anda lakukan guna mengecilkan perut buncit, mulai dari yang sederhana seperti sit-up, beberapa posisi senam hingga yoga bisa anda coba. Jika ingin melakukan olaharaga yang sederhana, anda dapat melakukan sit-up sebanyak 20-30 kali setiap bangun pagi. Selain sit-up, anda bisa mencoba senam aerobik lainnya dengan mengikuti les senam aerobik dengan instruktur yang dapat mengajari anda. Yoga juga saat ini menjadi pembicaraan sebagai salah satu tips mengecilkan perut yang ampuh, berbagai posisi dalam olahraga ini dapat membantu anda mengecilkan perut dan juga membantu tubuh lebih rileks.

Tidak hanya itu, berbagai olahraga lainnya seperti jogging atau lari, bersepeda dan bahkan berenang dapat membantu anda mendapatkan berat badan dan ukuran lingkar perut yang ideal. Sempatkan waktu anda untuk melakukan olahraga minimal 3 kali dalam seminggu dengan durasi minimal 30 menit, maka tidak hanya bentuk tubuh anda yang berubah menjadi lebih indah namun kesehatan anda juga akan meningkat.

  1. Ubah kebiasaan buruk

Perut buncit merupakan efek negatif yang diperoleh dari berbagai gaya hidup yang buruk seperti merokok, konsumsi alkohol berlebih dan kebiasaan serba instan yang banyak terjadi saat ini. Lihat saja kakek nenek kita jaman dahulu, mereka terlihat lebih sehat dan memiliki umur lebih panjang dibandingkan dengan orang-orang jaman sekarang.

Mari kita lihat bagaimana kebiasaan anda sehari-hari. Apakah anda memilih untuk menaiki tangga ke lantai 2 atau menggunakan eskalator atau lift yang tersedia? Sebagian besar orang-orang jaman sekarang akan memilih menggunakan lift. Ubahlah kebiasaan ini, perbanyak aktivitas berjalan semampu anda dan juga hindari rokok dan juga konsumsi alkohol.

  1. Istirahat dan cukup tidur

Tips mengecilkan perut terakhir yang akan kami bahas adalah istirahat dan tidur yang cukup. Kebiasaan suka begadang merupakan salah satu kebiasaan buruk yang sering dilakukan oleh orang-orang dewasa ini yang sangat tidak baik bagi kesehatan. Tubuh kita membutuhkan waktu untuk beristirahat dan mengembalikan fungsi optimal tubuh untuk aktivitas keesokan harinya.

Selain itu, sejumlah penilitian menyatakan bahwa seseorang dengan kebiasaan tidur yang kurang akan menganggu 2 hormon pengatur nafsu makan yakni ghrelin dan leptin. Ghrelin adalah hormon yang dikeluarkan oleh sistem pencernaan saat makanan di dalam lambung sedikit dan membuat kita lapar, sedangkan leptin sebaliknya akan merangsang otak seseorang agar merasa kenyang. Orang dengan kebiasaan tidur kurang akan menurunkan kadar hormon leptin dan meningkatkan kadar hormon ghrelin di dalam tubuh sehingga nafsu makan mereka akan cenderung meningkat.

Itulah sejumlah perubahan pola hidup yang bisa anda gunakan sebagai tips mengecilkan perut alami. Baik itu mengecilkan perut buncit, mengurangi berat badan maupun mendapatkan tubuh yang sehat semuanya membutuhkan proses. Cara-cara instan mungkin ampuh dalam memenuhi keinginan anda untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal, namun risiko yang ditimbulkan cukup besar karena kesehatan anda bisa sewaktu-waktu dipertaruhkan. Dengan menjalani tips mengecilkan perut di atas secara rutin, anda pasti akan mendapatkan bentuk tubuh yang anda inginkan dengan bonus kesehatan yang baik. Yang perlu anda lakukan adalah komitmen untuk terus menjalankan gaya hidup sehat ini. Akhir kata semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *