invisible bg invisible ico

Tips dan Cara Menghilangkan Mata Ikan pada Kulit

Tips dan Cara Menghilangkan Mata Ikan pada KulitCara menghilangkan mata ikan yang dikenali oleh masyarakat saat ini sungguh beragam terutama yang berasal dari berbagai bahan herbal. Sebut saja getah pepaya, getah kamboja, buah lemon bahkan cara-cara ekstrim seperti menggunakan rokok yang sedang menyala dan mendekatkanya ke bagian kulit yang terkena mata ikan. Pertanyaannya sekarang apakah sebenarnya penyakit mata ikan ini dan apakah cara menghilangkan mata ikan yang sudah disebutkan diatas merupakan cara yang tepat?

Mata ikan merupakan istilah awam terhadap suatu kelainan kulit dimana terjadi penebalan kulit yang biasanya timbul pada area telapak kaki dan terasa nyeri. Penyakit mata ikan sebenarnya merupakan sebuah penyakit yang terjadi akibat trauma mekanik berulang yang dalam istilah medis biasanya disebut clavus, corn atau heloma. Untuk itu dalam artikel ini kami akan menyajikan sejumlah cara menghilangkan mata ikan yang harus anda lakukan, terutama dalam hal mengurangi trauma mekanik pada area tertentu dikulit. Selamat membaca!

Penanganan Umum yang Bisa Anda Lakukan sebagai Cara Menghilangkan Mata Ikan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya penyebab utama timbulnya mata ikan adalah trauma mekanik meskipun mata ikan dapat disebabkan oleh masalah penyumbatan pembuluh darah dan infeksi virus. Trauma mekanik yang dimaksud adalah gesekan atau tekanan yang terjadi terus menerus dalam kurun waktu yang lama. Untuk itulah selain membahas bagaimana cara menghilangkan mata ikan kami juga akan menyajikan pencegahan trauma mekanik yang menyebabkan mata ikan dalam pembahasan berikut ini.

1. Gunakan sepatu yang nyaman

Cara menghilangkan mata ikan pertama yang akan kami bahas berhubungan dengan bagaimana cara pencegahan agar tidak terjadi trauma mekanik yang berujung pada terbentuknya mata ikan di kaki anda. Mengapa harus sepatu? Hal ini disebabkan kasus mata ikan paling banyak ditemukan di kaki, namun tidak menutup kemungkinan bahwa seseorang terkena mata ikan di tempat lain seperti halnya telapak tangan. Pilihlah sepatu yang ukurannya tepat dan nyaman untuk anda gunakan karena sepatu yang longgar akan membuat risiko gesekan antara kaki dan sepatu semakin besar.

Tidak hanya itu jika anda merasa bagian dalam sepatu anda kasar dan membuat anda tidak nyaman, maka anda bisa mengakalinya dengan menggunakan kaus kaki. Selain itu salah satu penyebab seseorang mengalami mata ikan adalah kelainan pada bentuk ibu jari kakinya, dimana bentuk yang melengkung seperti cakar dapat menyebabkan gesekan terus-menerus. Untuk mengatasi masalah ini anda bisa menggunakan sepatu dengan ukuran lebih besar dan memiliki bagian dalam yang lembut.

2. Jaga kebersihan kaki

Masih berhubungan dengan bagaimana mencegah terjadinya mata ikan, kebersihan kaki anda menjadi salah satu faktor yang harus diperhatikan. Sebelumnya kami sudah menyebutkan bahwa mata ikan juga memiliki nama lain yakni heloma, dimana pada sebagian besar kasus heloma selain adanya penebalan kulit terdapat luka yang terinfeksi oleh bakteri atau jamur. Untuk mengatasi masalah ini anda bisa menggunakan sabun antiseptik saat membersihkan seluruh tubuh termasuk kedua kaki. Jika harus menggunakan sepatu tertutup saat bekerja setiap hari maka pastikan bahwa setelah bekerja sepatu segera dilepaskan, kemudian bersihkan kaki anda dan biarkan kedua kaki terkena udara bebas.

3. Pakai sarung tangan

Selain menyerang telapak kaki mata ikan juga dapat menyerang telapak tangan, terutama bagi mereka yang banyak melakukan aktivitas dengan menggunakan tangan dan menimbulkan trauma mekanik secara terus-menerus seperti pada ibu rumah tangga. Penggunaan sarung tangan ini bagi ibu rumah tangga dianggap cukup membantu mengurangi trauma yang terjadi.

4. Penderita obesitas, kurangi berat badan

Berat badan berlebih memang sering menimbulkan masalah, karena hal ini juga terjadi pada kasus mata ikan. Trauma mekanik berupa tekanan pada daerah telapak kaki oleh berat badan yang berlebih dalam waktu yang cukup lama akan memicu terbentuknya mata ikan. Untuk itu menurunkan berat badan bagi mereka yang menderita obesitas merupakan salah satu cara menghilangkan mata ikan.

5. Obat pengelupas kulit

Cara menghilangkan mata ikan selanjutnya adalah dengan menggunakan obat-obatan yang dikenal sebagai keratolytic agents, yang berfungsi mengelupaskan kulit yang tebal pada penyakit mata ikan. Contoh obat-obatan keratolitik ini adalah krim ataupun salep urea, asam laktat serta asam salisilat dan tidak hanya itu penggunaan ekstrak bawang putih juga dibuktikan bisa membantu pengelupasan kulit yang tebal pada kasus mata ikan. Penggunaan bahan-bahan yang sudah kami sebutkan ini membutuhkan resep dan juga racikan dari dokter, sehingga anda perlu memeriksakan diri ke dokter.

Hal ini juga dibutuhkan untuk menentukan berapa besar persentasi obat keratolitik yang dibutuhkan oleh masing-masing orang, karena penebalan kulit yang terjadi pada setiap penderita mata ikan tidaklah sama. Selain itu saat ini juga sudah ada pilihan terapi penyuntikan langsung pada area mata ikan dengan menggunakan obat Triamcinolon, hanya saja tidak semua kasus membutuhkan penyuntikan ini karena penyuntikan Triamcinolon juga bisa menimbulkan efek samping. Inilah alasan meskipun masalah mata ikan terkesan kurang berbahaya anda tetap perlu melakukan pemeriksaan ke dokter.

6. Laser

Tidak hanya menggunakan obat-obatan, cara menghilangkan mata ikan sekarang bisa dilakukan dengan menggunakan teknik laser karbon dioksida. Penggunaan laser karbon dioksida ini digunakan terutama pada kasus mata ikan yang cukup dalam dan tidak cukup jika diatasi dengan pengobatan dari luar.

7. Teknik operasi

Cara menghilangkan mata ikan terakhir yang akan dibahas di dalam artikel ini adalah teknik operasi. Teknik operasi sendiri menjadi pilihan terakhir jika cara menghilangkan mata ikan yang sudah disebutkan sebelumnya tetap tidak mengurangi keluhan nyeri dan juga rasa tidak nyaman yang ditimbulkan oleh penyakit ini. Teknik operasi yang digunakan juga bermacam-macam mulai dari mengelupas bagian kulit yang menebal, hingga beberapa teknik operasi untuk memperbaiki kelainan anatomi tulang seperti pada kasus ibu jari yang berbentuk seperti cakar.

Demikianlah sejumlah penanganan umum yang bisa anda lakukan sebagai cara menghilangkan mata ikan. Pada sejumlah kasus mata ikan yang khusus memang dibutuhkan pengobatan dan terapi tertentu dalam mengatasi masalah yang banyak menyerang wanita ini. Seperti contoh pada kasus mata ikan yang disebabkan oleh infeksi virus yakni Human Papilloma Virus (HPV) atau yang lebih dikenal dengan sebutan kutil kulit.

Kasus ini membutuhkan penanganan dari dokter kulit untuk mendapatkan hasil terbaik walaupun penanganan yang dilakukan tidak begitu berbeda dengan cara menghilangkan mata ikan pada umumnya. Pemeriksaan oleh dokter tetap kami anjurkan agar penanganan mata ikan ini dapat berjalan dengan baik dan risiko kambuhnya juga ikut berkurang. Akhir kata semoga artikel mengenai tips penanganan umum dan cara menghilangkan mata ikan ini bermanfaat bagi kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *