invisible hit counter invisible bg invisible ico

Tips dan Cara Menambah Berat Badan dengan Cepat

Mengimplementasikan cara menambah berat badan dengan cepat sama sulitnya dengan melakukan diet untuk menurunkan berat badan. Banyak orang yang berpikir bahwa menaikkan berat badan merupakan hal yang mudah apalagi bila dibandingkan dengan menurunkan berat badan. Pemikiran tersebut merupakan pemikiran yang salah. Menambah berat badan sama sulitnya dengan menurunkan berat badan. Malah ternyata banyak juga orang yang mencari cara menambah berat badan dengan cepat.

Bila kita membicarakan mengenai cara menambah berat badan dengan cepat ternyata hal ini juga butuh dedikasi dan disiplin yang sama besarnya dengan menurunkan berat badan. Apalagi bila Anda ingin cara cepat menambah berat badan dalam waktu 1 minggu, kemampuan Anda untuk disiplin akan diuji. Mengikuti beberapa kiat dan langkah di artikel ini akan membantu Anda menambah berat badan, namun jangan berharap Anda akan tampil lebih berisi dan berotot pada hari ke-8. Namun hasilnya akan memberi motivasi tambahan untuk menjalankan program ini hingga tuntas.

Tips dan Cara Menambah Berat Badan Dengan Cepat yang Bisa Anda Coba

  • Konsumsi Makanan Bernutrisi Tinggi Untuk Menambah Berat Badan

Cara menambah berat badan dengan cepat bukanlah makan makanan yang kaya akan lemak terutama lemak jenuh. Rencana diet yang bernutrisi sangat penting dalam program menaikkan berat badan. Perbanyak konsumsi makanan yang tinggi kalori seperti kacang-kacangan, sayuran padat, produk dairy yang rendah lemak, telur dan produk gandum. Anda tetap harus menjauhi makanan cepat saji seperti hamburger, kue, kentang goreng, keripik kentang atau singong, permen dan eskrim. Makanan tersebut juga memang memiliki kalori yang tinggi namun tidak baik untuk kesehatan Anda.

  • Konsumsi Makanan Dengan Vitamin Untuk Menambah Berat Badan

Makanan menjadi faktor penting untuk menambah berat badan. Pilihlah makanan dengan kandungan vitamin B1 atau thiamine dan makanan yang mengandung zinc. Vitamin B1 merupakan jenis vitamin yang dipercaya dapat menambah berat badan. Menurut penilitian, vitamin ini akan meningkatkan nafsu makan. Makanan kaya akan thiamine misalnya nasi merah, daging dan gandum.

Kekurangan zinc di dalam tubuh akan menyebabkan penurunan nafsu makan dan membuat lidah tidak dapat mengecap cita rasa dengan optimal. Maka, konsumsi zinc yang adekkuat merupakan syarat menaikkan berat badan karena dapat meningkatkan nafsu makan Anda. Makanan yang banyak mengandung zinc misalnya seafood, daging, kacang dan produk susu.

  • Jangan Berhenti Berolahraga

Jangan berpikir bahwa berolahraga hanya akan menurunkan berat badan. Bila Anda ingin dapat mengkonsumsi kalori yang lebih banyak, Anda harus meningkatkan massa otot Anda. Pilihlah jenis olahraga yang dapat meningkatkan berat badan Anda seperti mengangkat beban.

  • Gandakan Porsi Makan Anda

Cara menambah berat badan dengan cepat yang satu ini memang terlihat sepele dan mudah. Namun bila dipraktekkan, ternyata hal ini lebih berat dilakukan dibandingkan hanya diucapkan. Bila biasanya Anda hanya makan 3 kali sehari, kini Anda harus makan paling tidak 6 kali sehari dan setiap porsinya harus sama dengan porsi makan berat Anda.

  • Hitung Kebutuhan Kalori Harian Anda

Mengetahui kebutuhan kalori harian Anda sangatlah berguna untuk memperlancar program menaikkan berat badan. Setiap orang mempunyai kebutuhan kalori harian yang berbeda. Ketika Anda sudah mengetahui kebutuhan kalori harian, tambahkan 500 kalori untuk Anda konsumi. Dengan menambahkan 500 kalori ke dalam diet Anda setiap hari, maka berat badan Anda akan bertambah sebesar 0,5 kg dalam satu minggu.

  • Masukkan Menu Minuman Bernutrisi Pada Diet Anda

Minuman yang bernutrisi sama pentingnya dengan makanan yang bernutri dalam cara menambah berat badan dengan cepat. Memilih minuman penuh nutrisi yang baik untuk kesehatan Anda akan membantu berat badan bertambah. Hindari minuman manis kemasan yang hanya mengandung gula yang tinggi namun nutrisi yang sedikit. Pilihlah jus segar, susu rendah lemak, yogurt, smoothies, susu kedelai dan minuman protein shake. Hindari kopi, minuman manis bersoda an minuman instan lainnya yang buruk bagi kesehatan Anda.

  • Hindari Olahraga Lari dan Berjalan Kaki

Lari dan berjalan cepat dapat membakar dan memakai kalori yang banyak. Jangan sia-siakan kalori yang telah Anda masukkan ke dalam tubuh Anda hanya untuk dipakai sebagai bahan energy untuk lari dan berjalan kaki. Namun pilihlah olahraga jenis lain yang dapat menambah berat badan.

  • Konsumsi Makanan Tinggi Protein Untuk Membantu Menambah Massa Otot

Menambah konsumsi protein merupakan hal yang sangat penting bagi Anda yang berusaha membentuk tubuh Anda agar lebih berisi. Protein merupakan suatu zat yang digunakan untuk membangun massa otot. Bila massa otot bertambah maka berat badan Anda pun akan bertambah. Beberapa contoh makanan tinggi protein adalah susu, susu kedelai, telur, keju, yogurt, ikan, daging ayam, kacang, tahu dan lainnya.

  • Konsumsi Jenis Makanan Atau Minuman yang Mengandung Susu

Produk susu atau dairy product merupakan jenis makanan yang mengandung banyak nutrisi dan kalori yang dibutuhkan tubuh Anda untuk menaikkan berat badan. Cobalah mengkonsumsi susu setiap hari. Bila tidak suka susu, Anda dapat mengubahnya dalam bentuk milkshake, jus yang dicampur susu, dan susu dengan aneka rasa. Mengkonsumsi keju dan makanan creamy yang mengandung mayonnaise juga merupakan pilihan yang dapat Anda ambil sebagai cara menambah berat badan dengan cepat.

  • Tambahkan Minyak Lebih Banyak Di Makanan Anda

Memakai minyak lebih banyak saat Anda memasak makanan merupakan cara menambah berat badan dengan cepat. Pilihlan jenis minyak yang bagus seperti minyak olive, minyak kelapa, kanola, dan mentega. Hindari menggunakan minyak kelapa sawit karena mengandung lemak yang tidak baik dan dapat memperburuk kondisi kesehatan Anda. Minyak dengan kandungan omega-6 merupakan pilihan yang dapat Anda coba juga.

  • Catat Konsumsi Kalori Harian Anda

Jangan menyepelekan langkah yang satu ini karena dapat membantu Anda menaikkan berat badan Anda. Dengan mencatat jumlah kalori yang Anda masukkan ke dalam tubuh Anda, Anda akan mengetahui apakah jumlah makanan yang Anda konsumsi masih belum cukup untuk menambah berat badan Anda.

  • Luangkan Waktu Untuk Istirahat dan Tidur yang Cukup

Tubuh yang letih dan kurang istirahat akan memakai banyak kalori untuk diubah menjadi energy tambahan. Untuk menghindari hal tersebut, Anda haruslah memiliki waktu untuk beristirahat dan tidur malam yang cukup. Tidur 6-7 jam sehari dengan pola tidur yang normal akan membantu Anda menghemat penggunaan energi sehingga makanan yang Anda konsumsi akan menambah berat badan Anda.

Bagaimana, ternyata cara menambah berat badan dengan cepat tidak semudah yang dikira bukan? Namun, hanya karena sedikit rumit dan sulit bukan berarti menambah berat badan merupakan hal yang mustahil untuk dilakukan. Dengan dedikasi dan disiplin tinggi, Anda dapat menambah berat badan yang Anda inginkan dengan cepat bila mengikuti langkah-langkah yang telah dijabarkan di atas. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *