invisible bg invisible ico

Tips dan Cara Memanfaatkan Kentang untuk Diet yang Efektif

Cara Mengonsumsi Kentang untuk Diet EfektifKentang untuk diet memang menjadi salah satu cara menurunkan berat badan yang terbukti efektif. Kentang merupakan tanaman asal Amerika Selatan dan kemudian menyebar di Eropa melalui penjelajah Spanyol di abad ke 16. Semenjak itu, kentang menjadi salah salah satu jenis tanaman pangan terbesar nomor empat di dunia setelah jagung, gandum, dan beras.

Sebenarnya tak hanya belakangan ini saja kentang dijadikan makanan oleh mereka yang sedang menjalankan program diet. Hal ini karena di tempat asalnya, Amerika Selatan, dahulu kentang dimanfaatkan untuk membantu sistem percernaan dan pembersihan detox yang ada di dalam tubuh. Meski demikian, sebagian besar dari kamu mungkin akan tetap penasaran dan bertanya, “Apakah benar kentang dapat membantu program diet? Padahal kentang memiliki karbohidrat tinggi”. Untuk menemukan jawabannya, sebaiknya Anda simak ulasan berikut.

Nutrisi Kentang untuk Diet yang Harus Anda Ketahui

Dalam konsumsi kentang, salah satu cara paling umum adalah dengan merebusnya. Hal ini karena kentang memiliki tekstur daging yang cukup keras sehingga meskipun Anda ingin menggorengnya, kentang harus direbus terlebih dahulu. Namun dalam program diet, akan sangat dianjurkan kentang rebus karena kentang goreng memiliki kandungan lemak jahat yang berasal dari minyak penggorengan.

Sedangkan untuk kandungan nutrisi, pada kentang dengan berat 300 gram yang direbus beserta kulitnya, mengandung 261 kalori, 3 gram lemak, 5.4 serat, dan 5.6 gram protein. Apabila Anda mengupas kulit kentang sebelum merebusnya, maka protein tersebut akan berkurang menjadi 0.5 gram protein tetapi jumlah kalori, serat, dan lemak pada kentang tersebut tetap. Dengan kata lain, merebus kentang langsung beserta kulitnya akan lebih baik dibandingkan mengupasnya terlebih dahulu.

Pada kentang untuk diet yang cara memasaknya direbus beserta kulitnya akan membantu tubuh membentuk sel darah serta mengubah lemak dan karbohidrat dalam tubuh menjadi energi. Hal ini tentu sangat dibutuhkan dalam proses pembentukan sel otot baru dari protein kentang rebus.

Sebagai gambaran, dalam satu buah kentang dapat mencukupi kebutuhan vitamin C dan B6 sebanyak 50% serta kandungan thiamin dan niacin sebesar 30% yang dibutuhkan oleh tubuh dalam aktivitas sehari-hari. Ketika Anda mengupas kentang tersebut, maka tak hanya kandungan protein saja yang hilang namun juga setengah kadar vitamin C dalam kentang.

Manfaat Kentang untuk Mendukung Program Diet

Setelah mengetahui kandungan nutrisi dalam kentang, hal lain yang juga harus dipahami adalah manfaat kentang untuk diet. Seperti yang kita tahu, kentang merupakan tanaman umbi-umbian sehingga terdapat kandungan mineral yang juga cukup tinggi di dalamnya. Mineral tersebut akan membantu mengoptimalkan fungsi otot Anda. Hal ini akan dirasakan ketika Anda melakukan berbagai jenis olahraga untuk membentuk otot dan membakar lemak. Adapun manfaat lain yang dapat Anda peroleh dari menu makanan kentang untuk diet adalah sebagai berikut:

  • Membantu Menahan Rasa Lapar

Seperti yang kita tahu bahwa kentang merupakan jenis makanan yang memiliki kandungan karbohidrat cukup tinggi. Kandungan karbohidrat tersebut akan membantu mengurangi munculnya rasa lapar ketika beraktivitas. Hal ini juga dipengaruhi dengan kandungan kalori serta serat di dalamnya. Dengan begitu, maka Anda dapat kenyang lebih lama.

Lantas bagaimana dengan nasi? Padahal nasi juga kaya akan karbohidrat. Memang benar nasi memiliki kandungan karbohidrat yang sangat tinggi. Hanya saja, nutrisi lain yang terdapat pada nasi tidak lebih lengkap dibandingkan kentang. Selain itu, nasi juga terlalu banyak mengandung gula yang apabila tak dapat diserap dengan baik oleh tubuh, gula tersebut tak hanya dapat membuat bertumpuknya lemak tapi juga memicu penyakit berbahaya lain seperti diabetes, obesitas, dan lain sebagainya.

  • Membantu Membakar Lemak dalam Tubuh

Manfaat kentang untuk diet yang selanjutnya adalah membantu proses pembakaran lemak dalam tubuh. Hal ini karena kandungan nutrisi yang sangat banyak dari kentang akan menyerap sisa-sisa lemak jahat. Tak hanya itu saja, konsumsi kentang secara rutin juga dapat membantu melancarkan proses pencernaan sehingga Anda dapat mengeluarkan kotoran dalam bentuk feses. (baca juga: konsumsi makanan untuk diet ini agar perut ramping)

  • Memberikan Cadangan Energi

Manfaat lain yang dapat diperoleh dari kentang adalah memberikan cadangan energi yang cukup untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Hal ini karena terdapat kandungan vitamin B6 dan vitamin C yang berfungsi untuk membantu menjaga kondisi tubuh agar tetap segar dan fit.

Cara Melakukan Program Diet dengan Kentang Rebus

Bagi Anda yang penasaran dengan kentang untuk diet, berikut adalah cara yang dapat dilakukan dalam membantu program diet. Namun sebelumnya harus dipahami bahwa diet dengan konsumsi kentang tidak akan berarti apabila tidak diiringi dengan olahraga. Adapun caranya adalah:

  • Siapkan kentang seberat 1.5 kilogram. Bersihkan dengan air hingga semua kotoran yang menempel pada kentang hilang.
  • Rebus semua kentang tanpa harus mengupas kulitnya terlebih dahulu.
  • Apabila kentang sudah matang, tiriskan dan letakkan pada wadah tertentu. Sebagai informasi, cara mengetahui kentang rebus telah matang atau belum adalah dengan menusuk kentang menggunakan garpu, pisau, ataupun alat lainnya. Jika daging sudah empuk, berarti kentang telah matang.
  • Setelah kentang dingin, potong kentang menjadi kecil-kecil sesuai selera. Misalnya untuk ukuran sedang, Anda dapat memotongnya menjadi 4 bagian. Sedangkan untuk kentang berukuran besar, jadikan 6 bagian.

Anda pun dapat menambahkan bumbu-bumbu lain agar rasa kentang semakin nikmat. Misalnya tambahkan mentega, bawang merah, bawang putih, dan sebagainya. Selain itu, Anda juga dapat mengolah kembali kentang rebus menjadi kue atau makanan apapun yang menggugah selera ketika dikonsumsi. Namun perlu diingat, jangan terlalu banyak mencampurkan bahan makanan tak sehat pada olahan kentang rebus.

Adapun kentang untuk diet di atas dapat dikonsumsi perhari. Anda dapat membagi kentang dalam tiga bagian misalnya untuk makan pagi, siang, dan malam. Agar mendapatkan hasil maksimal, konsumsi menu kentang rebus selama 15 hari berturut-turut. Selain itu, imbangi dengan melakukan olahraga. Untuk kadar kalori pada kentang, setidaknya kentang rebus dapat mencukupi sekitar 1.200 kalori tiap hari.

Mengoptimalkan Program Diet dengan Olahraga

Seperti yang dijelaskan di atas, meskipun Anda mengonsumsi kentang untuk diet, jika tak diiringi dengan olahraga, maka program diet Anda tak akan berjalan dengan maksimal. Untuk itu, setiap hari usahakan meluangkan waktu melakukan olahraga meskipun sebentar. Apabila Anda dapat rutin berolahraga, hanya dalam waktu 1 bulan saja berat badan Anda dapat turun drastis.

Hal ini karena kentang untuk diet hanya berkhasiat membantu proses pembakaran lemak dari dalam saja. Sedangkan kegiatan olahraga selain dapat membakar lemak juga membentuk massa otot sehingga Anda pun akan lebih sehat. Adapun jenis olahraga yang dapat Anda lakukan dalam program diet adalah angkat beban, berlari, senam, push up, sit up, bersepeda, dan lain sebagainya. Demikian sedikit ulasan tentang kentang untuk diet serta berbagai manfaat yang dapat diberikan. Semoga bermanfaat .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *