invisible bg invisible ico

Tips dan Cara Memakai Masker Wajah yang Benar

Tips dan Cara Memakai Masker Wajah yang BenarMemakai masker wajah dengan cara-cara yang tepat akan membantu Anda mendapatkan hasil yang diinginkan. Saat ini mungkin Anda sering memakai masker, namun apakah cara yang Anda lakukan tersebut sudah tepat? Terlebih jika harga masker tersebut mahal, sangat sayang jika dipakai tidak sesuai aturan. Ada tips dan cara memakai masker wajah yang benar sesuai dengan tahapan perawatan kulit wajah.

Masker wajah bisa dibuat secara alami di rumah maupun Anda beli yang instan di toko kosmetik. Bagi Anda yang memiliki jenis kulit sensitif sebaiknya menggunakan masker wajah alami buatan sendiri dari bahan-bahan yang mudah didapat.

Sementara untuk jenis kulit lainnya bisa mencoba masker yang sesuai untuk kulit. Jenis kulit sensitif biasanya akan rentan mengalami iritasi saat kontak dengan bahan-bahan kimia. Fragrance atau parfum di dalam suatu kosmetik biasanya menjadi penyebab iritasi tersebut.

Begini Ternyata Cara Memakai Masker Wajah yang Benar

Memakai masker tidak bisa langsung asal pakai saja seperti Anda memakai bedak, ternyata ada aturan urutan perawatan yang lain sebelum Anda menggunakan masker. Masker mahal yang Anda miliki saat ini bisa jadi tidak terlihat reaksinya di kulit wajah karena memang cara penggunaan dan urutan perawatan yang Anda lakukan selama ini tidak tepat. Lalu bagaimana sebenarnya cara menggunakan masker wajah yang tepat? Berikut ini langkahnya:

  • Membersihkan wajah

Bersihkan wajah Anda dengan menggunakan facial wash. Pilih facial wash sesuai jenis kulit. Facial wash akan membantu membersihkan kulit permukaan dari kotoran, debu dan lemak. Bila Anda membeli satu paket produk kosmetik, facial wash ini biasanya sudah ada dalam satu paket.

  • Scrubbing

Scrubbing dilakukan untuk membantu eksfoliasi (pengangkatan sel kulit mati dari permukaan kulit). Anda bisa membuat scrub sendiri dari bahan-bahan alami. Diantaranya dengan mencampur gula pasir dengan madu, atau gula pasir dengan jeruk nipis. Butiran scrub akan membantu mengangkat sel kulit mati dan kotoran lainnya yang masih tersisa.

Bahan scrub alami lainnya yang bisa Anda coba adalah kopi bubuk dan garam. Perempuan Mesir menggunakan garam sebagai bahan alami untuk scrubbing. Gula atau garam tersebut juga bisa dicampurkan dengan cairan facial wash. Ratakan ke seluruh kulit wajah sambil memijatnya. Setelah itu bersihkan dengan air dingin.

  • Membuka pori-pori wajah

Sebelum menggunakan masker, hal selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah membuka pori-pori wajah agar nutrisi dari masker yang akan dipakai bisa meresap ke dalam kulit. Bagaimana caranya? Ambil handuk bersih lalu celupkan ke dalam air hangat. Peras sedikit lalu tempelkan di permukaan kulit wajah.

Atau bisa juga mencuci wajah dengan air hangat, lalu keringkan wajah dari air tersebut. Kulit wajah akan terasa lebih rileks dan sudah siap untuk menerima nutrisi dari masker.

  • Gunakan masker wajah

Setelah wajah kering, ratakan masker di kult wajah. Hindari bagian mata dan bibir. Ambil potongan timun atau kentan, atau bisa juga tomat. Lalu tempelkan ke bola mata yang terpejam. Fungsinya untuk memberi kesan rileks pada mata dan kulit mata.

Posisi memakai masker sebaiknya dalam posisi berbaring akan nutrisi bisa lebih mudah meresap ke pori-pori kulit. Berbaring lah selama beberapa menit. Rata-rata orang menggunakan masker 10 hingga 15 menit. Lalu setelah itu, basuh dan bersihkan masker dari kulit wajah menggunakan air dingin. Anda bisa memakai masker wajah alami atau kemasan yang dijual.

  • Gunakan toner wajah

Setelah wajah Anda bersih dari bahan masker, keringkan lebih dulu kulit wajah. Langkah selanjutnya adalah menggunakan toner wajah. Toner ini akan membantu kulit wajah lebih segar, mencegah iritasi kulit dan sebagainya.

Setelah itu, bisa dilanjutkan dengan menggunakan foundation dan bedak. Namun perlu diingat, jangan terlalu banyak menggunakan foundation karena dapat menyumbat pori-pori yang sebelumnya sudah dibersihkan.

Anda juga bisa cukup hanya menggunakan krim siang yang mengandung tabir surya dengan tekstur yang lebih ringan dibanding foundation. Penggunaan tabir surya wajib hukumnya jika Anda hendak beraktivitas di siang hari, baik di dalam rumah maupun di luar. Di rumah tetap dianjurkan menggunakan tabir surya karena terkadang aktivitas seperti di dapur akan membuat kulit terpapar panas yang mengganggu kondisi kulit.

Hal-Hal Lain yang Perlu Anda Ketahui Seputar Masker Wajah

Dalam memakai masker wajah, ada beberapa hal yang penting Anda perhatikan, diantaranya adalah:

  1. Menggunakan masker wajah sebaiknya 2 hingga 3 kali saja dalam seminggu, terlebih lagi jika masker tersebut bukan masker berbahan alami yang Anda buat sendiri di rumah.
  2. Ratakan masker menggunakan kuas wajah, bukan dengan tangan.
  3. Bila Anda menggunakan masker kemasan, sebaiknya baca aturan pakai yang tertera pada kemasannya.
  4. Bila Anda menggunakan masker dari bahan alami di rumah, maka sebaiknya masker yang Anda buat berbahan masih segar, baru dibuat.
  5. Setelah menggunakan masker, Anda bisa mencipratkan air dingin ke wajah untuk membantu menutup kembali pori-pori yang tadi terbuka.
  6. Bila Anda menggunakan masker berbahan tanah liat, maka sebaiknya basuhlah tanah liat tersebut sebelum kering. Tanah yang mengering justru akan membuat kerutan di wajah sehingga membuat garis-garis yang tidak diinginkan.
  7. Peralatan dan bahan-bahan yang wajib ada pada saat akan memakai masker diantaranya adalah kuas, masker, handuk, potongan timun atau kentang, toner dan pelembab untuk dipakai setelah memakai masker.
  8. Menggunakan masker bisa Anda lakukan di siang atau malam hari, pilih waktu yang benar-benar Anda sedang santai dan rileks.

Dalam memilih jenis masker yang akan dipakai, sebaiknya mempertimbangkan kebutuhan dan jenis kulit yang Anda miliki. Misalnya Anda memiliki warna kulit yang gelap atau memiliki noda hitam, maka bisa Anda pilih masker bengkoang.

Masalah jerawat dan komedo, jenis masker yang sesuai adalah masker lemon, masker jeruk nipis, masker kunyit, masker pepaya, masker beras kencur dan sebagainya. Masalah kulit wajah kusam dan noda hitam  bisa memakai masker tomat, masker pisang, masker lidah buaya, masker lemon dan madu, dan sebagainya.

Pilih jenis masker sesuai dengan masalah kulit yang ada. Perhatikan juga apa jenis kulit Anda sehingga bisa memilih bahan yang sesuai.

Cara memakai masker wajah yang benar akan terlihat dari hasil yang didapatkan. Ternyata memakai masker tidak bisa asal pakai, sebab nutrisi yang diinginkan untuk merawat kulit harus benar-benar masuk ke kulit pada kondisi kulit yang sudah siap. Dengan demikian akan memberi khasiat yang diinginkan sesuai dengan masalah kulit. Kesalahan yang sering terjadi ketika akan memakai masker, kita hanya sekedar membersihkan wajah dengan pembersih biasa, tanpa melakukan eksfoliasi atau scrubbing .

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *