invisible bg invisible ico

Terapi Jeruk Nipis untuk Kesuburan, Ini Langkah dan Tips Melakukannya

Terapi Jeruk Nipis untuk Kesuburan, Ini Langkah dan Tips MelakukannyaMungkin sebagian besar dari Anda belum mengetahui bahwa terapi jeruk nipis untuk kesuburan menjadi salah satu langkah yang dapat dilakukan untuk cepat hamil. Hal ini sudah dilakukan oleh banyak orang yang mengikuti program kehamilan. Pasalnya jeruk nipis dipercaya memiliki banyak kandungan bermanfaat untuk membantu proses kehamilan. Tak heran apabila terapi jeruk nipis kerap digunakan khususnya bagi wanita yang ingin hamil dan tidak mudah keguguran.

Seperti yang kita tahu bahwa mendapatkan momongan adalah impian seluruh pasangan yang telah berkeluarga. Untuk itulah, dilakukan berbagai cara agar tiap pasangan berkeluarga mendapatkan momongan. Salah satu langkah yang dapat dilakukan adalah dengan mengaplikasikan terapi jeruk nipis. Meskipun terlihat sederhana, namun Anda tak boleh meremehkan terapi yang satu ini. Lantas bagaimana cara melakukan terapi jeruk nipis? Daripada penasaran, simak ulasan berikut.

Langkah-Langkah Melakukan Terapi Jeruk Nipis untuk Kesehatan

Bagi Anda yang masih belum familiar dengan terapi jeruk nipis untuk membantu proses kesuburan dan kehamilan, ada beberapa tahapan langkah yang dapat Anda lakukan. Setidaknya berikut adalah langkah-langkah tersebut.

  • Sediakan jeruk nipis segar sebanyak 4 hingga 28 buah perhari
  • Setelah itu, peras jeruk nipis tersebut dalam sebuah wadah. Jangan tambahkan bahan apapun pada perasan jeruk nipis tersebut. Namun apabila Anda tidak kuat menahan rasa masam pada perasan air jeruk nipis, Anda dapat menambahkan madu murni.
  • Minum perasan air jeruk nipis selama 2 minggu berturut-turut tanpa adanya jeda
  • Adapun jumlah perasan air jeruk nipis yang dapat dikonsumsi pada hari pertama adalah sebanyak 4 buah. Hari kedua selama 8 buah. Hari ketiga selama 12 buah. Hari keempat sebanyak 16 buah. Hari kelima sebanyak 20 buah. Hari keenam sebanyak 24 buah. Dan hari ketujuh sebanyak 28 buah.
  • Setelah tujuh hari konsumsi jeruk nipis, Anda tetap harus mengonsumsinya selama seminggu selanjutnya. Apabila pada 1 minggu pertama jumlah air perasan jeruk nipis yang harus dikonsumsi bertambah banyak, maka sebaliknya, pada 1 minggu kedua, jumlahnya dikurangi. Jadi pada hari ke delapan konsumsi 28 air perasan jeruk nipis. Hari kesembilan sebanyak 24 buah dan berlanjut hingga hari ke empat belas sebanyak 4 buah.

Itulah langkah-langkah terapi jeruk nipis yang terbukti sangat aman dan dapat membantu proses mendapatkan momongan. Untuk hasil terbaik, jangan lupa setiap konsumsi perasan air jeruk nipis, selalu iringi dengan doa menurut kepercayaan dan agama masing-masing.

Hal lain yang perlu Anda ketahui adalah saat memilih jeruk nipis, jangan pilih ukuran buah yang terlalu besar. Mengapa? Ini karena jumlah jeruk nipis yang dibutuhkan relatif banyak, sehingga jeruk nipis berukuran kecil pun sudah cukup untuk dikonsumsi. Selain itu, sebelum menjalankan terapi jeruk nipis untuk kesuburan, sebaiknya Anda coba konsumsi 2 perasan jeruk nipis terlebih dahulu. Tujuannya adalah agar lambung dapat beradaptasi dan tidak kaget selama Anda menjalankan terapi ini.

Apakah Aman Konsumsi Jeruk Nipis Setiap Hari?

Setelah mengetahui berapa banyak perasan jeruk nipis yang harus dikonsumsi tiap harinya selama 2 minggu, sebagian besar dari Anda mungkin bertanya-tanya apakah terapi jeruk nipis untuk kesuburan ini aman dilakukan? Jawabannya adalah sangat aman selama Anda memerhatikan kondisi kesehatan perut Anda.

Dalam arti bahwa untuk Anda yang memiliki masalah dengan asam lambung, terapi ini sebaiknya jangan dilakukan ketika perut masih dalam keadaan kosong. Mengapa? Hal ini untuk mencegah timbulnya permasalahan naiknya asam lambung yang akan membuat Anda mual bahkan mengalami masalah yang lebih parah lagi. Apabila ternyata setelah melakukan terapi jeruk nipis untuk kesuburan Anda mengalami masalah pada perut, maka sebaiknya hentikan sejenak dan berkonsultasilah ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Manfaat Jeruk Nipis untuk Proses Mendapatkan Momongan

Meskipun hingga saat ini belum ada penelitian valid yang menyebutkan bahwa jeruk nipis secara pasti dapat membantu mendapatkan momongan, namun setidaknya jeruk nipis memiliki aneka khasiat untuk tubuh. Hal ini karena jeruk nipis memiliki kandungan mikro nutrient serta vitamin yang sangat banyak.

Tak hanya itu saja, jeruk nipis juga memiliki fungsi antioksidan, anti bakteri, serta dapat membantu dan memperbaiki tekanan darah dan pembuluh darah dalam tubuh. Secara logika, fungsi-fungsi tersebut yang dapat membantu proses kehamilan. Dengan konsumsi jeruk nipis yang memiliki fungsi antioksidan, maka sistem kardiovaskuler dalam tubuh juga akan turut diperbaiki. Dengan begitu, maka tubuh akan lebih terhindar dari berbagai gangguan pada pembuluh dan tekanan sehingga dapat mencegah terjadinya kerusakan pembuluh darah dan penurunan fungsinya.

Selain itu, dengan melakukan terapi jeruk nipis untuk kesehatan, maka sistem metabolisme tubuh dan peredaran darah akan ikut membaik. Hanya saja, Anda juga harus mengaplikasikan gaya hidup sehat seperti mengimbangi dengan konsumsi buah dan sayur segar serta tidak merokok dan meminum minuman yang mengandung alkohol ataupun soda.

Kandungan berkhasiat lain yang ada pada jeruk nipis adalah isofvalon. Kandungan ini dapat mengatasi berbagai masalah terkait kemandulan. Isoflavon sendiri juga berfungsi untuk mengikat reseptor estrogen sehingga dapat memberikan kesehatan pada rahim wanita.

Tips Menjaga Kesuburan untuk Wanita dan Mendapatkan Momongan

Kini Anda telah mengetahui manfaat jeruk nipis serta bagaimana cara melakukan terapi jeruk nipis untuk kesuburan. Hal lain yang juga harus diketahui adalah mengenai tips dan langkah yang tepat agar kesuburan Anda sebagai seorang wanita tetap dapat terjaga. Setidaknya terdapat beberapa tips yang dapat Anda lakukan. Di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Jangan Pernah Merokok

Seperti yang dijelaskan di atas bawah merokok adalah salah satu kegiatan yang harus dihindari demi mendapatkan momongan dan menjaga kesuburan kandungan. Hal ini karena rokok memiliki berbagai kandungan zat berbahaya untuk tubuh, baik pria ataupun wanita. Seorang wanita yang merokok sekitar 10 – 20 batang rokok perhari dapa menderita menopause 2 tahun lebih cepat dibandingkan wanita normal lainnya. Tak hanya untuk wanita saja, pria yang sering merokok juga dapat mengalami rusaknya kualitas sperma. (baca juga: segudang bahaya merokok bagi kesehatan tubuh kita)

  • Perhatikan Berat Badan

Berat badan yang kurang ideal juga dapat memengaruhi kesuburan seseorang. Hal ini karena berat badan yang terlalu kurus atau bahkan terlalu gemuk akan menyebabkan berbagai penyakit berbahaya bagi wanita, salah satunya adalah Polycystic Ovary Syndrome (PCOS). Penyakit ini menjadi salah satu penyebab kemandulan bagi wanita.

  • Hindari Alkohol

Selain rokok, alkohol juga menjadi bahan yang tak boleh dikonsumsi, baik untuk pria ataupun wanita. Seorang pria yang sering mengonsumsi alkohol memiliki risiko turunnya kualitas sperma. Sedangkan untuk wanita, maka kemungkinan kondisi rahim dan janin yang dikandung pun dapat rusak dan mengalami pertumbuhan yang kurang sehat.

  • Untuk Pria, Cobalah ‘Dinginkan’ Alat Reproduksi

Sebagai informasi, alat reproduksi pada seorang pria harusnya memiliki suhu yang lebih rendah sekitar 1 hingga 2 derajat dari suhu tubuh. Untuk itu, jangan gunakan celana dalam yang terlalu ketat. Selain itu, sebelum Anda memulai kegiatan reproduksi, hindari mandi dengan air panas. (baca juga: inilah 7 jenis makanan agar cepat hamil yang dapat anda konsumsi)

  • Hindari Radiasi dari Bahan Kimia Berbahaya

Adapun tips yang terakhir tentang langkah mendapatkan momongan adalah dengan menghindari efek radiasi dari bahan-bahan kimia yang berbahaya. Apabila Anda bekerja pada perusahaan kimia yang memiliki risiko radiasi pada tubuh, sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter agar dapat memperoleh penanganan yang tepat.

Demikian sedikit ulasan tentang terapi jeruk nipis untuk kesuburan yang harus Anda ketahui. Dengan melakukan beberapa tips tersebut, maka usaha Anda dan pasangan dalam mendapatkan momongan memiliki kemungkinan lebih besar untuk berhasil. Semoga bermanfaat .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *