invisible hit counter invisible bg invisible ico

Tenggorokan Gatal? Ini Dia Penyebab dan Cara Mengatasinya

Mengobati Tenggorokan Gatal dengan Berkumur Air GaramHampir semua orang pernah mengalami saat-saat tidak enak ketika tenggorokan gatal. Tenggorokan yang terasa gatal dapat menjadi tanda beberapa kondisi medis seperti alergi, atau dapat juga karena efek dari infeksi virus atau bakteri. Umumnya, rasa gatal pada tenggorokan bukan merupakan masalah yang serius. Anda dapat dengan mudah mengobati tenggorokan gatal di rumah dengan obat yang dijual bebas di apotik maupun obat tradisional. Pada artikel ini Anda akan menemukan kemungkinan penyebab timbulnya rasa gatal pada tenggorokan berikut cara untuk meredakan rasa gatal tersebut.

Empat Hal yang Paling Banyak Menyebabkan Tenggorokan Gatal

Rasa gatal pada tenggorokan biasanya juga diikuti dengan batuk, karena hal-hal yang dapat menyebabkan tenggorokan terasa gatal biasanya juga memicu batuk. Ada banyak hal yang dapat menjadi penyebab terjadinya dua hal tersebut. Umumnya, lama gejala yang timbul dan adanya gejala lain yang menyertai dapat dijadikan patokan untuk menentukan kemungkinan penyebabnya. Di bawah ini adalah empat hal yang paling sering menimbulkan rasa gatal pada tenggorokan:

1. Alergi

Reaksi alergi muncul karena sistem imun tubuh bereaksi terhadap benda-benda yang terdapat di lingkungan, yang normalnya tidak membahayakan. Pemicu alergi pada tiap orang bisa jadi berbeda-beda. Contoh benda-benda yang dapat memicu alergi adalah serbuk bunga, rambut atau bulu hewan, jamur, tungau debu, atau wangi parfum. Apabila seseorang menghirup pemicu alergi tersebut, gejala yang timbul selain tenggorokan gatal adalah hidung berair dan tersumbat, batuk, dan bersin. Bahkan mata juga dapat terasa gatal, merah, bengkak, dan berair.

2. Alergi makanan dan obat

Diperkirakan 4-6% anak-anak dan 4% orang dewasa menderita alergi terhadap jenis makanan tertentu seperti susu, kacang tanah, telur, atau ikan. Selain rasa gatal pada tenggorokan, alergi makanan dapat menimbulkan gatal di mulut, bengkak di mulut dan lidah, kram perut, muntah, diare, dan gatal-gatal di kulit. Alergi obat menunjukkan tanda dan gejala yang hampir sama. Beda dengan alergi makanan yang relatif timbul lebih cepat, alergi obat dapat timbul dalam hitungan jam hingga hari dari pertama seseorang mengkonsumsi obat.

Kondisi alergi yang sangat parah dapat menimbulkan reaksi anafilaksis yang membahayakan nyawa. Apabila timbul reaksi anafilaksis seperti peningkatan denyut nadi, sesak nafas, sulit menelan, dan pingsan, seseorang yang menderita alergi tersebut harus segera dibawa ke UGD terdekat.

3. Polutan

Polutan yang terhirup dapat menyebabkan batuk dan tenggorokan gatal. Ada banyak contoh partikel yang apabila terbawa udara dapat menyebabkan iritasi pada tenggorokan. Asap rokok (tidak terkecuali pada perokok pasif), misalnya. Contoh polutan yang lainnya adalah asap pabrik, asap dari kendaraan bermotor, klorin, atau cairan pembersih lainnya. Menghirup beberapa jenis contoh polutan tersebut dapat menyebabkan peradangan pada dinding tenggorokan dan akibatnya tenggorokan menjadi gatal.

4. Pilek

Inilah penyebab tenggorokan gatal yang paling umum. Setidaknya, rata-rata orang dewasa menderita pilek 2 atau 3 kali dalam setahun. Pilek disebabkan oleh infeksi virus, yang akan menular apabila seseorang yang terinfeksi virus tersebut tidak menutup hidung dan mulutnya saat bersin atau batuk, sehingga droplet yang mengandung virus tersebar di udara. Umumnya, gejala pilek akan paling parah dirasakan selama 3-4 hari pertama, yang kemudian berangsur mereda dalam 7-10 hari. Selain rasa gatal pada tenggorokan, pilek juga menimbulkan sakit kepala dan rasa nyeri pada badan.

Meredakan Tenggorokan Gatal dengan Langkah-Langkah Mudah

Kabar baiknya adalah, ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk meredakan rasa gatal pada tenggorokan, baik secara alami maupun menggunakan obat-obatan yang banyak dijual di apotik. Tentu saja, Anda juga harus mengetahui apa yang menyebabkan tenggorokan Anda terasa gatal. Dengan demikian, selain meredakan gejala, Anda juga dapat sekaligus menyingkirkan penyebabnya agar lebih efektif. Bagi Anda yang sedang berjuang mengatasi tenggorokan gatal, langkah-langkah di bawah ini dapat Anda coba.

1. Mengkonsumsi madu

Madu murni adalah obat tradisional yang luar biasa; meredakan rasa gatal di tenggorokan hanyalah salah satu di antara banyak khasiatnya. Anda dapat mengkonsumsi satu sendok makan madu secara langsung di pagi hari atau mencampurkannya ke dalam secangkir teh hangat. Gunakan madu murni yang dapat membantu meningkatkan resistensi tubuh Anda terhadap alergi.

Akan tetapi, jangan memberikan madu pada anak berusia di bawah 1 tahun. Hal ini karena madu mengandung bakteri Clostridium botulinum. Bakteri ini dapat memproduksi zat toksik. Pada bayi dan anak di bawah usia 1 tahun, pencernaannya tidak sebagus orang dewasa sehingga adanya zat toksik tersebut dalam sistem pencernaannya dapat membuatnya mengalami infant botulism, penyakit serius yang salah satu dampak terburuknya adalah kematian.

2. Berkumur dengan air garam

Garam membantu meredakan peradangan serta produksi lendir berlebih yang dapat menimbulkan rasa gatal di tenggorokan. Untuk mendapatkan khasiat garam dalam meredakan tenggorokan gatal, caranya cukup mudah. Tambahkan setengah sendok teh garam ke dalam 250 ml air hangat dan aduk hingga larut. Gunakan larutan garam ini untuk berkumur selama 10 detik, lalu ludahkan (jangan ditelan). Lakukan cara ini 2-3 kali dalam sehari, hingga Anda merasa lebih baik.

3. Segelas teh jahe hangat

Rebus 250 ml air, lalu masukkan ke dalamnya satu ruas jahe yang sudah digeprek sebelumnya. Seduh teh dengan menggunakan air tersebut, lalu tambahkan ke dalamnya air lemon dan madu sesuai selera. Aduk hingga ketiganya tercampur merata. Minumlah campuran tersebut untuk meredakan rasa gatal pada tenggorokan Anda.

4. Nyalakan humidifier

Lingkungan yang sangat kering dapat menyebabkan tubuh menjadi dehidrasi, yang pada akhirnya menimbulkan rasa gatal di tenggorokan. Untuk mengatasinya, nyalakan humidifier di ruang keluarga atau kamar tidur Anda untuk menambah kelembaban di udara. Jika tidak tersedia humidifier di rumah Anda, Anda dapat membuatnya sendiri dengan cara meletakkan beberapa tanaman hidup di sekitar tempat tinggal Anda.

5. Minum banyak air

Seperti yang disebutkan pada poin sebelumnya, dehidrasi pun dapat menyebabkan tenggorokan gatal. Dehidrasi adalah kondisi dimana cairan yang keluar dari tubuh lebih banyak daripada cairan yang masuk. Dehidrasi sangat umum terjadi ketika cuaca panas, setelah berolahraga, atau ketika seseorang menderita sakit.

Dehidrasi menyebabkan tenggorokan mengering. Jumlah lendir yang seharusnya ada di tenggorokan untuk melubrikasi dan melindungi jaringan yang sensitif berkurang. Akibatnya, tenggorokan menjadi gatal. Cara mudah untuk mengatasi dehidrasi tentu saja dengan minum lebih banyak air. Cobalah untuk minum setidaknya 8 gelas air dalam sehari.

6. Menjauhi benda-benda yang dapat memicu alergi

Cara ini cukup efektif untuk mencegah tenggorokan gatal. Untuk mengetahui benda apa saja yang menimbulkan alergi pada Anda, Anda harus memeriksakan diri ke dokter yang mungkin akan melakukan serangkaian tes. Sementara itu, untuk menghindari tungau debu Anda dapat mencuci sprei dan selimut dengan air panas (di atas 500 C). Bersihkan perabotan, karpet, dan tirai dengan penyedot debu.

Apabila alergi Anda disebabkan oleh serbuk bunga, tetaplah berada di dalam ruangan dan tutup jendela ketika jumlah serbuk sari sedang banyak. Jika alergi disebabkan oleh asap rokok, menjauhlah dari perokok. Jika alergi disebabkan oleh rambut atau bulu hewan, jangan memasukkan hewan ke dalam rumah.

Semoga artikel tentang kemungkinan penyebab tenggorokan gatal dan beberapa langkah mudah untuk mengatasinya ini bermanfaat bagi Anda. Rasa gatal pada tenggorokan tidak berbahaya. Namun jangan tunda untuk pergi ke dokter apabila gejala bertambah parah atau muncul gejala lain seperti sulit bernafas, demam, sulit menelan, sakit yang hebat pada tenggorokan, tampak adanya pembengkakan pada wajah, dan muncul gatal-gatal di kulit. Semoga sehat selalu .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *