invisible hit counter invisible bg invisible ico

Telinga Berdenging Sebelah Kiri – Penyebab & Cara Mengatasi

Telinga Berdenging Sebelah Kiri - Penyebab & Cara MengatasiAnda mungkin pernah atau bahkan sering mengalami telinga berdenging sebelah kiri. Tentunya hal tersebut akan sangat mengganggu kenyamanan Anda. Biasanya dengungan pada telinga akan semakin jelas Anda rasakan ketika dalam keadaan sepi atau hening. Suara dengungan tersebut dapat berlangsung sementara, bertahan dalam waktu yang lama, atau dapat muncul secara hilang timbul. Saat ini kasus telinga berdenging semakin meningkat, berdasarkan survei 1 dari 100 orang pernah mengalami telinga berdenging. Walaupun kelihatannya sepele, namun masalah telinga berdenging ini tidak dapat di anggap enteng, sebab dapat mengganggu konsentrasi, menyebabkan susah tidur, dan dapat memicu timbulnya depresi.

Telinga berdenging atau dalam bahasa medis disebut sebagai tinnitus, merupakan suatu kondisi di mana timbul adanya suara-suara abnormal yang berasal dari dalam telinga yang terdengar seperti berdengung, suara siulan, atau suara bising mesin. Tinnitus ada dua jenis, yaitu tinnitus subyektif dan tinnitus obyektif. Tinnitus subyektif terjadi jika suara abnormal yang timbul hanya dapat didengar oleh diri sendiri. Penyebabnya biasanya dipicu oleh gangguan telinga bagian dalam, tengah, maupun luar, serta gangguan saraf pendengaran. Sedangkan tinnitus obyektif terjadi jika suara-suara abnormal yang Anda dengar juga dapat didengar oleh dokter ketika melakukan pemeriksaan. Tinnitus obyektif ini biasanya disebabkan karena gangguan tulang telinga, kontraksi otot, atau masalah pada pembuluh darah.

Penyebab Telinga Berdenging Sebelah Kiri

Di masyarakat, mungkin masih beredar mitos bahwa ketika telinga berdenging maka terjadi suatu pertanda atau firasat tertentu. Yang namanya mitos tentunya adalah hal yang tidak dapat diuji kebenarannya dan tidak dapat dipikir dengan logika. Namun secara medis bahwa telinga berdenging sebelah kiri dapat disebabkan oleh hal-hal berikut ini:

  1. Mendengar suara yang bising/sangat keras

Telinga berdenging sebelah kiri dapat disebabkan karena mendengarkan suara yang bising atau sangat keras, misalnya ketika berada di dekat mesin pabrik yang beroperasi, mendengar suara mesin pesawat dari jarak yang dekat, suara konser musik, berada lama di kendaraan, dan sebagainya.

  1. Adanya kotoran dalam telinga

Adanya kotoran dalam telinga juga dapat mengakibatkan telinga berdenging sebelah kiri. Hal ini biasanya diakibatkan karena telinga jarang dibersihkan. Selain karena kotor, telinga berdenging juga dapat disebabkan karena adanya sumbatan pada saluran telinga, misalnya karena kemasukan air atau serangga kecil.

  1. Posisi tubuh yang salah

Telinga berdenging sebelah kiri dapat diakibatkan karena posisi tubuh yang salah, misalnya saja ketika tidur, duduk, atau melakukan gerakan yang terlalu ekstrim. Posisis tubuh yang salah tersebut dapat menyebabkan perubahan penekanan pada saraf pendengaran sehinggga mengakibatkan telinga berdenging.

  1. Usia

Usia yang sudah tua juga dapat menyebabkan telinga berdenging sebelah kiri. Hal ini dikarenakan fungsi organ pendengaran yang semakin menurun sehingga menyebabkan terganggunya fungsi pendengaran, termasuk menyebabkan telinga berdenging.

  1. Efek samping obat

Penyebab telinga berdenging sebelah kiri selanjutnya yaitu karena efek samping pemakaian obat. Konsumsi obat kimia tertentu dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan efek samping tertentu yang salah satunya yaitu telinga berdenging. Konsumsi obat kimia memang biasanya mengandung efek samping, oleh karena itu gunakanlah secara bijak dan sesuai dengan petunjuk dokter.

  1. Cedera

Mengalami cedera atau kecelakaan juga dapat menyebabkan telinga berdenging sebelah kiri. Hali ini biasanya disebabkan akibat terjadinya benturan di kepala yang berhubungan dengan saluran telinga atau saraf pendengaran.

1 2Next

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *