invisible bg invisible ico

Telapak Tangan Gatal, Ketahui Fakta Kesehatannya dan Cara Penanganannya

Berbagai Fakta dan Mitos Mengenai Telapak Tangan Gatal, Percaya atau Tidak?Jika Anda pernah mendengar kepercayaan mengenai telapak tangan gatal dan datangnya rezeki, Anda boleh mempercayainya maupun tidak. Perlu Anda ketahui pula bahwa terdapat fakta kesehatan di balik telapak tangan yang gatal.

Artikel ini akan membahas secara mendetail beberapa fakta dan mitos mengenai telapak tangan gatal dan pengaruhnya kepada kesehatan Anda.

Fakta Kesehatan Mengenai Telapak Tangan Gatal

Jika telapak tangan Anda gatal tanpa penyebab yang jelas, jangan terburu khawatir maupun bahagia karena kepercayaan rezeki akan datang pada seseorang yang mengalami gatal pada telapak tangan. Sesungguhnya beberapa penyakit muncul dengan ditandai dengan telapak tangan gatal. Terutama berbagai penyakit kulit. Berikut penjelasannya:

1. Dermatitis

Dermatitis atau peradangan kulit ditunjukkan dengan tanda telapak tangan yang mengalami gatal dan berbintik merah. Terdapat berbagai jenis dermatitis yang terklasifikasi sesuai dengan penyebabnya. Dermatitis kontak dapat terjadi akibat reaksi alergi setelah menyentuh atau terpapar bahan allergen seperti perhiasan berbahan dasar nikel, parfum, kosmetik maupun pewarna rambut.

Pada jenis lainnya, seperti dermatitis iritan terjadi akibat terpapar bahan iritan atau yang dapat mengiritasi kulit terutama telapak tangan. Detergen, cairan asam dan pemutih adalah contoh bahan iritan yang dapat menyebabkan tidak hanya telapak tangan yang gatal namun juga akan terjadi ruam, perih dan bengkak.

2. Scabies atau Kudis

Masalah kesehatan kedua yang terkait dengan telapak tangan yang mengalami gatal adalah terjadinya scabies atau kudis. Kudis disebabkan oleh adanya parasit atau hewan kecil yang tidak nampak dengan pengelihatan mata biasa bernama Sarcoptes scabiei bersarang di bawah kulit telapak tangan.

Telapak tangan akan terasa gatal terutama di malam hari akibat suhu badan yang semakin hangat, kemudian membuat ruam dan bekas keropeng akan muncul. Gatal ini lebih disebabkan karena protein dan feces dari parasit scabies yang tertinggal meski scabies telah dibasmi.

Penyakit ini dapat menular melalui kontak kulit langsung yang lama, maupun melalui pakaian, sprei dan handuk penderita scabies. Penyakit ini juga dapat menular melalui hubungan seksual.

3. Psoriasis

Psoriasis merupakan penyakit peradangan kulit menahun. Meski tidak biasa terjadi pada telapak tangan, namun gejala gatalnya akan terjadi seluruh tubuh termasuk pada telapak tangan. Selain gatal, akan muncul ruam kemerahan, kulit akan menebal kemudian mengelupas, terasa kering serta bersisik.

Penyakit ini sering disebabkan oleh gangguan autoimun. Seperti pada penyakit lupus. Sel darah putih yang seharusnya menyerang penyakit maupun benda asing yang berada dalam tubuh justru berbalik menyerang sel kulit. Mengakibatkan peradangan dan menebal.

4. Gangguan Tiroid

Penderita gangguan tiroid terutama hipertiroid akan sering mengalami kondisi gatal yang tidak hanya terjadi pada telapak tangan, namun jug adapat terjadi di seluruh tubuh penderitanya. Hipertiroid merupakan sebuah kondisi berlebihannya produksi hormon tiroid dalam tubuh seseorang.

Selain gatal, penderita hipertiroid juga mengalami penurunan berat badan secara cepat, berkeringat secara berlebihan, gelisah serta detak jantung yang cepat serta tidak beraturan. Periksakan segera kepada Dokter untuk setiap tanda gejala yang Anda alami.

5. Herpes Zoster

Jenis masalah kesehatan lain yang dapat ditandai dengan perasaan gatal pada telapak tangan adalah Herpes zoster. Sebuah penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus herpes. Bintik kemerahan akan muncul, namun jenis bintik ini berbeda dengan bintik kemerahan pada kondisi dermatitis.

Bintik kemerahan pada herpes kulit akan nampak bergerombol atau mengelompok pada satu area bagian tubuh. Demam dapat mengiringi kondisi gatal. Penyakit ini sangat cepat menular melalui kontak dengan cairan tubuh penderita. Waspada jika terdapat anggota keluarga yang mengalami kondisi gejala seperti yang telah tersebut di atas.

Bagaimana Penanganan Telapak Tangan yang Gatal Akibat Masalah Kesehatan

Setelah mengetahui berbagai masalah kesehatan yang ditunjukkan dengan telapak tangan gatal. Berikut adalah beberapa penanganan tepat mengatasi masalah telapak tangan gatal akibat penyakit infeksi:

1. Salep Steroid

Salep steroid akan diberikan pada permukaan kulit yang gatal terutama pada telapak tangan. Salep ini mengandung steroid yang dapat mengobati peradangan, menhilangkan nyeri serta mempercepat penyembuhan luka.

Premethrinlindane, dan crotamiton merupakan berbagai contoh salep steroid yang dipergunakan untuk mengatasi masalah infeksi kulit akibat kudis atau scabies. Namun perlu Anda ketahui bahwa untuk menggunakan salep kulit pastikan Anda telah membersihkan terlebih dahulu permukaan kulit yang terinfeksi dengan air hangat dan mengeringkan dengan baik.

2. Menggunakan Lotion

Menggunakan lotion atau pelembab merupakan penanganan yang tepat untuk Anda yang mengalami telapak tangan gatal akibat kulit yang mengering akibat perubahan udara yang terlalu dingin. Menggunakan lotion akan melembabkan telapak tangan, meredakan gatal dan mengatasi kulit berkelupas.

3. Antibiotik

Antibiotik diperlukan untuk menghalau beberapa penyakit infeksi akibat parasit maupun jamur yang dapat menyebabkan telapak tangan gatal. Untuk penyakit kudis atau scabies dokter biasanya akan meresepkan obat antibiotik minum yakni ivermectin.

Gunakanlah antibiotik dengan benar dan sesuai dengan resep dokter. Penggunaan antibiotik dengan tidak bijak justru dapat menyebabkan terjadinya resistensi obat. Anda harus mendapatkan obat antibiotik jenis lain yang memiliki dosis dan efek samping lebih tinggi dibandingkan dengan jenis antibiotik oral.

4. Menghindari Kontak dengan Bahan Allergen maupun Bahan Iritan

Penangan tepat selanjutnya adalah menghindari kontak dengan bahan allergen maupun dengan bahan iritan yang menjadi penyebab telapak tangan Anda gatal. Periksakan diri Anda pada klinik alergi untuk mendapatkan penanganan maupun obat yang tepat untuk setiap gejala alergi yang muncul.

Saat ini telah dikenal juga tindakan suntikan imunoterapi allergen, yakni di mana dilaksanakan penyuntikan protein bahan allergen yang telah dilemahkan. Sebagai pemicu timbulnya reaksi imunitas secara bertahap sehingga Anda akan bebas dari kondisi alergi untuk selamanya.

5. Menghindari Kontak secara Langsung dengan Penderita Penyakit Kulit

Terutama pada penyebab telapak tangan gatal akibat penyakit infeksi dan menular. Sangat disarankan untuk menghindari kontak langsung dengan penderita maupun pakaian serta handuk yang digunakan oleh penderita penyakit kulit.

Bila terdapat anggota keluarga yang mengalami kondisi penyakit kulit, pisahkan proses pencucian pakaian, handuk dan sprei nya dengan anggota keluarga yang lain. Bila perlu rendam dalam larutan chlorin dan kemudian jemur di bawah panas matahari sehingga bakteri maupun parasit yang tertinggal pada pakaian tidak menular pada pakaian anggota keluarga yang lain.

6. Menjaga Kebersihan

Langkah terakhir yang paling ampuh dan menjadi kunci terhindarnya Anda dari berbagai macam penyakit menular dan infeksi kulit adalah menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Laksanakan mencuci tangan dengan baik, tidak bergantian menggunakan pakaian dan handuk. Gantilah sprei kamar tidur Anda minimal selama satu kali dalam sebulan.

Begitupula halnya jika Anda memiliki hewan peliharaan seperti kucing dan anjing. Parasit dapat menginfeksi hewan peliharaan Anda, dan menularkan pada Anda. Berikan suntikan obat anti jamur maupun anti kutu pada hewan peliharaan untuk mencegah penularan infeksi pada diri Anda.

Demikian telah tersaji informasi mengenai telapak tangan yang gatal, penyebab dan penanganan tepat. Jika Anda masih mempercayai adanya kepercayaan bahwa Anda akan mendapat rezeki ketika mengalami telapak tangan yang gatal, maka lihat dan cek kembali apakah sebenarnya penyebab gatal tersebut. Semoga artikel ini bermanfaat dan salam sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *