invisible bg invisible ico

Tanda-Tanda Kehamilan 1 Minggu yang Harus Anda Ketahui

Previous 1 2

5. Mual dan Muntah

Secara umum tanda-tanda kehamilan 1 minggu memang membuat wanita menjadi sering mual dan muntah. Bahkan hal ini bisa terjadi sepanjang hari, meskipun pada umumnya hanya terjadi pada pagi hari atau yang biasa disebut dengan istilah morning sickness. Jika Anda mulai sering merasakan mual dan muntah di pagi hari, bisa saja hal tersebut menjadi salah satu tanda kehamilan 1 minggu setelah berhubungan.

6. Sering Buang Air Kecil

Saat Anda sedang hamil muda, janin di dalam rahim secara otomatis akan membutuhkan ruang yang lebih luas. Nah, peluasan rahim tersebut bisa membuat kandung kemih Anda menjadi tertekan dan akan membuat ibu hamil muda biasanya lebih sering buang air kecil. Akan tetapi masalah ini juga bisa disebabkan oleh hal lain dan tidak bisa mutlak ditentukan sebagai tanda-tanda kehamilan 1 minggu.

7. Mudah Lelah

Tanda yang ketujuh yang mungkin Anda rasakan adalah Anda menjadi lebih mudah lelah saat melakukan aktivitas sehari-hari. Bahkan saat melakukan aktivitas kecil pun energi Anda tidak akan seperti biasanya. Jika Anda memiliki riwayat gangguan tekanan darah rendah, Anda bisa sering pingsan karena mengalami kelelahan yang amat sangat. Hal ini harus diwaspadai supaya tidak membahayakan diri Anda.

Selain hal-hal yang telah disebutkan di atas, masih ada beberapa pertanda lain, diantaranya lebih mudah mengantuk, kepala pusing, kemudian bisa juga Anda mengalami sembelit. Selain itu pada masa awal kehamilan suhu basal tubuh (suhu tubuh setelah bangun tidur) akan mengalami kenaikan 1′ celcius, tetapi hal ini akan cukup sulit untuk diamati. Kadang perut kembung atau terasa masuk angin juga dapat menjadi tanda-tanda kehamilan.

Tanda-Tanda Kehamilan 1 Minggu Dilihat Secara Medis

Selain ciri-ciri perubahan fisik yang biasanya terjadi pada wanita yang sedang hamil muda. Dunia medis juga punya cara tersendiri untuk memastikan apakah seseorang sedang benar-benar hamil atau tidak. Belum lagi saat ini dunia medis sudah semakin modern, dan cara memastikan kehamilan seseorang pun semakin akurat. Ada beberapa cara medis yang bisa Anda lakukan untuk memeriksa apakah Anda benar-benar sedang hamil atau tidak.

Cara pertama adalah dengan menggunakan alat tes kehamilan atau yang sering disebut dengan test pack. Alat ini sangat mudah didapatkan termasuk di apotek yang terdapat di lingkungan Anda. Cara yang digunakan adalah dengan melakukan tes urin, dan keakuratannya pun sudah cukup teruji, memiliki tingkat keakuratan mencapai 99%. Untuk melakukan tes ini Anda disarankan melakukannya di pagi hari. Jika Anda positif hamil, maka tanda yang terlihat adalah dua garis, sedangkan jika negatif garis yang terlihat hanya 1. Jika kiranya test pack mengatakan bahwa Anda positif hamil, pastikan dengan memeriksakannya ke dokter kandungan.

Cara medis kedua untuk menentukan tanda-tanda kehamilan 1 minggu adalah dengan pemeriksaan USG. Cara ini diakui adalah yang paling efektif dan paling akurat dibandingkan dengan cara-cara yang sudah dijelaskan sebelumnya. Dengan menggunakan teknologi USG ini Anda akan bisa melihat apakah di dalam kandungan Anda terdapat janin atau tidak, bahkan Anda juga bisa dengan jelas mengetahui keadaan janin Anda di dalam kandungan.

Sekian artikel ini, semoga dapat membantu Anda untuk mengetahui apakah Anda hamil atau tidak. Terima kasih .

Previous 1 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *