invisible hit counter invisible bg invisible ico

Tanda-Tanda Keguguran Hamil Muda yang Perlu Diwaspadai

Tanda-Tanda Keguguran Hamil Muda yang Perlu DiwaspadaiMengetahui informasi mengenai tanda-tanda keguguran hamil muda sangatlah penting karena risiko terjadinya keguguran merupakan ancaman yang menghantui para ibu hamil. Risiko ibu hamil untuk mengalami keguguran cukup besar yaitu 15% – 40%. Kemudian sekitar 60% – 75% keguguran terjadi pada usia kehamilan kurang dari 3 bulan (timester pertama). Namun risiko keguguran tersebut akan menurun pada usia kehamilan di atas 3 bulan. Oleh karena itu sangat penting untuk menjaga janin di dalam kandungan, terutama pada saat hamil muda. Sebab pada saat hamil muda janin masih kecil sehingga masih rawan hancur dan belum terlalu kuat untuk menempel (berpegangan) pada rahim ibu. Keguguran pastinya merupakan hal yang ditakuti oleh ibu hamil. Sebab impian akan hadirnya bayi yang lucu akan musnah ketika seorang wanita hamil mengalami keguguran.

Keguguran adalah suatu keadaan dimana janin keluar sebelum waktunya dan gagal untuk hidup. Ada berbagai faktor yang menyebabkan terjadinya keguguran. Penyebab keguguran hamil muda antara lain yaitu karena kelainan pada sistem hormonal calon ibu. Kelainan tersebut biasanya berupa hormon prolaktin yang terlalu tinggi atau hormon progesteron yang terlalu rendah. Adanya kelainan dalam rahim juga dapat menyebabkan keguguran, yang paling sering yaitu adanya miom yang dapat mengganggu pertumbuhan embrio. Selain itu, keguguran juga dapat ditimbulkan akibat kelainan kromosom, rahim ibu yang lemah, adanya infeksi virus (seperti TORCH, Hepatitis, HIV), gaya hidup (rokok, alkohol, obesitas), menderita penyakit kronis (penyakit jantung, ginjal, DM), serta usia ibu saat mengandung terlalu muda atau terlalu tua (kurang dari 20 tahun atau lebih dari 35 tahun).

Beberapa Tanda-Tanda Keguguran Hamil Muda

Bagi para calon ibu hendaknya selalu memperhatikan setiap hal yang dialami selama masa kehamilan, terutama pada saat hamil muda di mana merupakan masa yang riskan untuk mengalami keguguran. Beberapa tanda-tanda keguguran hamil muda yang harus diwaspadai antara lain sebagai berikut:

1. Adanya flek atau perdarahan

Timbulnya flek atau perdarahan merupakan salah satu dari tanda-tanda keguguran hamil muda. Pada kehamilan yang normal, biasanya juga terjadi flek. Tetapi flek tersebut jumlahnya sedikit dan berlangsung singkat. Flek pada kehamilan terjadi akibat perubahan hormonal dan proses pelekatan sel telur pada dinding rahim. Pada kasus keguguran, flek biasanya berlangsung lama dan terus-menerus. Atau dapat juga berupa terjadi perdarahan yang hebat. Jika menemui tanda tersebut, maka sebaiknya sesegera mungkin untuk periksa ke dokter atau di fasilitas kesehatan terdekat untuk mendapatkan pertolongan. Baca juga: Inilah Jenis Pendarahan saat Hamil Muda yang Perlu Diwaspadai.

2. Kram perut

Anda juga perlu waspada jika mengalami kram perut, sebab bisa jadi merupakan tanda-tanda keguguran hamil muda. Kram perut ini sebenarnya merupakan hal yang wajar dialami oleh wanita yang sedang mengalami hamil muda. Sebab kram ini biasanya disebabkan karena otot dinding rahim yang meregang karena hadirnya janin atau karena adanya proses pergantian produksi hormon progesteron oleh plasenta yang semula diproduksi oleh corpus luteum. Kram di sini rasanya seperti pada kram yang yang terjadi menjelang menstruasi. Tetapi pada tanda keguguran pada umumnya terjadi kram yang hebat. Kram hebat ini biasanya disertai dengan gejala perdarahan. Baca juga: Penyebab Kram Perut saat Hamil Muda dan Cara Mengatasinya.

3. Berkurangnya tanda-tanda kehamilan

Saat hamil, tentunya wanita mengalami tanda-tanda khas kehamilan, seperti mual dan muntah (morning sickness), perubahan pada payudara, mudah lelah dan sebagainya. Pada wanita yang mengalami keguguran, secara moderat (perlahan) tanda-tanda kehamilan tersebut semakin berkurang dan bahkan akan menghilang sama sekali. Oleh karena itu Anda perlu mewaspadai gejala tersebut karena bisa jadi merupakan tanda-tanda keguguran hamil muda. Pada awal kehamilan, morning sickness merupakan pertanda janin sehat dan kuat. Jika morning sickness ini hilang secara tiba-tiba dan disertai dengan gejala lainnya maka sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter agar diperiksa lebih mendalam.

Selengkapnya mengenai tanda-tanda keguguran saat hamil muda bisa Anda baca di halaman berikutnya.

1 2Next

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *