invisible bg invisible ico

Tanaman Obat Batu Ginjal yang Terbukti Sangat Efektif

8 Tanaman Obat Batu Ginjal yang Terbukti Sangat EfektifSeperti yang kita ketahui ada banyak sekali jenis tanaman yang dapat dimanfaatkan sebagai obat alami untuk mengatasi masalah kesehatan seperti batu ginjal. Meskipun saat ini perkembangan ilmu kedokteran sudah semakin maju, namun tak sedikit orang yang lebih memilih untuk menggunakan obat-obatan herbal. Pasalnya tak ada efek samping apapun yang dialami oleh tubuh selama mengonsumsi obat herbal. Berbeda dengan obat dari pabrik yang biasanya mengandung zat kimia dan memiliki efek samping ketika dikonsumsi.

Berbagai Jenis Tanaman Obat Batu Ginjal yang Mudah Ditemukan

Berbicara tentang tanaman obat batu ginjal, sebenarnya di sekitar Anda ada berbagai jenis tanaman yang kandungan di dalamnya sangat ampuh untuk mencegah dan mengobati penyakit batu ginjal. Hanya saja mungkin Anda tidak menyadari khasiat dari tanaman tersebut. Untuk itulah, pada kesempatan kali ini akan diulas tentang beberapa jenis tanaman obat untuk mengatasi batu ginjal yang harus Anda ketahui. Di antaranya adalah:

  • Buah Mengkudu

Buah mengkudu memang sudah terkenal dengan berbagai khasiatnya untuk kesehatan tubuh seperti pengobatan radang ginjal, menurunkan kadar gula darah, menurunkan tekanan darah, dan peluruh kencing. Hal ini karena dalam buah mengkudu terdapat kandungan mineral, terpenoid, asam sitrat, asam malat, morindin, saponin, demnacanthal, acubin, glukosa, alkaloid, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Adapun cara memanfaatkan mengkudu dalam mengatasi batu ginjal adalah mengonsumsi air rebusan buahnya. Tentu saja Anda harus mengupas terlebih dahulu kulit mengkudu sebelum direbus. Namun jika Anda tahan dengan rasa pahit yang dimiliki oleh mengkudu, mengonsumsi buahnya langsung juga dapat menjadi alternatif terbaik.

  • Daun Kemangi

Biasanya daun kemangi ditemukan sebagai pelengkap lalapan. Meskipun disepelekan, namun ternyata kemangi menjadi salah satu tanaman obat batu ginjal yang cukup efektif. Berbagai senyawa dalam daun kemangi memiliki khasiat dalam menyehatkan fungsi ginjal sehingga dapat bekerja secara optimal.

Untuk mengonsumsinya, Anda dapat memakannya langsung bersama dengan menu makanan Anda. Selain itu, Anda juga dapat menjadikan kemangi sebagai jus. Apabila Anda rutin mengonsumsi kemangi setidaknya selama 6 bulan secara rutin, maka penyakit batu ginjal yang Anda alami dapat disembuhkan. (baca juga: mengenal berbagai macam tanaman obat dan khasiatnya)

  • Kumis Kucing

Tanaman obat batu ginjal yang selanjutnya adalah kumis kucing. Tanaman yang satu ini juga sangat terkenal dalam mengobati batu ginjal. Kumis kucing memiliki ukuran kecil dan bunga putih yang membentuk seperti kumis hewan kucing. Bagian bunga inilah yang dapat digunakan untuk membantu meluruhkan batu ginjal.

Khasiat lain yang dimiliki oleh tanaman dengan nama Latin Orthosiphon Stamineus ini juga mampu memberikan rangsangan pada ginjal dalam mengeluarkan urine. Urine yang dapat keluar dengan jumlah banyak akan membawa serta ion dan natrium yang menyebabkan kristalisasi batu ginjal. Adapun cara mengonsumsinya adalah meminum rebusan daun kumis kucing secara teratur di pagi dan malam hari selama 1 bulan.

  • Daun Sukun

Tanaman obat tradisional lain yang memiliki manfaat mengobati batu ginjal adalah daun sukun. Bahan alami yang satu ini berkhasiat membantu meluruhkan batu ginjal. Adapun kandungan senyawa yang terdapat dalam daun sukun adalah asam hidrosianat, tanin, flavonoid, aseticolin, dan riboflavin. Semua kandungan tersebut memiliki fungsi untuk menjaga kesehatan ginjal dan mengobati penyakit batu ginjal yang Anda alami.

Untuk cara mengonsumsinya, Anda dapat mengambil sekitar 4 lembar daun sukun. Setelah itu, rebus daun tersebut dalam 800 ml air atau sekitar 4 gelas. Ketika direbus, aduk daun sukun hingga hancur. Apabila air tinggal setengahnya, dinginkan rebusan tersebut. Selanjutnya, saring rebusan daun sukun dan minum airnya sebanyak 2 kali sehari.

  • Daun Binahong

Tanaman lain yang dapat mengobati batu ginjal adalah daun binahong. Dari dulu, tanaman yang satu ini memang sudah terkenal sebagai obat herbal untuk mengatasi batu ginjal. Cara mengolahnya pun sangat mudah yakni seperti mengolah daun sukun sebagai tanaman obat batu ginjal. Bagi Anda yang menderita batu ginjal, konsumsi rebusan daun binahong pada pagi hari setelah sarapan, siang hari, dan malam hari sebelum tidur.

  • Mahkota Dewa

Mahkota dewa merupakan jenis tanaman obat keluarga atau toga yang mudah ditemukan di sekitar lingkungan rumah. Tak hanya untuk kesehatan, makota dewa juga kerap digunakan untuk kecantikan. Adapun kandungan alami yang terdapat pada mahkota dewa adalah alkanoid, saponin, polifenol, dan flavonoid. Senyawa tersebut memiliki peran aktif untuk membuat ginjal bekerja secara maksimal.

Adapun langkah untuk memanfaatkan tanaman obat batu ginjal ini adalah dengan mengambil sekitar 3 buah mahkota dewa. Setelah itu, iris tipis-tipis daging mahkota dewa. Rebus irisan buah tersebut dengan 4 gelas air. Tunggu hingga air menyusut dan tinggal setengah. Kemudian, saring rebusan air tersebut dan minumlah sebanyak 2 kali sehari untuk mendapatkan khasiatnya.

  • Daun Sirsak

Siapa yang tak kenal dengan obat herbal alami yang satu ini? Ya, daun sirsak memang sudah sangat terkenal dengan berbagai khasiat di dalamnya. Hal ini karena dalam daun sirsak terdapat banyak sekali senyawa yang fungsinya untuk membantu menjaga kesehatan tubuh serta mengobati berbagai penyakit. Tak heran apabila daun sirsak kerap digunakan untuk mencegah kanker, menurunkan kadar gula darah, mengobati ginjal, dan lain sebagainya.

Untuk memanfaatkannya, Anda dapat mengambil sekitar 4 lembar daun sirsak yang telah matang, jangan yang terlalu muda atau terlalu tua. Setelah itu, rebus daun tersebut dengan air secukupnya. Tunggu hingga mendidih. Kemudian minum rebusan air dan sirsak secara rutin setidaknya sebanyak 2 kali sehari. (baca juga: ketahui khasiat air rebusan daun sirsak yang luar biasa)

  • Daun Keji Beling

Tanaman yang satu ini mungkin masih jarang terdengar di telinga Anda. Dalam mengatasi permasalahan batu ginjal, daun keji beling memiliki berbagai kandungan seperti vitamin B1, vitamin B2, vitamin C, serta berbagai senyawa seperti ferum, fosfor, asam silat, kalsium, dan natrium. Kandungan alami tersebut akan membantu sistem kerja ginjal sekaligus meluruhkan batu ginjal.

Itulah beberapa jenis tanaman alami yang dapat membantu mengatasi permasalahan penyakit batu ginjal. Sebagai obat-obatan herbal, tentu saja tak akan ada efek samping yang membahayakan tubuh ketika Anda mengonsumsi bahan-bahan alami di atas.

Mengetahui Gejala Batu Ginjal yang Dapat Dirasakan

Anda telah memahami tanaman apa saja yang dapat mengobati batu ginjal. Kini saatnya mengetahui gejala apa saja yang akan Anda alami ketika menderita penyakit batu ginjal. Di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Sering merasakan mual dan muntah. Gejala ini biasanya diringi dengan munculnya rasa sakit berlebih pada bagian pinggul serta demam tinggi
  • Ketika kencing, kaki akan merasakan nyeri
  • Jika kondisi batu ginjal sudah parah, maka ketika kencing, akan keluar darah bersama dengan urine
  • Nafsu makan berkurang drastis karena rasa sakit yang muncul di area bawah perut
  • Penderita terkadang akan mengalami sesak napas, lelah, dan lemas
  • Terjadi pembengkakan pada bagian pergelangan kaki dan tangan

Apabila Anda telah mengalami gejala-gejala di atas, maka sangat disarankan untuk pergi ke dokter. Hal ini agar Anda dokter dapat memberikan diagnosa tepat terkait penyakit yang sedang Anda derita. Demikian sedikit ulasan tentang tanaman obat batu ginjal serta gejala apa saja yang akan dialami. Semoga bermanfaat .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *