invisible hit counter invisible bg invisible ico

Tahap Perkembangan Bayi 10 Bulan dan Cara Merawatnya

Tahap Perkembangan Bayi 10 Bulan dan Cara MerawatnyaPerkembangan bayi 10 bulan pasti sudah menunjukan kemajuan yang sangat pesat, dan tentunya hal tersebut akan memberikan kebahagiaan tersendiri bagi kedua orang tuanya. Setelah menanti kurang lebih sembilan bulan, akhirnya 10 bulan sudah si anak terlahir ke dunia dan telah mengalami banyak perkembangan. Ada banyak hal yang sudah bisa dilakukan oleh buah hati Anda ketika sudah menginjak usia 10 bulan. Mulai dari aktivitas fisik atau aktivitas emosionalnya sudah mulai berkembang dan lebih mudah diajak berinteraksi. Nah, sebagai orang tua tentunya Anda wajib selalu mengikuti perkembangan buah hati Anda dan juga tahu bagaimana cara merawat bayi Anda dengan benar. Anda juga harus selalu memerhatikan apa saja makanan bayi usia 10 bulan yang baik dan benar supaya tumbuh kembangnya akan berjalan dengan baik. So, pada artikel kali ini kami akan membahas berbagai macam hal terkait perkembangan buah hati Anda menginjak usia 10 bulan.

Perkembangan Bayi 10 Bulan Baik Secara Fisik Ataupun Emosional

Pada usia 10 bulan, biasanya bayi sudah mulai pandai mengatur posisi tubuhnya sendiri tanpa bantuan orang lain. Tanpa Anda sadari buah hati Anda sudah mulai bisa duduk sendiri dan menggubah posisinya tanpa bantuan orang lain. Bayi juga sudah mulai bisa merambat dengan berpegangan dinding atau benda di sekitarnya dan bisa berdiri dengan usahanya sendiri dalam waktu yang cukup lama. Oleh karena itu sebaiknya Anda memerhatikan barang-barang apa saja yang ada di sekitar oleh anak, supaya tidak berbahaya saat dipegang dan dijadikan tumpuan untuk merambat.

Ketika usia buah hati Anda sudah mulai mendekati 1 tahun, Anda juga harus mulai melatihnya untuk menatih bayi Anda. Ajarkan buah hati Anda untuk melangkah perlahan-lahan. Dengan demikian perkembangan bayi 10 bulan akan semakin baik dan semakin cepat. Jika dibandingkan dengan bulan-bulan sebelumnya, bayi Anda biaanya sudah mulai bisa memanfaatkan kedua tangannya dengan lebih sempurna. Anak Anda bisa memegang mainannya dengan baik dan tanpa terlepas, bahkan dia juga mulai bisa menggerakan mainannya ke kanan dan ke kiri atau ke atas dan ke bawah.

Anda juga bisa mulai mengajarkan bayi bertepuk tangan saat ia melakukan suatu hal yang membanggakan. Misalnya Anda memintanya untuk mengambilkan suatu barang, jika berhasil ajarkan dia untuk bertepuk tangan. Berikan pujian kepada buah hati Anda setelah ia berhasil melakukan suatu hal yang Anda perintahkan. Jangan lupa berikan simbol cinta dan kasih sayang Anda berupa kecupan, usapan, pujian secara verbal, dan sebagainya. Nah, yang perlu menjadi perhatian Anda saat perkembangan bayi 10 bulan mungkin adalah keberadaan Anda yang sudah semakin penting bagi bayi. Pasalnya orang tua adalah orang yang selalu ada untuk bayi dan sudah sangat dikenali oleh bayi sejak masih ada di dalam kandungan. Maka dari itu buah hati Anda akan lebih sulit ditinggal atau digendong oleh orang yang baru dikenalnya.

Sikap Orang Tua Menanggapi Bayi Berusia 10 Bulan

Sebagai orang tua Anda juga harus pandai bersikap bagaimana harus merawat anak Anda yang masih berusia 10 bulan ini supaya lebih baik kedepannya. Pada usia ini biasanya si anak akan mulai lebih aktif melakukan eksplorasi lingkungan sekitarnya. Dia akan mencari benda-benda baru yang ingin dia ambil. Maka dari itu pastikan bahwa Anda menjaga lingkungan bayi supaya tetap aman untuknya. Pergerakan bayi akan semakin banyak, dan sebagai orang tua Anda pasti akan mulai kewalahan saat menjaganya. Secara umum dan jika perkembangannya normal, pada usia 10 bulan bayi biasanya mulai bisa merangkak dengan cepa, meskipun memang tidak semua bayi memiliki waktu perkembangan yang sama persis.

Artikel ini bersambung ke halaman 2 dengan melanjutkan membahas tentang cara merawat anak berusia 10 bulan dan juga makan yang cocok untuk bayi usia 10 bulan.

1 2Next

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *