invisible bg invisible ico

Sifat Golongan Darah O, Terlahir sebagai Pemimpin

Sifat Golongan Darah O: Pemimpin yang Terlahir AlamiAnda memiliki teman bergolongan darah O yang sangat ambisius, dan penasaran apakah sifat golongan darah O pada umumnya memang begitu? Sebelum membahas tentang kaitan antara golongan darah dan kepribadian, ada baiknya kita terlebih dahulu memahami bagaimana cara ilmuwan kita mengelompokkan darah. Hal mendasar yang harus kita ingat adalah bahwa golongan darah tiap individu tidak sama dan dikelompokkan menurut teknik tertentu. Ada dua macam teknik pengelompokan darah yang perlu kita ketahui. Yang pertama adalah menggunakan sistem ABO. Melalui sistem ini, Anda akan mengetahui apakah golongan darah Anda A, B, AB, atau O. Yang kedua adalah menggunakan sistem rhesus (Rh) sehingga seseorang akan mengetahui apakah ia memiliki status rhesus negatif atau positif.

Golongan darah tiap individu ditentukan dari antigen dan antibodi yang terdapat pada darah. Antigen terdapat pada eritrosit atau sel darah merah, sedangkan antibodi terdapat pada plasma darah. Antigen berfungsi layaknya ‘tanda pengenal’ bagi sel tubuh kita, agar tubuh dapat membedakan mana sel yang berasal dari tubuh sendiri dan mana sel yang berasal dari luar tubuh.

Jika tubuh dimasuki sel dengan antigen yang berlawanan, maka sistem kekebalan tubuh akan melawan sel yang dianggap asing tersebut dan memproduksi antibodi. Golongan darah A misalnya, memiliki antigen A pada eritrositnya, dan di saat yang sama ia memiliki antibodi anti-B dalam plasmanya. Golongan darah B memiliki antigen B dan memiliki antibodi anti-A. Golongan darah AB memiliki antigen A dan B, namun tidak memiliki antibodi. Golongan darah O tidak memiliki antigen, namun memiliki antibodi anti-A dan anti-B.

Membicarakan tentang golongan darah A, B, AB, maupun O, tidak lepas dari ‘pengetahuan umum’ yang pernah kita dapatkan, yang menyebutkan bahwa pemilik golongan darah O dapat mendonorkan darahnya kepada siapapun (kira-kira ada hubungannya tidak ya, dengan sifat golongan darah O yang secara alami selalu tampil menonjol?), namun hanya dapat menerima transfusi darah dari tipe O saja. Sebaliknya, pemilik golongan darah AB hanya dapat mendonorkan darahnya pada tipe AB saja, namun dapat menerima transfusi darah dari tipe A, B, AB, maupun O.

Seiring dengan teknologi dan pengetahuan yang semakin maju, ilmu tersebut mulai ditinggalkan. Kini seseorang hanya dapat mendonorkan atau menerima transfusi darah dari individu yang memiliki golongan darah yang sama. Dengan kata lain, pemilik golongan darah O hanya dapat mendonorkan darahnya kepada sesama pemilik golongan darah O. Sedangkan pemilik golongan darah AB hanya dapat menerima transfusi darah dari sesama pemilik golongan darah AB.

Sifat Golongan Darah O Menurut Teori dari Jepang

Sekitar tahun 1927-1930, seorang ilmuwan dari Jepang bernama Tokeji Furukawa menerbitkan tulisannya yang mengklaim bahwa pengelompokan golongan darah A, B, AB, dan O merefleksikan kepribadian pemilik masing-masing golongan darah tersebut. “Ketsueki-gata“, atau pengelompokan golongan darah sesuai teori yang disusun oleh Furukawa, memang tidak begitu populer di dunia barat. Namun di Jepang, Korea Selatan, dan beberapa negara Asia lainnya, metode ini mendapat tempat tersendiri.

Sifat golongan darah O umumnya ambisius, golongan darah A cenderung banyak pertimbangan sebelum melakukan sesuatu, golongan darah B cenderung memiliki perilaku yang bebas dan easy going, sedangkan golongan darah AB kebanyakan pemalu. Saking mengakar kuatnya metode yang menghubungkan golongan darah dengan satu set karakteristik kepribadian tersebut, acara televisi, surat kabar, dan buku yang mengulas detail tentang hubungan golongan darah dengan kepribadian manusia laris terjual. Bahkan, banyak juga yang berusaha memilih pasangan hidup dari golongan darah tertentu.

Percaya diri adalah sifat golongan darah O yang paling menonjol. Kebanyakan pemilik golongan darah O bersifat teliti dan memiliki tujuan hidup yang ingin dicapai bahkan hingga poin-poin yang terdetail sekalipun. Tidak hanya pintar merumuskan tujuan hidup dan cita-citanya, pemilik golongan darah O juga akan berupaya sekuat tenaga untuk mewujudkannya.

Perlu mental yang kuat bagi seseorang untuk tetap fokus meraih tujuan. Pemilik golongan darah O memiliki mental yang kuat tersebut, dan mereka menyadari benar bahwa hal itu adalah salah satu kelebihan yang mereka miliki, sehingga mereka menjadi sangat percaya diri karenanya. Kadang-kadang memang mereka tidak memiliki rencana yang cukup matang untuk melangkah ke arah selanjutnya, namun mereka cukup kuat untuk tetap bertahan dengan cara cepat menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Selain memiliki rasa percaya diri yang tinggi, sifat golongan darah O yang lainnya adalah:

  • Ambisius

Jika Anda memiliki rekan kerja yang merupakan pemilik golongan darah O, jangan heran apabila terkadang Anda sulit mengejar ritme kerjanya. Pemilik golongan darah O tidak mudah merasa puas dengan situasi saat ini, dan merasa tidak tenang apabila meninggalkan suatu pekerjaan dalam keadaan belum selesai. Akan tetapi bagi perusahaan yang berorientasi pada hasil, karyawan dengan golongan darah O dapat menjadi aset yang tak ternilai harganya karena mereka sangat serius memenangkan sesuatu, dan akan berupaya sebaik mungkin untuk meraih hasil yang terbaik.

Sifat golongan darah O yang mudah terbaca adalah mereka sangat kompetitif. Fokus mereka adalah pada apakah dapat membuat progres yang lebih baik daripada kemarin dan hari ini. Karena itulah, orang dengan golongan darah O sangat cocok menjadi pemimpin. Pilihan profesi apa yang cocok bagi pemilik golongan darah O? Akuntan, politisi, pengusaha, dan terapis adalah profesi-profesi yang dapat dijalani dengan baik oleh pemilik golongan darah O.

  • Berorientasi pada lingkungan sosial

Setelah membaca poin pertama di atas, mungkin di benak Anda akan terbayang sifat golongan darah O yang dingin dan hanya berorientasi pada dirinya sendiri. Jangan salah, pemilik golongan darah O sebenarnya adalah pribadi yang ceria, perhatian, dan menghargai hubungan dengan orang-orang di sekitarnya.

Mereka dapat bicara dengan jujur pada semua orang dan memiliki jaringan pertemanan yang luas, baik dengan sebaya, senior, atau juniornya. Sebagai manusia, mustahil untuk selalu meraih keberhasilan dalam hidup. Pemilik golongan darah O memang bisa menjadi sangat terpuruk apabila mereka gagal. Namun sekali mereka mampu mengambil hikmah dari kegagalannya, mereka akan menjadi lebih bijak dan hal tersebut akan menambah karismanya dalam menjalin hubungan sosial.

  • Idealis

Orang dengan golongan darah O bersifat idealis. Namun dalam urusan percintaan, pemilik golongan darah O adalah orang yang romantis. Mereka dapat memahami perasaan orang lain dan cenderung intuitif, yang artinya mereka dapat saja mengambil keputusan-keputusan dengan hanya dipandu oleh kata hati. Sifat golongan darah O yang romantis ini yang membuat mereka bersikap lembut pada sesama manusia, hewan dan tumbuhan. Kebanyakan dari mereka dapat menjalani hidup yang bahagia tidak hanya dengan pasangan, namun juga dengan hewan peliharaan dan tanaman kesayangan.

  • Ulet

Pemilik golongan darah O memiliki kecenderungan untuk menapak di jalan yang berliku, yang artinya kebanyakan pilihan hidup yang mereka ambil tidaklah mudah. Namun bagi mereka hal itu bukanlah masalah karena mereka justru sangat menikmati langkah-langkah menaklukkan segala rintangan tersebut. Dengan kata lain, mereka sangat menikmati tantangan. Demikian pula dalam hal percintaan. Tidak heran jika sifat golongan darah O yang demikian membuat mereka menjadi sosok yang sangat setia.

  • Sederhana dan realistis

Orang dengan golongan darah O menyukai kesederhanaan baik dalam makna sesungguhnya maupun konotatif. Kesederhanaan dalam makna sesungguhnya artinya pemilik golongan darah O adalah orang yang bersahaja dan mereka menikmati kebersahajaan mereka itu. Dalam makna yang lebih luas, pemilik golongan darah O menyukai apabila urusan-urusan yang ada di sekitar mereka bisa disederhanakan.

Pemilik golongan darah O selain simpel juga realistis. Apabila mereka melihat sesuatu sepertinya tidak mungkin bisa dicapai (berdasarkan sumber daya dan kemungkinan-kemungkinan yang ada), betapapun menggodanya hal tersebut mereka akan memilih untuk tidak mengejarnya. Sifat golongan darah O tersebut bukan berarti mereka mudah menyerah, namun lebih pada tidak oportunis dan realistis terhadap keadaan.

Sifat Golongan Darah O yang Berhubungan dengan Kesehatan

Dikatakan bahwa ada banyak penelitian yang mencoba menjelaskan apakah golongan darah memang berkaitan dengan pola kesehatan seseorang. Para ahli mempercayai bahwa terdapat hubungan yang erat antara golongan darah individu dengan kecenderungan penyakit yang diderita. Dengan kata lain, seseorang mungkin mudah terserang penyakit tertentu, sementara orang lain dengan golongan darah berbeda memiliki ketahanan tubuh yang lebih tinggi terhadap penyakit yang sama.

Secara fisik, pada umumnya orang dengan golongan darah O memiliki tubuh yang kuat dan dapat menguasai macam-macam olahraga. Sifat golongan darah O yang ada kaitannya dengan kesehatan adalah bahwa individu dengan golongan darah O dipercaya lebih rentan terkena sariawan, ulcer atau tukak lambung (luka yang muncul pada dinding lambung akibat terkikisnya lapisan dinding lambung) dan masalah lain yang berhubungan dengan pencernaan.

Apabila Anda memiliki golongan darah O, sangat penting untuk memperhatikan posisi ergonomis dalam aktivitas Anda sehari-hari karena golongan darah O rentan mengalami kerobekan pada tendon Achilles atau tendon calcaneus (sekumpulan jaringan ikat yang menghubungkan jaringan otot dengan tulang pada bagian belakang tungkai bawah).

Sifat golongan darah O diantaranya adalah memiliki rasa percaya diri yang tinggi, pintar menetapkan tujuan hidup, dan berkemauan kuat. Untuk itu tidak heran apabila dalam proses pemilik golongan darah O meraih apa yang sudah mereka cita-citakan, mereka sangat berpotensi menjadi workaholic atau gila kerja. Jam kerja yang berlebihan apabila tidak diimbangi dengan konsumsi makanan yang bergizi, asupan cairan yang cukup, dan istirahat yang berkualitas tentu saja dapat mempengaruhi kesehatan seseorang. Inilah yang harus diwaspadai oleh pemilik golongan darah O.

Namun jangan kuatir. Apabila Anda memiliki golongan darah O, berita baiknya adalah bahwa pemilik golongan darah O lebih rendah resikonya mengalami kanker pankreas juga malaria. Meskipun demikian, orang dengan golongan darah O ibarat ‘magnet’ bagi nyamuk, yang membuatnya lebih banyak digigit nyamuk dibandingkan dengan individu pemilik golongan darah lainnya.

Mengetahui sifat golongan darah O, apalagi yang ada kaitannya dengan kesehatan, tidak lantas membuat kita menjadi paranoid terhadap kondisi-kondisi atau penyakit-penyakit yang dikatakan rentan menyerang. Juga tidak lantas membuat kita menganggap remeh penyakit tertentu karena merasa lebih kebal dibandingkan dengan pemilik golongan darah lainnya. Informasi-informasi tersebut semestinya dimanfaatkan dengan bijak. Semoga bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *