invisible hit counter invisible bg invisible ico

Serba-Serbi Susu untuk Ibu Hamil yang Sebaiknya Anda Ketahui

Previous 1 2 3Next
  • Mencegah Diabetes atau Kencing Manis

Manfaat susu untuk ibu hamil tidak hanya berhenti pada masa kehamilan, perkembangan janin dan masa setelah kelahiran. Ternyata, ibu yang rutin mengkonsumsi susu selama masa kehamilannya akan melahirkan anak dengan kadar insulin yang lebih tinggi di dalam darahnya. Dan keadaan ini didapatkan sampai anak menginjak usia remaja. Insulin adalah hormon yang dapat menurunkan kadar gula darah, dan kekurangan hormon ini dapat menimbulkan penyakit diabetes mellitus atau kencing manis.

  • Anak Lebih Tinggi

Manfaat jangka panjang dari susu untuk ibu hamil ternyata tidak hanya mampu mencegah penyakit kencing manis, namun juga dapat membantu pertumbuhan tinggi anak. Penelitian yang dilakukan oleh European Journal of Clinical Nutrition menyatakan bahwa ibu yang rutin mengkonsumsi susu dalam jumlah optimal saat masa kehamilannya akan melahirkan bayi yang lebih panjang disbanding mereka yang tidak rutin mengkonsumsi susu. Pertumbuhan ini tidak hanya berhenti di situ, namun juga anak akan mempunyai tinggi badan yang lebih tinggi ketika ia memasuki masa remaja dan bahkan dewasa muda.

Perlukah Susu Formula Untuk Ibu Hamil?

Setelah mengetahui manfaat susu untuk ibu hamil, kini tentunya Anda ingin mengkonsumsi susu selama masa kehamilan Anda. Namun, pertanyaan berikutnya adalah perlukah saya mengkonsumsi susu formula khusus yang dibuat untuk ibu hamil? Sebelum mengetahui jawabannya, para ibu harus mengetahui bahwa selama masa kehamilan, ibu memerlukan banyak nutrisi tambahan, bahkan lebih daripada nutrisi yang telah disebutkan di atas.

Ibu hamil membutuhkan banyak nutrisi tambahan selama masa kehamilannya. Beberapa jenis nutrisi yang harus ibu peroleh selama masa kehamilan adalah asam folat, zat besi, DHA, omega 3, asam linoleat, berbagai macam Vitamin B dan hampir seluruh jenis asam amino esensial. Selain itu, perlu diingat bahwa banyak kejadian semeblit atau konstipasi yang diderita ibu pada masa kehamilannya. Konstipasi terutama sering menyerang ibu yang jarang mengkonsumsi serat yang terdapat di sayuran dan buah-buahan.

Nutrisi-nutrisi tersebutlah yang ditawarkan produk formula susu untuk untuk ibu hamil. Bahkan beberapa susu untuk ibu hamil yang dijual di pasaran mengandung probiotik dan sedikit serat untuk membantu ibu terhindar dari sembelit atau konstipasi. Selain itu, produk susu untuk ibu hamil pun dibuat sedemikian rupa agar rasa susu formula tersebut sesuai dengan kondisi ibu hamil yang sering mengalami mual saat masa kehamilan. Dari informasi di atas dapat disimpulkan bahwa susu formula untuk ibu hamil menawarkan satu jenis produk yang lengkap menawarkan semua nutrisi yang harus ibu peroleh selama masa kehamilan plus rasa yang tidak merangsan sensasi mual dan muntah.

Jadi, jawaban dari pertanyaan mengenai kebutuhan susu formula untuk ibu hamil adalah kembali ke pribadi ibu masing-masing. Bila ibu hamil tidak dapat mengkonsumsi makanan dengan bermacam gizi setiap harinya maka produk susu untuk ibu hamil yang telah diformulasikan dapat menjadi solusi. Namun mengkonsumsi susu sapi biasa sudah cukup memberi manfaat bagi ibu yang dapat memenuhi kebutuhan gizi hariannya dari menu makanan sehat sehari-hari.

Jenis dan Cara Minum Susu Untuk Ibu Hamil yang Tepat

Ibu hamil yang ingin minum susu sapi biasa untuk kondisi kehamilannya sebaiknya mengetahui cara meminum susu yang benar dan jenis susu yang benar untuk ia konsumsi selama masa kehamilan. Pilihan terbaik susu untuk ibu hamil ialah skim milk atau susu tanpa lemak. Susu full cream atau whole milk memang mengandung nutrisi yang ibu hamil butuhkan, namun lemak yang terdapat pada jenis susu tersebut dapat meningkatkan berat badan ibu dengan drastis. Dan konsumsi lemak berlebih tersebut setiap harinya dapat meningkatkan risiko kanker bagi ibu. Pilihlah jenis susu skim milk atau susu yang hanya mengandung 1% lemak.

Artikel mengenai serba-serbi manfaat susu untuk ibu hamil ini berlanjut ke halaman berikutnya.

Previous 1 2 3Next

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *