invisible bg invisible ico

Serba-Serbi Kehamilan 13 Minggu, Kondisi Ibu dan Perkembangan Janin

Kondisi Janin Ibu Hamil 13 MingguHamil 13 minggu adalah masa di mana perut ibu terlihat mulai membesar. Pada usia kehamilan ini, memberikan asupan nutrisi dan gizi yang tepat untuk buah hati harus benar-benar diperhatikan oleh ibu. Berbeda saat janin masih memasuki bulan pertama hingga ketiga, di mana ibu hamil masih sering merasakan mual, di usia kandungan 3 bulan, kondisi tubuh akan terasa lebih sehat. Ada beberapa hal yang harus diketahui saat usia kandungan memasuki 13 minggu.

Hal-Hal yang Dirasakan oleh Ibu Saat Hamil 13 Minggu

Setiap calon ibu akan mendapatkan kebahagiaan tiada tara saat janin berjuang untuk tumbuh hingga memasuki bulan ke 3. Terlebih apabila kondisi janin dalam keadaan sehat. Berikut adalah beberapa hal yang akan dirasakan ibu saat memasuki usia kehamilan 3 bulan.

  • Tubuh Cepat Lelah

Tubuh ibu akan cepat merasakan lelah meskipun hanya melakukan aktifitas ringan. Ini adalah hal yang wajar saat masa kehamilan memasuki minggu ke 13. Untuk itu, jangan lupa memperbaiki asupan makanan dan konsumsi suplemen kesehatan penambah darah apabila diperlukan.

  • Sering Buang Air Kecil

Ibu juga lebih sering buang air kecil. Mengapa? Hal ini karena terdapat tekanan pada kandung kemih ibu karena terdapat janin yang telah membesar di perut. Tak hanya itu, janin usia 13 minggu juga telah mampu memproduksi urine sehingga ibu pun lebih sering buang air kecil.

  • Terkadang Pandangan Kabur

Tak sedikit ibu hamil bulan ke 3 yang merasakan pandangan kabur secara tiba-tiba. Hal ini merupakan pengaruh dari kurangnya asupan vitamin dan nutrisi pada makanan. Untuk itu, perbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran. Bila perlu, pergi ke dokter untuk mendapatkan saran bagi kesehatan ibu dan janin dalam kandungan.

Kondisi Janin yang Ada di Dalam Kandungan

Hal lain yang perlu diketahui adalah posisi janin yang ada dalam kandungan. Mengapa? Karena minggu ke 13 adalah fase di mana janin yang sebelumnya berwujud embrio telah memiliki bentuk seperti halnya manusia. Ada beberapa hal yang perlu diketahui tentang perkembangan janin yang berusia 13 minggu.

  • Posisi Janin

Saat hamil 13 minggu, posisi bayi masih belum terlalu turun ke perut, namun masih berada di atas dengan posisi setengah duduk. Berbeda dengan saat masih berbentuk embrio, janin yang telah menyerupai bentuk manusia ini lebih peka terhadap rangsangan. Rangsangan yang dimaksud adalah berupa usapan pada perut ibu hamil. Meski demikian, pada tahap ini janin masih belum dapat memberikan respon terhadap rangsangan.

  • Panjang dan Berat Janin

Berbicara tentang ukuran janin dalam kandungan, kehamilan 13 minggu merupakan usia di mana bayi sudah mulai menguat. Pada umumnya, panjang bayi pada masa ini adalah sekitar 6,5 cm sampai 6,8 cm. Sedangkan untuk beratnya, umumnya sekitar 23 gram. Semakin besar ukuran janin, maka tak menutup kemungkinan si ibu merasakan kembali rasa mual dan muntah.

Keluhan Ibu Hamil 3 Bulan dan Cara Mengatasinya

Setelah mengetahui tentang hal yang dirasakan oleh ibu saat memasuki kehamilan minggu ke 13, hal lain yang juga harus diketahui adalah tentang keluhan yang biasanya dirasakan oleh ibu. Berikut daftar keluhan ibu hamil dan cara mengatasinya.

  • Terserang Demam dan Flu

Pada kondisi normal, demam atau flu terjadi karena tubuh sedang melawan virus dan infeksi yang menyerang. Pada ibu hamil, terkadang juga merasakan hal ini karena kondisi tubuhnya yang lebih rentan terserang virus. Untuk itu, ibu sangat direkomendasikan untuk banyak minum air putih serta memakan makanan bernutrisi.

Namun apabila demam yang dirasakan terlalu sering atau berlangsung lama, maka ada beberapa kemungkinan yang terjadi seperti dehidrasi, infeksi bakteri, penyakit auto imun, dan heat stroke. Untuk mengatasi demam yang tak kunjung turun pada ibu, langkah paling tepat adalah membawanya ke dokter. Beberapa pemeriksaan yang perlu dilakukan untuk mencari penyebab demam pada ibu hamil 13 minggu adalah tes darah, USG, dan tes urine.

  • Muncul Flek

Munculnya flek di usia kehamilan 13 minggu juga merupakan hal yang wajar. Flek muncul karena perubahan hormonal pada tubuh yang berakibat ibu mudah lelah, cepat lapar, mudah mengantuk, dan sebagainya. Meski demikian, ibu hamil juga harus tetap waspada karena terkadang munculnya flek hitam menjadi tanda awal keguguran.

Selain karena perubahan hormonal, ada penyebab lain mengapa muncul flek pada tubuh ibu hamil. Penyebab tersebut di antaranya adalah infeksi rahim, kontraksi rahim setelah berhubungan dengan suami, terlalu lelah, dan hamil anggur. Untuk itu, tak ada salahnya pergi ke dokter untuk memeriksa kesehatan janin demi menghindari risiko yang membahayakan ibu dan janin.

  • Nyeri saat Buang Air Kecil

Keluhan lain yang sering dialami oleh ibu dengan usia kandungan 13 minggu adalah rasa nyeri saat buang air kecil. Meski terlihat sepele, namun nyeri buang air kecil juga harus diwaspadai. Faktor paling umum yang menyebabkan nyeri adalah tertekannya kandung kemih oleh rahim.

Penyebab lain yang berbahaya untuk kesehatan janin dan ibu yang nyeri buang air kecil adalah karena kekurangan cairan, iritasi saluran kemih, dan infeksi batu saluran kemih. Untuk mencegahnya, disarankan meminum minimal 8 gelas air putih setiap hari.

  • Nafsu Makan Menurun

Hilangnya nafsu makan akan memengaruhi kondisi berat badan ibu dan tentunya pada janin dalam kandungan. Pada umumnya, nafsu makan ibu akan menurun hingga bulan ke 3 kehamilan. Namun tak sedikit yang kehilangan nafsu makan hingga bulan ke 9.

Cara mengatasi keluhan ini adalah dengan mengonsumsi makanan bergizi lebih sering namun dengan porsi kecil saja. Misalnya satu porsi makanan sehat dihabiskan dalam 6 hingga 7 kali makan. Tak hanya itu, istirahat yang cukup juga dapat membuat nafsu makan kembali lagi.

  • Kram Perut

Keluhan lain pada ibu hamil 13 minggu adalah kram perut. Tak sedikit ibu yang mengalami hal ini. Ada beberapa penyebab terjadinya kram perut pada ibu hamil yakni tekanan otot, pembuluh darah, dan sendi karena kondisi rahim yang mulai membesar. Tak hanya itu, braxton hicks atau kontraksi palsu dan gas yang terlalu banyak dalam perut juga dapat menyebabkan kram perut.

Adapun kondisi yang harus diwaspadai saat terjadi kram perut adalah saat munculnya cairan pada jalan lahir. Jika hal ini terjadi, kemungkinan terjadi hal yang tak normal pada kondisi janin dalam kandungan. Satu-satunya solusi adalah pergi ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis.

Itulah sedikit ulasan tentang kondisi ibu hamil dan perkembangan janinnya pada usia kehamilan 13 minggu. Hal yang perlu diperhatikan adalah jangan ragu untuk pergi ke dokter apabila ibu merasakan hal yang tak normal pada janin. Selain itu, bagi Anda yang hamil muda, selalu jaga kesehatan dengan konsumsi makanan yang sehat dan mengandung vitamin serta protein. Dengan begitu, maka baik kondisi ibu hamil ataupun janin tetap sehat hingga masa melahirkan tiba.untuk mencegah terjadinya berbagai keluhan tersebut, selalu jaga pola hidup sehat dengan konsumsi makanan bergizi tinggi. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *