invisible bg invisible ico

Sejuta Khasiat Lidah Buaya untuk Wajah yang Menakjubkan

Sejuta Khasiat Lidah Buaya untuk Wajah yang MenakjubkanTentu kamu sudah mengetahui dan sedikit mengenali berbagai khasiat lidah buaya yang baik untuk kulit wajah. Ya, tidak diragukan lagi dan tidak perlu berpikir dua kali untuk memilih lidah buaya sebagai salah satu produk perawatan kulit wajahmu.

Lidah buaya memiliki nama latin Aloe vera. Tanamannya tumbuh subur hampir di seluruh penjuru dunia. Baik di tanah Afrika, Amerika, Eropa dan Asia. Lidah buaya termasuk ke dalam 10 jenis tanaman terlaris dan memiliki potensi sebagai tanaman obat dan bahan baku industri. Bahkan komunitas Egyptian (Mesir Kuno) mempercayai lidah buaya sebagai “plant of immortality” – “tumbuhan keabadian”

Tekstur daging daunnya bening, berlendir seperti gel, dingin dan memiliki aroma yang khas. Daging daun yang berlendir inilah yang membuat lidah buaya menjadi tanaman yang sangat dicari dan dibudidayakan di hampir seluruh wilayah dunia.

Ketahui Khasiat Lidah Buaya untuk Wajah

Sejak zaman nenek moyang, lidah buaya telah terkenal sebagai penyubur rambut, penyembuh luka bakar dan perawatan bagi kulit. Ternyata tidak hanya itu saja, sangat banyak manfaat dan khasiat lidah buaya untuk wajah yang perlu untuk kamu ketahui.

Dalam lidah buaya, terdapat 75 bahan aktif antara lain vitamin, enzim, mineral, gula, salicylic acid, amino acid dan berbagai kandungan aktif lain yang sangat bermanfaat bagi kulit. Kandungan vitamin A, C dan E serta dilengkapi dengan kandung B12 berperan sebagai antioksidan. Melawan radikal bebas yang merusak kulit wajah.

Terkandung pula di dalam lidah buaya adalah zat bernama Alkalin fosfat, menyerap cairan berlebih pada bengkak akibat peradangan pada kulit wajah dan jerawat. Kandungannya pun semakin lengkap dengan adanya zat auxin dan gibberellin, sebagai zat anti peradangan. Salicylic acid-nya pun membantu mengusir bakteri. Air dalam lidah buaya bersifat melembabkan, meremajakan kulit serta akan mencerahkan. Berikut detail penjelasannya:

1. Mencerahkan Kulit Wajah

Telah disebutkan di atas bahwa kandungan air dan moisturizer alami dalam lidah buaya-lah yang berperan dalam mencerahkan kulit wajah. Selain itu kandungan antioxidan dalam lidah buaya sangat berperan dalam regenerasi sel. Meremajakan kulit wajah yang rusak dan menggantikannya dengan kulit baru yang cerah dan sehat.

2. Memperbaiki Kulit yang Terbakar Matahari

Lidah buaya memiliki khasiat yang sangat ampuh untuk mengembalikan kulit kembali cerah akibat terbakar matahari. Bila Anda wanita berhijab, bekas terbakar matahari baisanya ada di bagian pipi Anda. Begitupun apabila Anda memiliki bekas luka bakar lama yang susah menghilang, gel lidah buaya dapat mengatasinya.

3. Melembabkan Kulit Wajah

99.2% gel lidah buaya mengandung air. Sangat bermanfaat dan berguna dalam proses melembabkan kulit wajah. Inilah mengapa lidah buaya sangat cocok bagi Anda yang memiliki jenis kulit kering dan bersisik.

4. Melawan Jerawat

Kandungan salicylic acid mengusir bakteri penyebab radang pada jerawat. Zat auxin dan gibberellin dalam lidah buaya juga berfungsi sebagai antiradang, segera akan mengempiskan bengkak akibat jerawat pada wajah.

5. Menghambat Proses Penuaan

Antioksidan dalam lidah buaya adalah zat yang sangat berperan dalam melawan dan menghambat proses penuaan pada wajah. Proses penuaan terjadi ketika sel kekurangan asupan vitamin dan terpapar radikal bebas secara terus menerus. Gunakan lidah buaya untuk memperlambat proses penuaan pada kulit wajah.

6. Mengecilkan Pori pori Wajah yang Membesar

Sifatnya yang mendinginkan kulit juga membantu menutup pori pori wajah yang membesar. Mempercantik wajah Anda, dan melembutkan kulit. Pori pori yang mengecil secara sempurna, akan menghindarkan kulit Anda dari kemasukan debu dan bakteri, yang menjadi penyebab terjadinya jerawat yang membandel.

Bagaimana Mengupas Lidah Buaya dan Mendapatkan Kandungan Inti yang Berkhasiat

Cukup mudah untuk mendapatkan daging inti dari lidah buaya yang kaya khasiat dan manfaat terutama untuk wajah. Cara pertama adalah dengan memotong beberapa daun lidah buaya, potonglah secara horizontal. Gantung daun lidah buaya pada posisi tegak untuk beberapa menit sehingga lendir atau getah lidah buaya yang berwarna putih pekat keluar dari ujung daun yang terpotong.

Setelah seluruh getah keluar dari potongan daun lidah buaya, inilah saat nya Anda mengupas kulitnya dengan pisau. Anda akan menemukan daging berwarna bening tepat berada di bawah lapisan kulit lidah buaya. Ambil dan kumpulkan daging daun ini. Bersihkan dengan air mengalir.

Setelah terkumpul daging daun lidah buaya secukupnya, blender jadi satu. Anda dapat menambahkan beberapa tetes minyak esensial seperti minyak vitamin C atau vitamin E ke dalam blenderan gel lidah buaya. Minyak esensial akan menjadi booster vitamin, yang memperkuat kandungan lidah buaya dan makin meningkatkan khasiat lidah buaya bagi wajah.

Adakah Cara Lain dalam Mengolah dan Mendapatkan Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah?

Ya, tidak perlu khawatir jika Anda tidak mampu mengolah gel lidah buaya secara mandiri. Karena sebenarnya, telah banyak terjual gel lidah buaya yang dapat Anda kombinasikan dengan berbagai bahan lain sebagai masker wajah. Berikut resepnya:

  • Resep 1

Resep pertama yang akan tersaji ini adalah resep untuk merontokkan sel kulit yang mati dan meremajakan kembali kulit wajah Anda. Bahan yang perlu disiapkan antara lain 2 sendok makan gel aloevera, satu buah pisang ukuran sedang, 1 sendok teh gula pasir/gula merah, dan 1 sendok teh buttermilk atau mentega.

Aduk rata semua bahan hingga berbentuk pasta. Aplikasikan pada wajah dengan cara memijat dengan gerakan memutar selama 3 hingga 5 menit. Setelah merata, diamkan pasta tersebut pada wajah dan tunggu selama 20 menit.  Bilaslah dengan air mengalir, maka niscaya kulit mati Anda akan ikut terangkat bersamaan dengan masker lidah buaya.

  • Resep 2

Resep kedua yang akan tersaji adalah resep masker yang berguna untuk merontokkan jerawat yang membandel dan mencegahnya datang kembali pada kulit wajah Anda. Bahan yang perlu disiapkan antara lain 2 sendok makan gel aloevera, ½ sendok teh bubuk pala dan beberapa tetes perasan lemon.

Aduk rata semua bahan di atas hingga berbentuk pasta dan aplikasikan pada wajah seperti Anda menggunakan masker biasa. Diamkan selama 20 menit, kemudian bilas dengan air bersih. Bubuk pala merupakan bahan tradisional yang terpercaya dan telah terbukti dapat mengatasi radang, mengusir infeksi penyebab jerawat dan membantu mengontrol minyak berlebih pada wajah.

Kandungan jeruk lemon membantu menghilangkan noda kehitaman bekas jerawat lama dan gel lidah buaya mencerahkan wajah. Kombinasi yang sangat sempurna untuk mendapatkan kulit wajah indah nan berseri.

  • Resep 3

Resep ketiga adalah resep masker lidah buaya yang bermanfaat untuk mengembalikan kelembapan kulit wajah. Dengan resep ini Anda akan terbebas dari kulit kering dan bersisik. Bahan yang perlu disiapkan antara lain 2 sendok makan gel aloevera, ½ sendok teh minyak zaitun atau minyak almond dan 1 sendok teh madu.

Seperti resep yang telah tersaji sebelumnya, aduk rata semua bahan hingga berbentuk pasta. Aplikasikan dengan merata pada wajah dan leher, terutama apabila kulit pada leher Anda juga mengalami masalah kekeringan yang hampir sama. Diamkan selama kurang lebih 30 menit. Selanjutnya bilas dengan air bersih. Dapat dijamin Anda akan merasakan kulit yang lebih kenyal, lembut dan tidak kering serta bersisik sebelumnya.

Demikian artikel mengenai khasiat lidah buaya untuk wajah, beserta cara mengolah dan 3 resep membuat masker lidah buaya. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba berkreasi dengan lidah buaya !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *