invisible hit counter invisible bg invisible ico

Segudang Kegunaan Daun Sirih yang Perlu Anda Ketahui

Segudang Kegunaan Daun Sirih yang Perlu Anda KetahuiTanaman sirih merupakan tanaman asli Indonesia, sehingga kegunaan daun sirih untuk kesehatan pun sudah cukup banyak diketahui dan dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia. Meskipun demikian masyarakat umumnya hanya mengetahui beberapa saja dari sekian banyak manfaat yang dapat diambil dari daun sirih ini. Sejak jaman nenek moyang, daun sirih sudah terbukti dapat memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan. Manfaat daun sirih antara lain adalah membantu menyembuhkan sariawan, batuk, radang tenggorokan, luka bakar, jerawat, demam berdarah, hingga bau mulut dan bau badan yang menganggu.

Macam-Macam Kegunaan Daun Sirih

Daun sirih memiliki beberapa kandungan aktif yang dapat memberikan manfaat yang baik bagi tubuh yang sedang terserang penyakit. Tanaman herbal ini mengandung minyak atsiri, betlephenol, seskuiterpen, pati, diatase dan kavikol yang bersifat antibakteri, dapat melawan radikal bebas dan anti jamur. Semua kandungan yang berguna ini merupakan alasan dari kegunaan daun sirih bagi kesehatan. Berikut adalah beberapa penyakit yang penyembuhannya dapat dibantu dengan memanfaatkan kegunaan daun sirih:

1. Mencegah dan mengobati sariawan

Untuk mandapatkan kegunaan daun sirih sebagai penangkal dan obat sariawan, dibutuhkan tiga lembar daun sirih. Cuci daun sirih tersebut hingga bersih lalu rebus hingga layu. Lumat hasil rebusan daun, lalu tempelkan pada bagian mulut yang mengalami sariawan. Diamkan beberapa jam. Bila dengan penngobatan ini sariawan terasa membaik, lanjutkan pengobatan hingga sariawan sembuh.

2. Meredakan dan mengobati batuk berdahak, batuk tidak berdahak, dan radang tenggorokan

Kegunaan daun sirih lainnya adalah dapat mengobati gejala radang tenggorokan yang mengganggu seperti batuk berdahak maupun tidak berdahak. Ambil segenggam daun sirih yang masih segar, lalu cuci daun tersebut hingga bersih. Rebus daun sirih yang sudah bersih di dalam dua gelas air. Lalu tambahkan potongan jahe agar ramuan terasa hangat dan pedas. Tetap didihkan air sampai tersisa 1 gelas air. Minum ramuan 1 sampai 3 kali perhari.

3. Menghilangkan jerawat

Menghilangkan jerawat yang mengurangi nilai kosmetis pada muka merupakan salah satu kegunaan daun sirih lainnya. Dibutuhkan 3 sampai 5 lembar daun sirih berukuran sedang, lalu cuci daun tersebut sampai bersih. Setelah menunggu hingga daun mengering, tumbuk daun hingga halus, kemudian seduh di dalam satu gelas air panas. Aduk ramuan tersebut, lalu matikan api, dan tunggu sampai menghangat. Gunakan air ramuan sebagai air cuci muka. Cucilah muka dengan air ini sebanyak 2 kali sehari.

4. Menyembuhkan keputihan

Masalah kesehatan yang sering terjadi pada perempuan ini pun dapat disembuhkan oleh daun sirih. Diperlukan 10 lembar daun sirih yang sudah dicuci sampai bersih. Lalu, rebus daun sirih tersebut ke dalam dua setengah liter air bersih. Didihkan api hingga air mendidih. Setelah mendidih, biarkan ramuan sampai suhunya menjadi hangat suam-suam kuku. Pakailah air seduh daun sirih ini untuk membersihkan organ intim perempuan.

5. Membantu mengobati demam berdarah

Cukup banyak obat alternatif yang dapat membantu mengobati dan memulihkan pasien demam berdarah. Membantu pemulihan pasien dengan sakit demam berdarah pun menjadi salah satu kegunaan daun sirih bagi kesehatan Anda. Sediakan 5 lembar daun sirih yang telah dicuci bersih. Lalu, rebus daun tersebut di dalam 2 gelas air, didihkan api dan biarkan hingga tinggal tersisa 1 gelas air rebusan saja. Setelah agak hangat, minum air rebusan tersebut. Minumlah 2 gelas air rebusan sirih per hari.

6. Mencegah dan mengatasi bau mulut

Mempunyai bau mulut memang bukan kondisi yang membahayakan kesehatan tubuh, namun bau mulut jelas dapat mengurangi rasa percaya diri Anda. Menghilangkan bau mulut merupakan salah satu kegunaan sirih yang sudah umum diketahui. Cara memanfaatkannya cukup mudah; siapkan 3-4 lembar daun sirih yang sudah dicuci hingga bersih. Rebus daun sirih hingga mendidih, diamkan selama 3 menit. Setelah itu, matikan api dan tunggu hingga suhu air rebusan menjadi hangat. Kumurlah dengan air rebusan tersebut 3-4 kali sehari, terutama setelah makan.

7. Menghilangkan bau ketiak

Keadaan lain yang dapat menurunkan rasa percaya diri adalah bau ketiak atau bau badan yang tidak kunjung menghilang. Nah, kegunaan daun sirih untuk menghilangkan dan mengurangi bau badan mungkin adalah jawaban dari permasalahan Anda. Caranya mudah, siapkan 30 lembar daun sirih lalu masukkan ke dalam panci yang cukup besar. Tuangkan air secukupnya, lalu rebus air hingga mendidih. Setelah mendidih, matikan api, lalu tambahkan air dingin hingga suhunya menghangat. Gunakan air ini untuk mandi, tidak lupa untuk mengusap air rebusan di ketiak secara berulang. Lakukan secara berkala hingga bau badan menghilang.

8. Mengurangi serangan asma

Kegunaan daun sirih lain yang cukup bermanfaat adalah dapat mengurangi serangan asma. Air rebusan sirih dapat mengurangi beratnya gejala asma dan kemungkinan munculnya serangan asma berulang. Caranya mudah, siapkan 4-5 lembar daun sirih yang telah dicuci bersih. Rebus daun sirih tersebut dengan 2 gelas air bersih hingga mendidih. Didihkan terus dan tunggu hingga tersisa 1 gelas air rebusan daun sirih. Minum hasil rebusan secara rutin 2-3 kali per hari nya. Yang perlu diingat adalah, air rebusan sirih tidak dianjurkan menjadi pengganti obat dokter, jadi tetaplah memakai obat dokter disamping menggunakan daun sirih untuk penyakit asma Anda.

9. Mengobati luka bakar

Luka bakar merupakan istilah medis yang digunakan untuk menggambarkan keadaan kulit yang terkena suhu panas, entah tersiram air panas, terbakar sengatan matahari atau benda panas lainnya. Membantu pemulihan kulit yang terkena luka bakar merupakan salah satu kegunaan daun sirih yang cukup efektif. Caranya mudah, ambil beberapa helai daun sirih (disesuaikan dengan luas kulit yang terbakar), cuci hingga bersih, lalu rebus di air bersih hingga daun layu. Tempelkan daun tersebut di daerah kulit yang terkena luka bakar. Lakukan ini setelah mandi hingga kulit berangsur-angsur membaik. Perlu diingat bahwa daun sirih jangan digunakan sebagai pertolongan pertama peristiwa luka bakar.

10. Menghilangkan rasa gatal

Kegunaan daun sirih yang tidak kalah bergunanya ialah dapat menghilangkan sensasi gatal. Caranya mudah, siapkan 5 lembar daun sirih (atau disesuaikan dengan luas kulit yang gatal), cuci hingga bersih dan rebus dengan air matang. Setelah agak layu, ambil daun sirih tersebut, lalu tumbuk atau hancurkan hingga lembek. Taruh tumbukan daun sirih pada area yang gatal, lalu tutup dengan kain bersih yang telah dibasahi air hangat (sebelumnya sudah matang). Tidak disarankan untuk menggunakan daun sirih di kulit dengan luka terbuka karena dapat menyebabkan infeksi.

Bukanlah tindakan yang salah untuk memilih daun sirih sebagai pilihan pertama untuk menyembuhkan dan mengurangi gejala penyakit. Namun perlu diingat untuk tidak menggunakan daun sirih sebagai obat mata, karena penggunaan air atau zat apapun yang tidak steril pada mata dapat menimbulkan radang hingga kebutaan. Anda juga perlu mengetahui bahwa beberapa penelitian menyebutkan penggunaan daun sirih yang lama pada mulut dapat mencetuskan penyakit pada gusi dan kanker mulut. Gunakanlah daun sirih bila diperlukan dalam dosis yang tidak berlebihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *