invisible hit counter invisible bg invisible ico

Sebelas Cara Cepat Menyembuhkan Sariawan yang Bisa Anda Coba

Sebelas Cara Cepat Menyembuhkan Sariawan yang Bisa Anda CobaBanyak masyarakat yang mencari cara cepat menyembuhkan sariawan. Penyakit stomatitis aphtosa atau lebih dikenal dengan nama sariawan merupakan salah satu penyakit mulut yang sangat sering dan hampir pernah menyerang seluruh masyarakat di muka bumi ini. Sariawan dapat terjadi di bagian mulut mana pun, mulai dari bibir, mukosa mulut bagian mananpun, gusi, hingga tidak jarang juga timbul di tenggorokan. Tidak peduli lokasinya, sariawan dapat mengganggu kenyamanan makan, minum dan berbicara. Tidak heran banyak masyarakat yang mencari cara cepat menyembuhkan sariawan.

Inilah Metode dan Cara Cepat Menyembuhkan Sariawan

Sariawan merupakan penyakit dengan berbagai macam penyebab yang dapat sembuh sendiri. Meski dapat sembuh dengan sendirinya, tentunya kita ingin agar sariawan yang hinggap di mulut kita dan mengganggu kita itu cepat sembuh sehingga dapat kembali makan dan berbicara dengan nyaman. Berikut adalah daftar cara cepat menyembuhkan sariawan yang dapat Anda coba praktikkan di rumah:

  1. Lemon

Buah lemon mengandung banyak sekali manfaat, salah satunya dapat menjadi cara cepat menyembuhkan sariawan yang alami. Lemon mempunyai banyak kandungan vitamin seperti Vitamin B dan Vitamin C, serta kandungan astringen yang dapat membantu membunuh kuman dari sariawan. Caranya mudah, minumlah 1 sendok makan perasan lemon setiap hari sebelum makan untuk membantu mempercepat penyembuhan penyakit ini. Anda juga dapat berkumur dengan satu gelas air hangat yang telah dicampur 1 sendok makan perasan lemon beberapa kali dalam sehari.

  1. Berkumur Air Garam atau Soda Kue

Cara cepat menyembuhkan sariawan lainnya ialah berkumur air garam. Dan selain air garam, ternyata air putih pun dapat dicampurkan dengan bubuk baking soda atau soda kue sebagai cara cepat menyembuhkan sariawan. Caranya mudah, campurkan 2 – 3 sendok teh garam atau soda kue ke dalam 1 gelas air hangat, aduk hingga rata. Lalu berkumurlah menggunakan larutan ini setiap 2-3 jam untuk membantu membersihkan sariawan dan mempercepat proses penyembuhan sariawan.

  1. Vitamin

Banyak sekali rumor yang mengatakan bahwa sariawan merupakan penyakit yang disebabkan oleh kekurangan Vitamin C. Ternyata, penelitian menunjukkan bahwa vitamin yang lebih berperan menimbulkan sariawan adalah Vitamin B12. Selain Vitamin B12, kekurangan zat besi juga menunjukkan kaitan dengan kejadian penyakit sariawan. Jadi, konsumsilah makanan yang mengandung Vitamin B12 dan juga zat besi sebagai cara cepat menyembuhkan sariawan. Anda juga boleh mengkonsumsi multivitamin yang mengandung Vitamin B12 dan Vitamin C untuk mempercepat proses penyembuhan sariawan.

  1. Kelapa

Buah kelapa merupakan buah yang memiliki banyak manfaat. Salah satu manfaat baik yang ditawarkan buah negara tropis ini adalah membantu mempercepat proses penyembuhan sariawan. Cara menggunakan kelapa sebagai obat sariawan ialah dengan mengoleskan minyak kelapa ke luka sariawan di mulut. Selain itu, bisa juga hanya meminum air kelapa atau mengunyak dagingnya di mulut kita. Kelapa memiliki efek anti nyeri alami yang dapat membantu mengurangi gejala nyeri, serta dapat pula menyembuhkan sariawan dengan cepat dengan cara menghentikan peradangan.

  1. Yogurt

Minuman yogurt merupakan salah satu jenis makanan yang baik untuk pencernaan, termasuk juga untuk kesehatan mulut. Yogurt mengandung bakteri baik yang dapat membantu fungsi pencernaan dan menghambat pertumbuhan bakteri jahat yang berlebih. Konsep ini pun berlaku untuk kesehatan mulut dimana yogurt akan menjaga koloni bakteri baik di dalam mulut dan menekan pertumbuhan bakteri jahat berlebih yang dapat memperparah dan memperlambat penyembuhan sariawan.

  1. Kunyit

Selain digunakan sebagai bumbu dapur, kunyit dapat berperan sebagai salah satu cara cepat menyembuhkan sariawan. Cara memanfaatkan kunyit untuk mengobati sariawan adalah menggunakan kunyit sebagai obat kumur atau sebagai pasta atau salep yang dioleskan di luka sariawan tersebut. Campurlah kunyit dengan air, lalu rebus hingga mendidih, dan tiriskan. Gunakan air rebusan kunyit sebagai cairan berkumur setiap hari. Kunyit dapat pula dihancurkan dengan blender atau direndos atau diulek lalu oleskan salepnya atau sarinya di lokasi sariawan.

  1. Daun Basil

Bahan memasak ini sering digunakan sebagai penyedap makanan, misalnya pada saus pada pasta. Tidak banyak yang mengetahui bahwa daun basil ternyata memiliki efek atau manfaat yang baik pada penyakit sariawan. Cara memanfaatkan basil sebagai cara cepat menyembuhkan sariawan adalah dengan merebus beberapa helai daun basil di air yang mendidih. Setelah sari daun basil keluar, matikan api dan tiriskan larutan tersebut. Gunakan air rebusan daun basil setiap hari hingga sariawan sembuh.

  1. Bawang Putih

Cara cepat menyembuhkan sariawan lainnya ialah dengan memanfaatkan bahan dapur lainnya yaitu bawang putih. Bawang putih mempunyai sifat antibakteri, anti virus dan antijamur yang tentunya dapat mengurangi lamanya sakit sariawan Anda. Caranya mudah, sediakan satu buah bawang putih yang telah dikupas, lalu potong kecil dan tempelkan pada sariawan Anda selama beberapa menit. Setelah ditempelkan, ambil bawang putih dan berkumurlahmenggunakan air bersih.

  1. Es Batu

Cara kreatif lainnya untuk mempercepat penyembuhan sariawan adalah dengan memanfaatkan es batu. Tentu saja Anda harus menggunakan es batu yang dibuat dari air matang dan bersih. Caranya cukup mudah, cukup tempelkan es batu tersebut di sariawan pada mulut Anda. Sifat s batu yang dingin dapat menetralkan dan mengurangi sifat peradangan pada sariawan yang panas.

  1. Obat Penahan Nyeri

Bila sariawan sudah sangat mengganggu aktvitas Anda sehari-hari, Anda dapat menggunakan obat apotik sebagai cara cepat menyembuhkan sariawan, atau lebih tepatnya gejala sariawan. Obat seperti parasetamol dan ibuprofen yang diminum saat sariawan terasa sakit dengan dosisi maksimal 3 tablet sehari dapat membantu mengurangi gejala nyeri sariawan yang mengganggu Anda. Namun tetaplah berhati-hati untuk tidak menggunakan obat ini secara berlebihan dan hati-hati pula bagi Anda yang alergi terhadap obat ini.

  1. Hindari Penyebab Sariawan

Cara yang paling tepat untuk bebas sariawan adalah dengan menghindari penyebab sariawan. sariawan dapat diakibatkan beberapa sebab seperti kebersihan mulut yang tidak benar, posisi gigi yang salah, kekurangan Vitamin B12 dan zat besi hingga makanan yang terlalu panas dan pedas. Meski termasuk ke dalam kategori pencegahan, namun cara ini merupakan cara yang paling penting agar Anda terhindar dari sariwan itu sendiri. Bersihkan mulut dan gigi Anda secara teratur setiap hari, bereskan permasalahan gigi dan mulut Anda, makan makanan seimbang dan menghindari makanan tertentu adalah cara bijak yang dapat Anda praktikan.

Meskipun dapat sembuh sendiri, cara cepat menyembuhkan sariawan di atas dapat menjadi cara yang dapat dicoba untuk mempercepat proses penyembuhan penyakit ini. Bila sariawan tetap ada meski sudah berjalan berminggu – minggu, konsultasikan kondisi Anda ke dokter agar mendapatkan penanganan yang lebih optimal, karena dikhawatirkan sariawan tersebut mempunyai penyebab dan jenis yang lebih serius dibandingkan sariawan biasanya. Selamat hidup sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *