invisible bg invisible ico

Sakit Perut Kiri Bawah, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Sakit Perut Kiri Bawah, Penyebab dan Cara MengatasinyaSakit perut kiri bawah dapat dialami oleh siapa saja, baik pria ataupun wanita. Penyebabnya pun beragam mulai dari gangguan pada saluran pencernaan hingga pembuluh darah pada perut. Meskipun terlihat sepele, namun rasa menyakitkan membuat pengidap penyakit ini sangat menderita saat rasa sakit kambuh. Lantas bagaimana cara mengatasinya dan apa yang menyebabkan perut bagian kiri bawah terasa sakit? Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut.

Penyebab dan Cara Mengatasi Sakit Perut Kiri Bawah

Sebagai informasi, perut bagian kiri bawah berhubungan langsung dengan sistem pencernaan. Namun tak menutup kemungkinan terdapat penyakit lain yang menyebabkan munculnya rasa sakit berlebih pada perut bagian kiri bawah. Berikut adalah beberapa penyebab yang harus diketahui.

  1. Sembelit

Sembeli atau konstipasi menjadi salah penyebab sakit perut kiri bawah yang paling sering dialami. Hal ini karena terjadinya gangguan dalam mengeluarkan feses atau kotoran secara teratur. Namun apabila feses berhasil dikeluarkan, secara berangsur rasa sakit tersebut akan segera menghilang.

Gejala yang dialami saat sembelit adalah proses buang air besar hanya terjadi selama kurang dari tiga kali selama seminggu. Gejala lainnya, perut terasa kembung dan sakit karena dipengaruhi oleh tekanan yang terjadi dalam rektum. Solusinya adalah dengan mengkonsumsi buah-buahan kaya serta seperti mangga dan pepaya. Selain itu, gunakan obat pencahar apabila kondisi sembelit sudah terlalu parah.

  1. Divertikulitis

Divertikulitis merupakan kondisi di mana usus besar mengalami infeksi. Penderita divertikulitis biasanya orang tua, namun tak menutup kemungkinan menyerang mereka yang masih muda.

Ada beberapa gejala sakit perut kiri bawah karena divertikulitis yakni demam, terjadinya pembengkakan pada perut bagian kiri, mual, muntah, dan diare yang keluar beserta darah. Pada kasus divertikulitis ringan, dapat diatasi dengan cara istirahat cukup dan minum antibiotik. Namun pada kasus divertikulitis serius, sebaiknya langsung dibawa ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis.

  1. Infeksi Saluran Kemih

Penyebal sakit perut bagian kiri bawah yang selanjutnya adalah terjadinya infeksi pada salurah kemih. Infeksi tersebut memiliki gejala berupa rasa nyeri saat buang air kecil. Infeski salurah kemih dapat disebabkan karena banyaknya bakteri yang menyerang ginjal, uretra dan ureter.

Cara mengatasi masalah ini adalah dengan mencukupi asupan air putih dalam tubuh. Setidaknya konsumsi air putih minimal 8 gelas perhari. Namun pada kondisi parah, sebaiknya dibawa ke rumah sakit untuk pengecekan.

  1. Infeksi Ginjal

Infeksi ginjal masih berhubungan dengan infeksi salurah kemih. Infeksi salurah kemih yang dibiarkan dan tidak mendapatkan penanganan medis akan menyerang ginjal bahkan menyebar ke pinggang dan pangkal dada. Gejala yang biasa muncul adalah demam hingga muntah-muntah. Lebih parahnya, darah serta nanah ikut keluar melalui urin.

Cara mengatasi penyebab sakit perut kiri bawah ini adalah dengan memberikan antibiotik dari rumah sakit. Hal ini agar infeksi tidak semakin meluas pada bagian tubuh dalam yang berakibat pada kerusakan ginjal. Dengan begitu, and pun dapat mencegah munculnya penyebab sakit ginjal yang lain.

  1. Obstruksi Usus

Obstruksi usus terjadi karena adanya penyumbatan pada bagian usus. Kondisi ini dapat menyebabkan peredaran cairan dan makanan dalam saluran pencernaan tidak lancar. Obstruksi usus dapat terjadi pada usus besar dan usus halus. Pada obstruksi usus parsial atau ringan, makanan tetap dapat melewati saluran pencernaan. Sedangkan obstruksi usus total atau serius akan mengakibatkan seluruh makanan tersumbat pada usus.

Apabila perut kiri bawah sakit karena obtruksi usus, satu-satunya langkah adalah membawanya ke rumah sakit. Biasanya dokter akan melakukan diagnosis terlebih dahulu sebelum menggunakan berbagai metode pengobatan mulai dari Laporoskopi hingga Kolostomi berupa operasi.

  1. Radang Usus

Radang usus merupakan salah satu penyakit yang akan membuat perut kiri bawah merasakan sakit. Berbeda dengan obstruksi usus, masalah radang usus dapat dikategorikan sebagai penyakit yang lebih ringan. Penyebabnya pun beragam mulai dari infeksi usus karena makanan hingga saluran pencernaan yang tak dapat bekerja secara optimal. Salah satu cara untuk mengatasi radang usus adalah dengan memberikan antibiotik.

  1. Kista Ovarium Kiri

Penyebab lain munculnya rasa nyeri pada perut kiri bawah adalah kista ovarium kiri. Gejala yang dapat muncul karena penyakit ini adalah sering mual, muntah, menstruasi tidak teratur, perut terasa penuh, hingga tekanan yang terjadi pada kandung kemih. Penyakit ini hanya dialami oleh perempuan saja.

  1. Nyeri Ovulasi

Penyakit yang hanya menyerang perempuan ini terjadi karena telur dilepaskan lebih cepat sebelum waktunya. Satu-satunya gejala yang muncul adalah timbulnya rasa sakit berlebih pada perut area kiri. Sebagai penyakit yang tergolong ringan, nyeri ovulasi dapat diatas dengan istirahat teratur serta mengkonsumsi obat penghilang sakit.

Pencegahan Nyeri Perut yang Dapat Dilakukan

Setelah mengetahui tentang berbagai penyakit yang menyebabkan perut bagian kiri bawah sakit, kini saatnya anda mengetahui beberapa cara pencegahan yang dapat dilakukan. Dengan melakukan pencegahan, maka kemungkinan terserang penyakit di atas pun akan semakin kecil. Beberapa pencegahan sakit perut yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut.

  1. Pola Makan

Kebiasaan makan yang tidak teratur dapat membuat perut merasakan sakit. Untuk itu, atur pola makan dengan jadwal teratur agar tubuh dapat mengkondisikan proses penyerapan maknaan dan terbiasa dengan jadwal pola makan. Selain itu, jangan lupa untuk meminum 8 gelas air perhari untuk melancarkan proses pencernaan dan memberikan asupan cairan yang cukup untuk tubuh.

  1. Gaya Hidup

Mengenai gaya hidup, tak sedikit orang yang malas dan jarang melakukan olahraga. Padahal olahraga dapat membantu proses pencernaan sehingga tubuh pun menjadi lebih sehat dan otot tubuh terbentuk sempurna. Setidaknya dalam sehari, luangkan waktu selama 10 hingga 15 menit untuk melakukan olahraga ringan seperti jalan-jalan atau angkat beban.

Tak hanya itu saja, anda juga harus menghindari pola hidup tidak sehat seperti merokok atau mengkonsumsi alkohol. Hal ini karena rokok dan alkohol dapat merusak sistem tubuh dan menyebabkan banyak penyakit lain.

Apabila terlanjur muncul rasa sakit pada perut kiri bawah, hindari olahraga yang memberikan beban pada perut seperti sit up. Cukup lakukan olahraga ringan yang dibarengi dengan konsumsi makanan berserat. Dengan demikian, kesehatan tubuh akan tetap terjaga dan rasa sakit perlahan menghilang.

  1. Rutin Cek Kesehatan

Pencegahan terakhir yang harus dilakukan adalah rutin melakukan cek kesehatan. Hal ini karena tak sedikit orang yang malas pergi ke dokter sebelum benar-benar merasakan sakit. Padahal cek kesehatan dapat memberikan informasi mengenai kesehatan tubuh serta penyakit apa saja yang mungkin menyerang tubuh.

Untuk anda yang ingin memeriksakan kesehatan rutin, cukup lakukan sebanyak 1 kali selama 2 bulan. Jika terlanjur merasakan gejala-gejala penyakit di atas, jangan ragu langsung pergi ke dokter untuk mendapatkan perawatan tepat. (baca juga: penyebab nyeri perut kiri bawah dan cara pencegahannya)

Itulah beberapa penyebab munculnya rasa sakit perut bagian bawah serta cara mengatasinya. Apabila rasa sakit muncul secara rutin atau muncul pada kondisi tertentu seperti jongkok, jangan ragu untuk meminta bantuan medis. Semoga bermanfaat .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *