invisible hit counter invisible bg invisible ico

Posisi Tidur Ibu Hamil Muda yang Aman untuk Kandungan

Previous 1 2
  1. Miring

Posisi tidur ibu hamil muda yang sangat disarankan adalah posisi tidur dengan posisi miring. Meskipun sampai saat ini masih belum ada penelitian lebih lanjut yang mempelajari tentang bagaimana posisi tidur yang paling tepat saat sedang kondisi hamil, posisi miring ini cukup disarankan dan menjadi posisi tidur yang paling aman dan nyaman baik untuk ibu hamil dan untuk bayi yang ada di dalam kandungan.

Tidur dalam posisi miring tidak menyebabkan adanya bagian tubuh yang terbebani, terutama posisi miring ke kiri yang merupakan posisi tidur yang paling dianjurkan selama kehamilan. Pada posisi tidur ini untuk sang ibu tidak akan menyebabkan perut terbebani oleh kehamilannya dan juga peredaran darah akan lancar karena aliran darah Vena Cava Inferior ada di sebelah kanan, dua hal ini akan banyak membantu mengurangi rasa mual yang terjadi selama kehamilan. Sedangkan untuk sang calon bayi kelancaran peredaran darah berarti janin mendapatkan pasokan nutrisi yang lancar sehingga pertumbuhannya dapat maksimal.

Tidur hanya dalam satu posisi saja tentu akan sulit, jika Anda bosan dengan posisi miring ke kiri, silahkan menggantinya dengan miring ke kanan sesekali atau juga dengan posisi tidur lainnya. Tidak ada gunanya Anda terus-terusan miring ke kiri namun tidak dapat tidur dengan nyenyak. Istirahat yang berkualitas sangatlah penting selama kehamilan.

Pantangan Ibu Hamil Muda

Nah, setelah kita mengetahui tentang berbagai hal mengenai posisi tidur untuk ibu hamil muda, kini kita akan membahas sedikit tentang hal-hal apa saja yang menjadi pantangan untuk ibu hamil muda. Hamil muda adalah saat yang sangat rentan dalam kehamilan. Survei membuktikan bahwa keguguran mayoritas terjadi dalam masa ini, mencapai 66% hingga 75%, sangat tinggi bukan?

Hal yang sangat perlu diperhatikan selama masa kehamilan muda salah satunya adalah faktor makanan. Ada beberapa makanan yang sangat beresiko pada kehamilan yang sebaiknya dihindari. Makanan laut, meskipun secara umum dianjurkan, namun ada beberapa jenis makanan laut yang harus dihindari, yaitu yang mengandung merkuri dalam jumlah melebihi batas. Beberapa spesies hewan laut memiliki kemampuan menumpuk merkuri dalam tubuhnya yang akan terus terakumulasi. Seafood yang harus dihindari adalah hiu, makarel, lobster. Kepiting juga harus dihindari karena akan menyebabkan gangguan pada rahim

Beberapa buah-buahan ternyata juga harus dihindari diantaranya nanas yang memiliki enzim untuk merusak protein, kemudian pepaya muda, dan durian. Selengkapnya tentang hal ini Anda dapat membaca beberapa jenis makanan yang menyebabkan keguguran di website ini. Hindari juga konsumsi alkohol dan jauhi asap rokok karena akan menyebabkan kecacatan pada janin hingga dapat menyebabkan keguguran. Kafein juga perlu dihindari meskipun ada beberapa pendapat yang memperbolehkannya meskipun dalam jumlah sedikit.

Demikian artikel ini tentang posisi tidur untuk ibu hamil pada trimester pertama dan juga sedikit tips tentang pantangan selama kehamilan, semoga dapat memberikan manfaat. Terima kasih.

Previous 1 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *