invisible bg invisible ico

Pilihan Resep Cemilan Sehat yang Enak untuk Anak

Bagaimana Membuat Resep Cemilan Sehat untuk AnakCemilan merupakan makanan yang amat disukai oleh anak-anak. Menyiapkan cemilan yang sehat merupakan kewajiban Ibu sehingga buah hati akan terlindung dan terjaga dari berbagai penyakit yang dapat muncul akibat cemilan yang tidak sehat.

Berikut akan disajikan beberapa resep dan menu cemilan sehat yang dapat Anda buat di rumah dan dijadikan bekal untuk anak sekolah. Sehingga anak tidak memiliki hobi jajan sembarangan yang dapat beresiko terhadap terjadinya berbagai penyakit seperti diare atau tipes yang tentu saja tidak Anda inginkan terjadi bukan? Check this out!

Resep Cemilan Sehat dari Buah-buahan

Buah-buahan merupakan salah satu sumber makanan sehat yang cocok dijadikan cemilan bagi anak-anak. Banyak resep mudah membuat cemilan sehat dari buah selain resep salad buah. Berikut detail resepnya:

  1. Lumpia Buah

Membuat lumpia buah sangat mudah dan tidak susah memilih jenis buah yang dapat Anda gunakan sebagai isian lumpia. Bahan yang harus Anda siapkan antara lain 1 bungkus kulit lumpia (berisi 20 – 30 lembar kulit lumpia), 500 gr potongan dadu buah-buahan (Anda dapat menggunakan buah apapun, namun disarankan untuk menggunakan buah yang memiliki rasa manis seperti buah naga, apel, semangka atau bengkuang). Gunakan lebih dari satu buah untuk mempercantik tampilan dalam cemilan.

Bahan selanjutnya yang perlu disiapkan yakni 1 butir putih telur yang di kocok lepas, 15 gr gula halus dan minyak secukupnya untuk menggoreng lumpia. Siapkan wajan atau penggorengan dan kompor untuk proses menggoreng lumpia buah.

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah mengambil kulit lumpia, mengisi dengan satu sendok makan potongan buah. Selanjutnya. oles bagian pinggir kulit lumpia dengan putih telur dan lipat berbentuk segitiga. Pertemukan kedua ujung kiri dan kanan segitiga sambil merekatkan dan menekan isi lumpia ke arah tengah. Proses ini menyerupai pembuatan pangsit goreng.

Siapkan minyak panas dengan api sedang, goreng lumpia berisi buah dalam minyak panas hingga berwarna kuning keemasan. Tiriskan di atas tissue penyerap minyak sambil menunggu hingga dingin. Setelah agak dingin, sajikan pada piring saji dan taburkan gula halus di atas lumpia. Cemilan sehat siap untuk dihidangkan hangat.

Selain gula halus, Anda dapat menambahkan keju, coklat pasta atau selai buah di atas kulit lumpia untuk mempercantik tampilan. Dijamin anak Anda akan menyukai lumia ini dan menghabiskannya hingga tidak tersisa.

  1. Nugget Pisang

Nugget pisang adalah camilan kedua yang mudah untuk Anda buat sendiri di rumah. Bahan yang perlu disiapkan antara lain 5 biji pisang raja yang sudah matang, 1 bungkus vanili, 2 buah telur ayam ukuran sedang, 250 gr tepung terigu dan secukupnya tepung roti. Siapkan juga minyak untuk menggoreng. Siapkan gula dan garam secukupnya sebagai pemberi rasa. Siapkan juga keju, coklat pasta atau coklat tabur sebagai topingnya.

Untuk membuat nugget pisang yang menyehatkan terdapat dua proses yang harus Anda laksanakan yakni proses pertama adalah mengukus terlebih dahulu, kemudian proses kedua adalah menggoreng hasil kukusan pisang dalam minyak panas.

Proses pertama yang harus Anda lakukan adalah lumatkan 5 buah pisang raja dengan terigu dan 1 bungkus vanili hingga merata. Tambahkan sedikit garam dan tambahkan 1 sendok makan gula. Jika Anda menginginkan nungget lebih manis tambahkan gula sesuai selera.

Setelah adonan merata, letakkan pada pinggan tahan panas dan kukus selama kurang lebih 5 hingga 10 menit. Pastikan kukusan sudah panas ketika Anda hendak memasukkan adonan dalam kukusan. Setelah matang, angkat dan biarkan uap panasnya keluar terlebih dahulu. Kemudian potong sesuai selera.

Siapkan telur dan kocok telur hingga merata letakkan pada sebuah wadah. Begitupun tepung roti, siapkan dalam sebuah wadah terpisah. Masukkan potongan nugget ke dalam telur kemudian alur dengan tepung roti hingga nugget pisang habis.

Panaskan minyak dalam wajan, goreng nugget hingga berwarna kuning emas dan kecoklatan. Angkat dan tiriskan minyaknya. Lanjutkan dengan pemberian topping sesuai selera. Sisa nugget yang tidak di goreng dapat disimpan dan akan bertahan kurang lebih 3 hingga 5 hari dalam kulkas.

  1. Bubur Sum-Sum Pisang Nangka

Resep cemilan sehat ketiga adalah bubur sum sum pisang nangka. Buah yang dibutuhkan adalah 6 biji pisang raja matang, kukus dan potong serong, 3 biji nangka matang, buang bijinya dan potong dadu. 180 gr gula merah yang sudah dicairkan. Untuk bahan bubur sum sum antara lain 300 ml santan, 25 gr tepung beras, 1 lembar daun pandan yang diikat simpul, 50 gr gula pasir, ½ sendok teh garam.

Langkah pertama adalah membuat bubur sum sum. Masukkan 100 ml santan ke dalam mangkuk berisi teung beras dan aduk rata hingga tidak ada tepung yang menggumpal. Sisihkan sebentar, didihkan sisa santan di dalam panci bersama dengan daun pandan, gula dan garam sambil di aduk hingga mendidih. Tambahkan larutan tepung beras, aduk rata hingga kental dan matang. Angkat dan tunggu hingga dingin.

Tuang bubur sum sum dalam mangkuk saji, tambahkan pisang dan nangka sebagai toping, siram dengan gula merah cair. Cemilan sehat untuk anak siap disajikan. Jika cuaca sedang panas, Anda dapat menambahkan es batu di atas bubur sum sum, sebelum di sajikan bersama dengan toping pisang dan nangka.

Resep Camilan Sehat dari Sayur

Selain buah, sayuran merupakan bahan yang sehat untuk membuat cemilan anak. Memilih sayur yang segar dan organik akan lebih baik dan memperkaya kandungan gizi dari sayuran tersebut. Berikut beberapa resep cemilan sehat berbahan sayur:

  1. Sandwich Mini Garlic Bread isi Sayuran dan Keju

Untuk membuat sandwich mini isi sayuran dan keju yang dapat Anda siapkan antara lain ukuran sedang roti tawar (gunakan jenis french bread, jika tidak ada dapat menggunakan jenis roti apapun), 30 gr daun selada hijau potong kasar, 10 lembar keju cheddar, 100 gr mayonnaise, 3 buah tomat iris tipis, 50 gr margarin dan 6 siung bawang putih yang di cincang kasar untuk membuat garlic bread.

Langkah pertama adalah membuat garlic bread terlebih dahulu, dengan mengoleskan margarin dan bawang putih diatas roti. Panaskan diatas wajan tanpa minyak hingga berwarna kuning kecoklatan.

Setelah garlic bread matang, ambil satu lembar dan susunlah di atasnya selada, selembar keju, tomat dan mayonnaise. Kemudian tutup dengan selembar garlic bread yang lain. Susun sandwich di atas piring saji taburi dengan keju parut sesuai selera jika Anda menginginkan rasa keju yang lebih melimpah.

  1. Sushi Sayur Sederhana

Resep cemilan sehat berbahan sayur kedua adalah sushi isi sayur sederhana. Bahan yang disiapkan antara lain 1 bungkus nori (rumput laut) ukuran besar, 1 buah telur ayam kocok lepas, tambahkan sedikit garam kemudian goreng menjadi telur dadar. 2 sendok makan nasi putih, secukupnya timun potong kotak panjang, sawi rebus dan secukupnya mayonnaise.

Diatas plastik tebal/bambu gulung sushi yang bersih susun telur dadar, nori, dan nasi hingga rata dan rapi. Tambah mayonnaise, timun dan sawi rebus diatas nasi membentuk satu garis lurus pada pangkal bambu gulung. Gulung dan padatkan. Keluarkan sushi dan potonglah dengan ketebalan sesuai selera.

Telah tersaji 5 resep cemilan yang sehat berbahan buah dan sayur untuk anak yang mudah dan simpel untuk Anda coba buat sendiri di rumah. Semoga anak Anda menyukainya. Salam !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *