invisible hit counter invisible bg invisible ico

Pilihan Obat Sakit Gigi Berlubang yang Bisa Anda Coba

Pilihan Obat Sakit Gigi Berlubang yang Bisa Anda CobaSakit gigi banyak diakibatkan karena gigi berlubang, oleh karena itu penting diketahui apa saja obat sakit gigi berlubang yang ampuh dari bahan yang alami atau tradisional. Bagi Anda yang pernah mengalami sakit gigi karena gigi berlubang tentunya dapat merasakan betapa tidak nyaman diri kita bahkan terasa tersiksa. Pada umumnya gejala yang dirasakan yaitu berupa rasa nyeri atau cenut-cenut pada area gigi yang berlubang. Rasa nyeri juga dapat disertai radang pada gusi di sekitarnya sehingga dapat terjadi pembengkakan. Selain nyeri lokal pada area sekitar gigi, nyeri juga dapat menjalar ke kepala, sebab pada daerah gigi terdapat banyak ujung saraf yang terhubung ke otak.

Timbulnya gigi berlubang disebabkan akibat infeksi kuman yang bersarang pada gigi tersebut. Munculnya kuman tersebut dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Berbagai faktor yang memicu pertumbuhan kuman pada gigi sehingga menimbulkan gigi berlubang antara lain yaitu terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang manis-manis, jarang menggosok gigi, cara menggosok gigi yang salah, adanya tumpukan plak atau karang gigi, adanya penyakit/radang yang terjadi pada gusi (gingivitis), dan kebiasaan merokok. Seseorang yang mengalami sakit gigi berlubang biasanya juga mempunyai bau mulut yang tidak sedap sehingga dapat menurunkan rasa percaya diri.

Obat Sakit Gigi Berlubang Tradisional yang Ampuh

Sakit gigi berlubang dapat dialami oleh siapa saja, dari usia anak-anak sampai orang lanjut usia. Bagian gigi yang merupakan tempat mengunyah aneka makanan, membuatnya rentan sebagai tempat bersarangnya kuman sehingga memicu timbulnya gigi berlubang. Untuk mengatasi sakit gigi yang disebabkan karena gigi berlubang, Anda dapat menggunakan obat sakit gigi berlubang tradisional seperti berikut ini:

1. Bawang putih

Bawang putih yang sering digunakan sebagai bumbu dapur ini dapat digunakan sebagai obat sakit gigi berlubang. Bawang putih merupakan salah satu jenis tanaman herbal yang mempunyai kandungan zat antibiotik alami sehingga efektif untuk menyembuhkan gigi berlubang. Caranya yaitu siapkan 1 siung bawang putih kemudian ditumbuk sampai halus. Setelah itu oleskan tumbukan bawang putih tersebut pada bagian gigi yang sakit atau berlubang.

2. Bawang merah

Selain bawang putih, bawang merah juga dapat digunakan untuk menyembukan sakit gigi berlubang. Bawang merah juga berkhasiat untuk membunuh bakteri penyebab gigi berlubang. Caranya sama dengan penggunaan bawang putih, yaitu bawang merah dikupas kemudian dihaluskan. Setelah itu oleskan atau tempelkan pada bagian gigi yang berlubang. Lakukan secara rutin sampai gigi Anda sembuh.

3. Biji asam jawa

Biji asam jawa juga dapat Anda gunakan sebagai obat sakit gigi berlubang. Caranya yaitu siapkan beberapa biji asam jawa kemudian disangrai. Lalu tumbuk biji asam jawa tersebut sampai halus. Setelah halus, oleskan pada bagian gigi yang sakit atau berlubang maka gigi Anda akan segera sembuh.

4. Lada dan garam

Anda juga dapat mengobati sakit gigi berlubang dengan lada dan garam. Untuk membuat obat sakit gigi berlubang dari bahan lada dan garam caranya yaitu siapkan lada secukupnya lalu ditumbuk sampai halus. Tambahkan garam secukupnya dan tumbuk menjadi satu. Kemudian oleskan campuran lada dan garam tersebut pada gigi yang berlubang.

5. Jeruk nipis

Obat sakit gigi berlubang yang berikutnya yaitu jeruk nipis. Jeruk nipis merupakan salah satu buah yang kaya akan vitamin C. Dengan kandungan vitamin C yang tinggi ini maka jeruk nipis berkhasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan membunuh kuman penyebab gigi berlubang. Untuk mengobati sakit gigi berlubang menggunakan jeruk nipis caranya sangat mudah, yaitu siapkan 1 buah nipis lalu dibelah menjadi 2 bagian. Kemudian peras jeruk nipis tersebut dan teteskan perasannya pada gigi yang berlubang.

6. Daun jambu biji

Daun jambu biji selain untuk mengobati diare ternyata juga dapat digunakan untuk mengobati sakit gigi berlubang. Caranya yaitu siapkan beberapa lembar daun jambu biji yang masih segar kemudian ditumbuk sampai halus. Setelah halus, oleskan pada gigi yang sakit. Selain ditumbuk, Anda juga dapat mengunyah daun jambu biji secara langsung, tentunya harus dibersihkan atau dicuci terlebih dahulu.

7. Minyak cengkeh

Cengkeh dapat digunakan sebagai obat sakit gigi berlubang karena mempunyai kandungan zat anti bakteri, anti inflamasi, anti oksidan, sekaligus sebagai anestesi. Caranya yaitu teteskan minyak cengkeh pada 1 gelas air kemudian gunakan air tersebut untuk berkumur. Anda juga dapat meneteskan minyak cengkeh pada kapas yang steril lalu tempelkan pada gigi yang berlubang.

8. Air garam

Garam mempunyai khasiat untuk membunuh bakteri dan mempercepat penyembuhan luka. Untuk mengobati sakit gigi berlubang caranya yaitu campurkan satu sendok makan garam pada 1 gelas air hangat kemudian gunakan untuk berkumur. Lakukan cara ini secara teratur 3 kali dalam sehari.

9. Getah jarak

Tanaman jarak juga dapat digunakan sebagai obat sakit gigi berlubang yaitu dengan diambil getahnya. Caranya yaitu petik tangkai daun jarak maka secara otomatis akan mengeluarkan getah. Oleskan getah tersebut pada gigi yang berlubang dan lakukan secara rutin.

10. Serai

Selain digunakan sebagai bumbu dapur, serai ternyata juga dapat digunakan untuk mengobati sakit gigi berlubang. Caranya yaitu siapkan daun serai secukupnya lalu direbus sampai mendidih. Setelah matang kemudian disaring untuk diambil airnya. Gunakan air rebusan serai tersebut untuk berkumur-kumur secara rutin sampai sakit gigi berlubang yang Anda derita sembuh.

Untuk mencegah gigi berlubang, hal yang dapat Anda lakukan antara lain yaitu dengan selalu menjaga kebersihan mulut dengan rutin menggosok gigi. Gosoklah gigi Anda dengan menggunakan sikat yang sesuai dengan kontur mulut dan gigi Anda serta gunakan pasta gigi yang mengandung zat untuk melawan bakteri. Dalam menggosok gigi pastikan menlakukannya secara benar yaitu dengan cara memutar bukan dengan cara berlawanan arah. Sebaiknya hindari makanan yang terlalu manis dan jauhi kebiasaan merokok. Perbanyaklah konsumsi sayur dan buah terutama yang mengandung vitamin C untuk meningkatkan daya tahan tubuh sekaligus melawan kuman penyebab gigi berlubang. Anda juga perlu mengkonsumsi banyak air putih untuk melarutkan sisa makanan yang tertinggal di mulut.

Jangan pernah meremehkan gigi berlubang, sebab dapat menimbulkan berbagai dampak kesehatan baik yang ringan sampai yang berat. Pada beberapa kasus, gigi berlubang ternyata dapat menimbulkan akibat yang serius antara lain yaitu dapat memicu penyakit jantung atau berbagai gangguan saraf di berbagai organ tubuh. Hal ini diakibatkan karena pada daerah gigi terdapat ujung-ujung saraf yang berhubungan dengan aliran darah baik ke jatung maupun ke seluruh tubuh. Sehingga jika gigi kita berlubang maka bakteri atau kuman penyakit mudah masuk ke aliran darah sehingga dapat mengganggu kesehatan secara sistemik. Sebaiknya periksakan kesehatan gigi Anda secara berkala ke dokter gigi untuk mendeteksi adanya masalah pada gigi. Jika gigi berlubang yang Anda alami semakin memburuk, maka segera konsultasikan ke dokter gigi untuk penanganan lebih lanjut.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *