invisible hit counter invisible bg invisible ico

Pilihan Obat Flu Tradisional yang Ampuh yang Bisa Anda Coba

Semua orang pasti pernah mengalami sakit flu sehingga penting diketahui apa saja obat flu tradisional yang ampuh dan cepat untuk sembuhkan flu. Dengan menggunakan obat tradisional Walaupun ini tentunya Anda dapat lebih mudah dan praktis untuk mengatasi flu dan lebih aman karena tanpa menimbulkan efek samping. Walaupun kelihatannya sepele, menderita flu merupakan hal yang sangat mengganggu kenyamanan. Pekerjaan pun menjadi terganggu dan kurang maksimal apabila Anda menderita flu. Banyak faktor yang dapat menyebabkan penyakit flu, antara lain yaitu karena daya tahan tubuh yang sedang menurun, perubahan cuaca, faktor sanitasi lingkungan yang kurang baik, maupun kurangnya kebersihan individu dan masyarakat.

Flu adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh virus influenza. Virus ini mempunyai sifat yang mudah menular dan dalam perkembangannya dapat bermutasi dengan berbagai variasi genetiknya. Bahkan terdapat jenis flu yang semula hanya menjangkiti binatang, tetapi saat ini sudah dapat menyerang ke manusia, contohnya yaitu flu burung dan flu babi. Pada umumnya, flu ditandai dengan adanya gejala batuk, pilek, demam, pusing, dan rasa tidak nyaman pada badan. Jika dalam suatu rumah terdapat salah satu anggota keluarganya yang terkena flu, biasanya akan cepat sekali menular ke anggota keluarga lainnya sehingga satu rumah menderita flu. Terlebih lagi pada anak-anak, biasanya akan cepat sekali penyebarannya terutama ketika bermain dengan teman-temannya baik di lingkungan rumah maupun di sekolah.

Berbagai Pilihan Obat Flu Tradisional yang Sudah Terbukti Khasiatnya

Seseorang yang mudah terserang flu biasanya memiliki ketahanan yang rendah dalam tubuhnya. Oleh karena itu untuk mengatasi sakit flu, obat yang efektif adalah dengan cara meningkatkan daya tahan tubuhnya serta meringankan gejala yang dialaminya. Oat tradisional sampai saat ini masih merupakan pilihan untuk mengatasi sakit flu karena terbukti efektif untuk mengatasi flu dan aman bagi kesehatan. Berbagai pilihan obat flu tradisional yang dapat Anda gunakan untuk menyembuhkan penyakit flu antara lain sebagai berikut:

  1. Konsumsi makanan yang mengandung vitamin C

Konsumsi vitamin C merupakan obat flu tradisional yang ampuh sebab dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan asupan vitamin C yang adekuat maka sistem pertahanan tubuh akan bekerja lebih optimal untuk melawan virus penyebab sakit flu. Untuk mendapatkan vitamin C, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang, sebab vitamin C sebagian besar terkandung dalam buah-buahan yang mudah ditemukan di sekitar Anda dengan harga yang terjangkau. Buah yang banyak mengandung vitamin C antara lain yaitu jeruk, mangga, tomat, stroberi, buah kiwi, belimbing, pepaya, jambu biji, dan sebagainya.

  1. Perbanyak minum air putih

Jika Anda terserang flu maka disarankan untuk banyak mengkonsumsi air putih. Sebab konsumsi air putih merupakan obat flu tradisional yang berkhasiat untuk melancarkan metabolisme tubuh, meningkatkan daya tahan tubuh, membantu melegakan hidung tersumbat, dan mencegah dehidrasi. Ketika flu, sebaiknya minumlah air putih dalam keadaan hangat agar memberikan hasil yang lebih optimal untuk meredakan flu.

  1. Mengkonsumsi makanan yang pedas

Untuk meredakan flu Anda juga dapat mengkonsumsi makanan yang diberi sambal atau cabe sehingga menciptakan rasa yang pedas. Tetapi dengan syarat Anda tidak mempunyai sakit maag atau penyakit pencernaan lainnya. Cabe juga merupakan salah satu obat flu alami karena mengandung zat yang bernama capcaisin yang berperan untuk melancarkan aliran darah dan meningkatkan ketahanan tubuh. Selain itu dengan mengkonsumsi makanan pedas yang mengandung cabe tersebut tubuh Anda pun akan mudah mengeluarkan keringat yang menandakan metabolisme tubuh menjadi meningkat sehingga badan menjadi lebih segar dan akan mempercepat proses kesembuhan. Makanan pedas yang cocok dikonsumsi ketika mengalami hidung tersumbat adalah jenis makanan berkuah seperti sup ayam, bakso, atau soto. Makanan tersebut sebaiknya dikonsumsi selagi panas untuk memberikan hasil yang efektif agar penyakit flu cepat sembuh.

  1. Menggunakan minyak angin atau aroma terapi

Anda juga dapat meredakan flu dengan cara mengoleskan minyak angin atau minyak aroma terapi di area sekitar leher, punggung, dada, atau di oles tipis di bawah lubang hidung. Minyak angin atau aroma terapi cocok digunakan sebagai obat flu tradisional karena memberikan sensasi hangat pada tubuh dan dapat melegakan pernafasan. Dalam minyak angin atau aroma terapi terkandung zat eucalyptus, mentol, dan kamper yang sangat efektif untuk meredakan hidung tersumbat karena flu.

  1. Minum jahe

Jahe merupakan salah satu jenis tanaman herbal yang dapat digunakan untuk menyembukan gejala flu, termasuk sebagai obat batuk tradisional. Cara  membuatnya cukup mudah, siapkan satu ruas jahe yang telah dicuci bersih lalu sedikit digepuk agar aromanya keluar. Kemudian masukkan jahe pada satu gelas air panas dan tambahkan madu sebagai pemanis. Minum ramuan tersebut selagi hangat dan minumlah secara teratur 2 kali sehari agar flu yang Anda derita cepat sembuh. Jahe mengandung zat yang berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan merupakan antibiotik alami sehingga efektif untuk melawan virus penyebab sakit flu.

  1. Menggunakan ramuan kunyit

Selain jahe, kunyit juga merupakan salah satu obat flu tradisional yang manjur dan sudah dikenal khasiatnya secara turun temurun. Cara membuat ramuannya yaitu siapkan satu ruas kunyit yang dicuci sampai bersih, dikupas dan diparut, kemudian peras untuk diambil airnya. Campurkan perasan kunyit tersebut dengan air hangat secukupnya lalu diminum secara teratur 2 kali dalam sehari. Kunyit mempunyai khasiat untuk memperlancar peredaran darah, meningkatkan sistem imunitas, dan meningkatkan fungsi organ hati untuk melakukan proses detoksifikasi. Oleh karena itu penderita penyakit flu akan segera sembuh jika mengkonsumsi ramuan kunyit tersebut secara teratur.

  1. Konsumsi bawang putih

Bawang putih mengandung zat antibiotik alami dan zat anti inflamasi sehingga sangat ampuh sebagai obat flu tradisional. Anda tentunya tidak akan kesulitan menemukan bawang putih, sebab sehari-hari sering digunakan sebagai bumbu dapur untuk menambah sedapnya cita rasa makanan. Bawang putih juga dikenal mempunyai khasiat untuk memperlancar peredaran darah, sehingga distribusi nutrisi ke jaringan tubuh menjadi lebih lancar dan ketahanan tubuh pun akan meningkat untuk melawan virus influenza yang masuk ke dalam tubuh. Cara mengkonsumsi bawang putih untuk menyembuhkan flu yaitu dengan memakan satu siung bawang putih secara langsung, atau mencampurkannya dalam makanan sebagai lalapan. Lakukan konsumsi bawang putih ini secara rutin 2 kali dalam sehari.

Di samping menggunakan obat flu tradisional seperti yang telah dipaparkan di atas, hal yang tak kalah penting untuk mempercepat kesembuhan penyakit flu yaitu dengan banyak beristirahat dan makan makanan yang bergizi. Untuk mencegah dari penularan flu, sebaiknya Anda selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan, memakai masker terutama ketika berada di pusat keramaian atau di tempat-tempat dengan sanitasi yang kurang baik, serta olahraga secara teratur untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Jika Anda mengalami sakit flu yang tidak kunjung sembuh atau gejala yang ditimbulkan semakin parah, maka sebaiknya periksakan diri ke dokter untuk penanganan lebih  lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *