invisible hit counter invisible bg invisible ico

Pilihan Obat Batuk Tradisional untuk Dewasa yang Ampuh

Pilihan Obat Batuk Tradisional untuk Dewasa yang AmpuhKita pasti lebih memilih menggunakan berbagai tanaman herbal sebagai obat batuk tradisional untuk dewasa dibanding menggunakan jenis obat-obatan lain, seperti beberapa obat-obatan tradisional yang akan kita bahas di bawah ini, yang merupakan rempah-rampah asli dan banyak ditemukan di Indonesia.

Siapa yang tidak pernah merasakan batuk? Kita semua tentu pernah merasakan keluhan satu ini sepanjang hidup kita. Batuk merupakan salah satu dari sekian banyak respon yang diberikan oleh tubuh kita, jika terdapat benda asing yang masuk terutama ke dalam saluran pernapasan. Pada umumnya keluhan yang dirasakan terbagi menjadi 2 jenis, yakni batuk kering dan batuk berdahak. Untuk itu dalam artikel ini kita akan membahas beberapa bahan herbal yang digunakan sebagai obat batuk berdahak tradisional maupun obat batuk kering tradisional.

Daftar tanaman herbal obat batuk tradisional untuk dewasa

Seperti sudah dijelaskan di atas, batuk merupakan salah satu mekanisme pertahanan yang dilakukan oleh tubuh kita. Batuk bukanlah sebuah penyakit melainkan keluhan dari suatu penyakit. Seperti contoh pada penyakit radang paru-paru, pasien akan mengeluhkan keluhan batuk berdahak, karena produksi dahak yang terbentuk di dalam saluran napas. Simaklah ulasan di bawah ini yang akan membahas obat batuk tradisional untuk dewasa yang bisa kita praktekan di rumah.

  1. Jahe

Jahe merupakan salah satu obat batuk berdahak tradisional yang terkenal di negara-negara Asia. Rasa hangat yang diberikan setiap kita mengkonsumsi jahe akan memudahkan kita untuk mengeluarkan dahak yang berasal dari paru-paru maupun dari saluran pernapasan kita. Selain itu rasa hangat tersebut juga dapat mengurangi rasa gatal yang dapat memicu timbulnya batuk pada pasien dengan batuk kering.

Anda bisa mencoba membuat teh jahe dengan cara siapkan 3 buah jahe ukuran medium, yang sudah dicuci bersih dan dipotong. Kemudian masukan ke dalam 4 gelas air lalu direbus, anda juga bisa tambahkan daun peppermint secukupnya. Campuran ini direbus hingga cairannya tersisa setengah.

Tunggu cairan ini hingga hangat, kemudian anda bisa menyajikannya dengan menambahkan madu untuk menambah rasa manis. Minumlah ramuan teh jahe ini sebanyak 2 kali sehari untuk membantu mengeluarkan dahak dan mengurangi rasa gatal di tenggorokan.

  1. Madu

Obat batuk tradisional berikutnya adalah madu. Salah satu penelitian yang dilakukan oleh Penn State College of Medicine menemukan bahwa madu memiliki efek yang dapat membantu meredakan batuk. Dengan mengkonsumsi madu, rasa sakit di tenggorokan akan berkurang karena madu memilki kekentalan yang cukup untuk melapisi dan menenangkan lapisan mukosa tenggorokan yang meradang.

Selain itu kandungan enzim tertentu yang dimiliki oleh madu memberikan efek anti bakteri yang dapat mempercepat proses penyembuhan jika anda mengalami infeksi bakteri. Anda cukup mengkonsumsi 1 sendok makan madu sebanyak 1 sampai 3 kali sehari untuk mengurangi rasa gatal maupun nyeri di tenggorokan.

  1. Nanas

Buah yang satu ini juga merupakan salah satu obat batuk tradisional untuk dewasa. Kandungan bromelain yakni ekstrak protein yang dihasilkan oleh buah nanas (Ananas comosus) memegang peranan dalam meredakan batuk.

Bromelain ini dapat meredakan batuk karena dapat menekan pusat batuk dan juga mengurangi produksi dahak di dalam tenggorokan. Selain itu kandungan Bromelain juga memiliki efek anti radang yang akan mempercepat proses penyembuhan. Anda cukup mengkonsumsi buah ini secukupnya 1 kali sehari.

  1. Lada

Bahan dapur yang satu ini juga ternyata memiliki kemampuan untuk meredakan batuk, terutama untuk lada hitam. Lada hitam diketahui dapat mengurangi batuk dengan dahak yang banyak dan juga rasa sesak di dada. Akan tetapi pengolahannya haruslah tepat, jika anda tidak ingin bersin-bersin karena menghirup aroma bahan yang satu ini.

Untuk meredakan batuk berdahak, gunakanlah lada hitam yang sudah digiling. Bubuk lada ini dapat anda buat menjadi teh yang dapat anda konsumsi 1 sampai 2 kali per hari. Caranya ambillah 1 sendok teh bubuk lada dan masukkan ke dalam 1 gelas air panas. Kemudian aduk hingga rata dan guna menambah rasa manis juga efek anti bakteri anda dapat menambahkan 1 sendok makan madu ke dalam teh ini.

  1. Jeruk nipis

Selain bahan-bahan di atas, ada juga jeruk nipis yang dapat melegakan tenggorokan dan membantu mengeluarkan dahak. Sebagai obat batuk tradisional untuk dewasa jeruk nipis dapat dengan mudah dikonsumsi, yakni cukup campurkan 1 sendok makan perasan jeruk nipis dengan kecap dan diminum 2 kali sehari.

Selain itu, anda bisa mencoba campuran jeruk nipis dan madu yang juga dapat membantu meredakan batuk. Cukup campurkan 3 sendok makan perasan jeruk nipis dengan 3 sendok makan madu murni dan 5 sendok air panas. Aduk hingga rata dan campuran ini dapat anda konsumsi 2 kali sehari.

  1. Daun thyme

Bahan berikutnya memang bukan merupakan bahan asli Indonesia, namun sudah banyak dipasarkan di negara kita. Daun ini berasal dari Mesir berbentuk oval dan berukuran kecil dengan tangkai yang keras. Daun ini sudah dipakai sejak dahulu oleh orang Yunani sebagai obat. Sebagai pereda batuk, daun ini memiliki efek anti bakteri dan juga memberikan rasa lega di tenggorokan.

Haluskan segenggam daun thyme dan campurkan dengan 1 setengah gelas air panas dan aduk selama 10 sampai 15 menit. Anda bisa menambahkan 1 sendok makan perasan lemon atau madu untuk menambah rasa pada ramuan ini. Minumlah ramuan ini 2 sampai 3 kali sehari terutama sebelum tidur.

  1. Konsumsi air hangat

Cara yang terakhir dan tidak kalah penting ini adalah konsumsi air hangat yang bisa anda lakukan dimana saja dan sangat praktis. Dengan minum air hangat yang banyak dapat memberikan anda rasa lega dan juga bisa membantu mengeluarkan dahak yang membandel.

Bagaimana pembaca sekalian? Gampang bukan? Setelah mengetahui tanaman-tanaman herbal sebagai obat batuk tradisional untuk dewasa yang dapat meredakan batuk seperti di atas, anda dapat mencoba mempraktekannya di rumah untuk mengurangi keluhan dan juga mempercepat proses penyembuhan.

Selain batuk kering dan berdahak, batuk juga bisa diikuti dengan keluarnya darah dan terjadi dalam jangka waktu lama. Untuk itu anda perlu mengenali jenis batuk yang anda derita, keluhan batuk yang berlangsung dalam jangka waktu yang lama (lebih dari 3 minggu) dan disertai darah, merupakan tanda dari sebuah penyakit tertentu yang telah berkembang dalam paru-paru anda dalam jangka waktu yang lama.

Jenis batuk yang satu ini perlu diperhatikan karena memerlukan penanganan khusus oleh tenaga kesehatan, yakni berupa pemeriksaan dahak, foto dada dan juga pengobatan tertentu. Untuk itu jika setelah menggunakan terapi herbal di atas dan batuk yang anda derita tidak kunjung sembuh, segera periksakan diri anda ke dokter. Semoga artikel ini berguna bagi kita semua!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *