invisible bg invisible ico

Perut Sakit Sebelah Kiri, Terlihat Sederhana Namun Bisa Jadi Sangat Bahaya!

Perut Sakit Sebelah Kiri, Terlihat Sederhana Namun Bisa Jadi Sangat Bahaya! Perut sakit sebelah kiri adalah penyakit sederhana yang pastinya pernah dialami banyak orang. Namun tidak banyak orang tahu bahwa rasa sakit itu sebenarnya bisa menunjukkan gejala suatu penyakit. Hal ini dikarenakan di bagian kiri perut ada banyak sekali organ penting dalam tubuh manusia. Karena itu, penyebab rasa sakit antara satu orang dan lainnya tentu bisa saja berbeda.

Untuk lebih memahami tentang perut sakit sebelah kiri ini, hal yang pertama dilakukan adalah memastikan posisi sakit. Dalam hal ini, perut sebelah kiri dibagi menjadi dua bagian yaitu atas dan bawah. Masing-masing penyakit yang bisa terjadi dari rasa sakit di perut kiri bagian bawah dan atas berbeda-beda. Bahkan jenis kelamin pun merupakan salah satu indikator yang patut diperhitungkan. Dalam hal ini dikarenakan perut sakit sebelah kiri menunjukkan ragam penyakit yang lebih banyak pada wanita.

Penyakit-penyakit yang mungkin menyebabkan perut sakit sebelah kiri memang wajib kita ketahui agar menjadi lebih waspada. Dengan kewaspadaan ini kita bisa memberikan penanganan yang tepat sesuai kebutuhan dan penyakit yang diderita. Tentunya dengan mengetahui penyakit-penyakit ini kita juga diharapkan agar lebih bisa mengenal anatomi tubuh, misalnya letak organ-organ penting.

Penyebab Perut Sakit Sebelah Kiri Yang Harus Diwaspadai

Agar lebih jelas, mari kita simak penyebab penyakit perut sebelah kiri, mulai dari penyakit yang menyebabkan rasa sakit di perut bawah, perut bagian atas, lalu penyakit khusus pada wanita yang juga bisa menyebabkan rasa sakit di perut sebelah kiri berikut ini.

  • Batu ginjal

Penyakit ini merupakan pengendapan kristal mineral yang terjadi pada saluran kencing atau ginjal. Khusus untuk rasa sakit di perut kiri bawah biasanya terjadi jika batu ginjal terjadi di saluran ureter atau uretra.

Penyebab terjadinya batu ginjal adalah kalsium dalam tubuh yang berlebihan atau volume/banyaknya urin menurun. Saat terjadi penyakit ini biasanya akan memunculkan tanda berupa warna urin yang gelap, mual, atau bahkan rasa nyeri di perut itu sendiri.

Untuk penanganan penyakit ini dilakukan sesuai dengan tipe atau jenis batu ginjal yang terjadi. Jika batu ginjal masih berukuran kecil, penanganannya masih bisa menggunakan cara alami yaitu minum air putih yang banyak. Kurang lebih 3 liter setiap hari. Namun jika batu ginjal sudah berkuran besar, maka harus dilakukan penangan dokter seperti operasi atau pengobatan.

  • Hernia

Penyakit kedua yang mungkin terjadi jika merasakan perus sakit sebelah kiri bawah adalah hernia. Penyakit ini merupakan kondisi saat ada organ yang menekan keluar dari posisi anatominya. Penyakit ini biasanya disebabkan karena otot yang melemah atau karena tekanan tinggi akibat kerja berlebihan.

Faktor yang mempengaruhi terjadinya Hernia ada banyak sekali, misalnya kejadian pasca operasi, pasca melahirkan atau hamil, usia, hingga karena mengangkat beban yang terlalu berat. Hernia biasanya terjadi di lipatan paha dan berbentuk benjolan.

Cara mengatasi penyakit ini harus dengan operasi, namun untuk mencegah penyakit ini terjadi bisa dengan menjaga pola aktivitas yang tidak berlebihan dan makan makanan sehat.

  • Peradangan Usus Buntu

Penyakit selanjutnya yang bisa terjadi yaitu peradangan pada usus buntu. Peradangan ini biasanya terjadi karena pembengkakan kelenjar getah bening di dinding usus. Penyakit ini cukup berbahaya dan lebih baik segera diperiksakan. Hal ini dikarenakan jika peradangan tak segera diatasi, kondisi pembengkakan kelenjar getah bening bisa membuat usus buntu robek atau pecah.

  • Penyakit Crohn

Penyakit berikutnya yang bisa menjadi penyebab perut sakit sebelah kiri adalah penyakit crohn. Penyakit ini mungkin terdengar asing, namun jika tidak diobati juga akan sangat berbahaya. Penyakit ini biasanya muncul karena peradangan di usus kecil dan pangkal usus besar. Oleh karena itu, jika anda mengalami pendarahan di anus serta diare dan nyeri di perut kiri, sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter.

  • Sembelit

Sembelit atau susah buang air besar juga bisa menjadi salah satu penyebab sakit perut sebelah kiri yang menyiksa. Hal ini dikarenakan terjadi penimbunan feses di usus besar, yang selain menyebabkan nyeri terkadang juga menyebabkan mual dan muntah. Cara mengatasinya dengan banyak makan makanan yang mengandung serat atau menggunakan obat pencahar sesuai dosis yang dokter anjurkan. Selain sembelit, sebenarnya rasa nyeri di perut kiri bawah juga bisa terjadi karena kanker atau cedera.

  • Gastritis

Penyebab perut sakit sebelah kiri atas yang pertama adalah gastritis. Penyakit ini terjadi karena lapisan lambung mengalami iritasi dan peradangan atau bahkan terjadi pengikisan. Biasanya selain nyeri, gastritis juga mengakibatkan seseorang sering merasa mual hingga muntah, mengalami penurunan nafsu makan, dan memiliki feses berwarna hitam pekat.

Jika tanda itu ada dalam diri seseorang, maka sebaiknya langsung memeriksakan diri ke dokter atau petugas kesehatan lainnya. Hal ini dikarenakan penyakit ini bisa menimbulkan banyak komplikasi jika tidak diatasi.

  • Divertikulitis

Penyakit berikutnya yang mungkin terjadi adalah terganggunya pencernaan karena dipicu peradangan kantung usus atau divertikulum. Penyakit ini disebut divertikulitis. Beragam gejala yang menunjukkan adanya peradangan ini antara lain kembung, demam mendadak, hingga perdarahan pada rektum, dan tentunya nyeri di perut sebelah kiri.

Untuk mengatasi penyakit ini, anda harus segera memeriksakan diri ke petugas kesehatan. Hal ini dikarenakan penyakit ini bisa diperiksa atau diketahui dengan periksa fisik, pemeriksaan dengan sinar-X dan CT scan.

  • Pangkreatis

Penyakit berikutnya yang bisa menyebabkan perut sakit sebelah kiri atas yaitu peradangan pada pangkreas atau pankreatis. Tanda yang menyertai pankreatis biasanya adalah rasa nyeri di perut sebelah kiri bagian atas yang kemudian menjalar ke daerah punggung.

  • Aneurisma Aorta Abdominal

Penyebab perut sakit sebelah kiri berikutnya adalah Aneurisma Aorta Abdominal atau AAA. Penyakit ini terjadi karena terjadi pembengkakan pada pembuluh darah aorta. Gejala Aneurisma Aorta Abdominal bermacam-macam, yaitu adanya denyut yang konstan di pusar, punggung terasa sakit, hingga sakit di perut sebelah kiri.

  • IBS

Penyakit berikutnya yang bisa terjadi yaitu Irritable Bowel Syndrome atau IBS. Penyakit ini memiliki tanda diare, kembung, dan juga sakit perut di sebelah kiri karena terjadi gangguan pada usus besar. Selain penyakit-penyakit ini, penyakit yang bisa terjadi karena nyeri pada perut kiri sebelah atas antara lain pneumonia, serangan jantung, kanker, terjadinya robekan ada usus besar, hingga cedera.

Penyebab Perut Sakit Sebelah Kiri Khusus Wanita

Khusus Untuk wanita, ada beberapa penyakit yang harus diwaspadai jika terjadi sakit perut di sebelah kiri. Hal ini dikarenakan pada wanita ada beberapa organ khusus yang tidak dimiliki oleh pria. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut.

  • Endometriosis

Salah satu penyebab perut sakit sebelah kiri khusus wanita yang pertama adalah endometriosis. Penyakit ini merupakan adanya jaringan yang seharusnya tumbuh di endometrium atau dalam rahim, namun malah terjadi kelainan jaringan dengan tumbuh di luar rahim.

Penyakit ini juga sering mempengaruhi tuba falopi dan ovarium. Penyakit ini perlu diwaspadai karena bisa mengakibatkan kemandulan pada wanita. Meski penyebabnya belum diketahui secara pasti, anda bisa memeriksakan diri jika merasa sakit saat berhubungan dengan pasangan, sakit saat menstruasi, dan buang air kecil.

  • Kista Ovarium

Penyakit khusus pada wanita berikutnya adalah kista ovarium. Perlu diketahui bahwa dalam hidup seorang wanita, biasanya pernah mengalami kista. Penyakit ini terkadang awalnya tidak sakit, namun setelah membesar dan parah, kista ovarium akan mengganggu proses perkemihan.

Kista Ovarium yang berubah menjadi parah bisa menyebabkan perdarahan dan infeksi. Karena itu jika anda mengalami rasa nyeri di perut sebelah kiri, kesulitan BAB, nyeri pada payudara dan panggul, hingga badan mudah lelah, serta terjadi perubahan pola menstruasi maka anda harus segera memeriksakan diri untuk mencegah penyakit berlanjut.

  • Kehamilan ektopik

Penyakit yang terjadi pada wanita yang menyebabkan sakit perut di sebelah kiri lainnya yaitu kehamilan di luar rahim atau disebut kehamilan ektopik. Awal gejala penyakit ini biasanya muncul rasa tak nyaman di perut, lalu berkembang menjadi lebih nyeri hingga melilit atau spasmodik. Sebenarnya tanda kehamilan ektopik terkadang tak hanya sakit di sebelah kiri perut, namun bisa juga sebelah kanan.

Karena kehamilan jenis ini berbahaya, jika seseorang mual dan muntah, sakit perut, merasa tertekan pada dubur, pusing, hingga terjadi pendarahan berat, maka harus segera memeriksakan diri. Hal ini dikarenakan perlu pemeriksaan USG agar penyakit yang menyebabkan perut sakit sebelah kiri ini bisa ditangani.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *