invisible hit counter invisible bg invisible ico

Perkembangan Janin 35 Minggu dan Kondisi Fisik Sang Ibu

Perkembangan Janin 35 Minggu dan Kondisi Fisik Sang IbuKetika usia kandungan sudah memasuki usia janin 35 minggu, ada beberapa perubahan yang terjadi pada sang ibu dan juga tentunya pada kandungan sang ibu. Biasanya pada trimester ketiga masa kehamilan ini akan terjadi beberapa perubahan fisik pada tubuh sang ibu. Bukan hanya itu, tetapi bayi atau janin yang ada di dalam kandungan pun mengalami perkembangan yang cukup pesat. Mulai dari perkembangan otak, sampai perkembangan fisiknya. Nah, perkembangan janin dan juga perkembangan fisik sang ibu ini harus diketahui dan dikenali oleh para wanita hamil supaya Anda tidak terkejut atau tidak khawatir terhadap perubahan-perubahan yang terjadi pada diri Anda, pada perut atau pada anggota tubuh yang lain. Hal ini dikarenakan ada beberapa gejala atau pertanda kehamilan usia 35 minggu yang belum diketahui oleh wanita yang baru pertama kali hamil, sehingga mungkin akan menimbulkan rasa khawatir atau takut. Maka dari itu, pada artikel kali ini kami akan menjelaskan kepada Anda mengenai perubahan apa aja yang dialami oleh ibu dan janinnya pada saat usia janin 35 minggu.

Pertumbuhan dan Perkembangan Kandungan Saat Usia Janin 35 Minggu

Pada saat memasuki usia 35 minggu, janin akan mengalami tumbuh kembang yang semakin pesat, karena hari H kelahiran sudah semakin dekat. Sang ibu pun biasanya mulai merasa khawatir karena masa persalinan sudah semakin dekat. Akan tetapi pada tiga minggu setelah 35 minggu, yaitu ketika janin 36 minggu, 37 dan 38, masih akan terjadi lagi masa pertumbuhan janin yang sangat pesat. Dan masa-masa terakhir tersebut dinilai sebagai masa pertumbuhan yang paling cepat. Nah, berikut ini adalah beberapa hal yang berkembang dari janin pada saat memasuki usia 35 minggu.

Yang pertama, berat janin semakin lama akan semakin bertambah. Menjelang usia 35 minggu, berat janin akan selalu bertambah setiap minggunya sekurang-kurangnya 25 gram. Pada masa kehamilan minggu ke-35 ini juga bayi akan semakin panjang, dan jika diukur panjangnya sekitar 45 centimeter jika diukur dari kepala sampai jari kakinya. Dan pada masa tersebut janin juga masih membutuhkan lemak yang diperlukan untuk membangun dan membentuk kedua bahunya.

Selain itu rahim Anda juga akan semakin sesak, sehingga janin biasanya akan mulai menunjukkan rasa ketidaknyamanannya tersebut dengan melakukan gerakan berupa tendangan, pukulan, menggeliat, atau berguling. Janin juga diperkirakan sudah berada dalam posisi kepala berada di bawah di dalam panggul Anda, dan posisi ini adalah posisi yang paling ideal untuk melahirkan. Akan tetapi jika masih belum pada posisi ini, masih ada beberapa cara yang memang diperuntukan untuk mengubah posisi janin ke jalan lahirnya. Selain itu usia janin 35 minggu juga membuat janin yang ada di dalam kandungan perkembangan otaknya semakin pesat.

Berat janin 35 minggu biasanya adalah sekitar 2,2 kg, dan janin mulai berkonsentrasi meningkatkan berat badannya karena beberapa minggu lagi adalah waktu kelahirannya. Sebagian bear organ tubuh janin sudah terbentuk secara sempurna, oleh karena itu minggu-minggu terakhir kehamilan dimanfaatkan oleh janin untuk meningkatkan berat badan. Selain itu jika janin yang dikandung adalah laki-laki, maka tetisnya sudah mulai ada di kantung zakarnya.

Berat janin sekarang mencapai 2,2 kg dengan panjang total 45 cm. Sebagian besar organ janin sudah sempurna saat ini, janin akan berkonsentrasi untuk meningkatkan berat badannya di minggu terakhir kehamilan. Bila janin Ibu laki-laki maka testisnya sudah berada di kantung skrotum sekarang (kantung zakar).

Setelah mengetahui bagaimana perkembangan janin pada usia 35 minggu, lalu bagaimana dengan perubahan kondisi fisik sang ibu? Artikel berlanjut ke halaman 2, termasuk juga membahas cara menjaga kondisi fisik sang ibu.

1 2Next

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *