invisible bg invisible ico

Perkembangan Janin 24 Minggu dan Perubahan pada Kondisi Ibu Hamil

Perkembangan Janin 24 Minggu dan Perubahan pada Kondisi Ibu HamilBagi setiap wanita, memantau perkembangan janin 24 minggu adalah hal yang penting dilakukan. Pasalnya pada usia kehamilan 24 minggu atau 6 bulan, ada banyak perubahan yang muncul pada janin yang ada di dalam kandungan mulai dari ukuran tubuhnya hingga mulai aktifnya janin dalam menanggapi rangsangan yang diberikan.

Pada usia 24 minggu pulalah jenis kelamin janin sudah dapat dilihat, apakah dia laki-laki atau perempuan. Dengan demikian, Anda sudah dapat mempersiapkan berbagai kebutuhan yang diperlukan ketika nantinya janin dalam kandungan lahir ke dunia. Bagi Anda, orang tua yang ingin mengetahui bagaimana kondisi dan perkembangan janin 24 minggu, ada baiknya jika Anda menyimak sedikit ulasan pada kesempatan kali ini.

Bagaimana Perkembangan Janin 24 Minggu yang Ada di Dalam Kandungan

Seperti yang dijelaskan di atas bahwa ada banyak hal yang berubah dalam perkembangan janin 24 minggu, baik itu pada kondisi buah hati ataupun pada ibu yang mengandung. Lantas perkembangan apa saja yang akan dialami oleh janin 24 Minggu? Di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Berat Janin Bertambah

Pada usia 24 minggu, berat janin dalam kandungan pun akan bertambah apabila dibandingkan dengan bobot bayi pada minggu-minggu sebelumnya. Ini adalah kondisi normal yang akan dialami oleh semua janin. Apabila ternyata pada minggu ke 24 tak ada perubahan apapun, Anda harus segera memeriksakan kondisi tersebut ke dokter agar mendapat penanganan yang tepat.

Untuk ukuran tubuh, janin 24 minggu memiliki ukuran tubuh sebesar telapak kaki orang dewasa. Panjangnya adalah sekitar 30 cm dengan berat sekitar 600 gram. Ini adalah berat rata-rata janin yang berusia 24 minggu. Untuk informasi, kondisi berat tersebut juga akan dipengaruhi oleh asupan makanan bergizi yang dikonsumsi oleh janin tersebut. Semakin banyak gizi yang masuk, maka tak menutup kemungkinan berat bayi akan semakin bertambah.

  • Memiliki Pola Tidur yang Jelas

Perkembangan janin 24 minggu yang selanjutnya adalah pola tidur yang dimilikinya akan semakin jelas. Dalam Arti janin usia 24 minggu akan menemukan pola atau ritme tidur yang jelas. Hal ini dapat dilihat dari gerakan-gerakan yang dirasakan oleh ibu hamil, yang menandakan bahwa janin sedang terjaga. Sebaliknya, apabila tak terdapat tanda atau gerakan tertentu, maka janin sedang berada pada posisi tidur dalam rahim ibu hamil tersebut.

  • Bentuk Wajah Mendekati Sempurna

Janin yang memasuki usia 24 minggu akan memiliki bentuk wajah yang hampir sempurna. Hal ini dapat dilihat dari munculnya alis, hidung, bibir, kelopak mata, serta otot-otot wajah. Ini mungkin menjadi salah satu hal yang paling ditunggu-tunggu oleh setiap orang tua.

Untuk mengetahui bagaimana posisi dan kontur wajah pada janin 24 minggu, Anda dapat melakukan tes USG di rumah sakit. Melalui tes USG inilah dokter akan menunjukkan bagaimana bentuk wajah janin dalam kandungan tersebut.

  • Munculnya Rambut-Rambut Halus

Ciri fisik lain yang dapat dilihat pada janin usia 24 minggu adalah munculnya rambut-rambut halus pada kepala bayi. Meskipun rambut tersebut tidak terlalu lebat, namun Anda masih dapat melihatnya dengan menggunakan USG. Untuk perkembangan janin 24 minggu berupa munculnya rambut halus, Anda pun dapat mengetahui warna rambut seperti apa yang akan dimiliki oleh buah hati Anda tersebut. Apakah rambut yang dimilikinya berwarna pirang, hitam, coklat, ataupun warna lainnya.

  • Munculnya Kulit Tipis yang Transparan

Meskipun belum terbentuk secara sempurna, namun janin 24 minggu sudah mulai memiliki kulit tipis dan transparan. Hal ini karena mereka tak memiliki jaringan lemak di bawah kulitnya tersebut sehingga terlihat sangat transparan. Selain itu, janin 24 minggu juga masih belum memiliki pigmen kulit. Jadi bukan hal yang aneh apabila organ-organ dalam bayi yang mulai terbentuk juga dapat terlihat dengan jelas.

  • Telinga yang Sensitif

Adapun perkembangan janin 24 minggu selanjutnya adalah indera pendengaran mereka yang mulai sensitif. Hal ini karena telinga bayi sudah terbentuk secara sempurna. Oleh karena itulah, janin yang ada di dalam kandungan akan mulai merespon berbagai rangsangan yang diberikan dari luar rahim ibu.

Uniknya, janin usia 24 bulan juga sudah dapat mendengar semua gerakan yang muncul dari sistem tubuh ibunya mulai dari gerakan lambung, jantung, hingga suara-suara lainnya. Bahkan ia juga sudah dapat mendengar suara keras yang berasal jauh dari rahim bayi seperti suara klakson mobil di depan rumah. Untuk itulah, pada usia 24 minggu, Anda sudah dapat merangsang otak janin dengan memutar lagu-lagu klasik yang akan membuatnya nyaman.

  • Perkembangan Otak yang Pesat

Selain beberapa perkembangan di atas, janin usia 24 minggu pun juga akan mengalami perkembangan pesat pada bagian otak mereka. Oleh karena itu, sebaiknya Anda juga mulai mengonsumsi makanan yang sehat dan mengandung gizi yang banyak. Hal ini dapat merangsang perkembangan otak janin dengan sangat baik. Selain itu, berikan stimulus dengan membacakan buku cerita atau bahkan mengajaknya berbicara.

  • Organ Pernapasan Mulai Berkembang

Salah satu organ yang mengalami perkembangan ketika janin berusia 24 minggu adalah organ pernapasan mereka. Pada minggu ini, paru-paru janin sudah terbentuk dengan sempurna. Dengan paru-paru inilah janin terlatih untuk bernapas selama berada di dalam rahim. Untuk paru-paru janin sendiri, sudah terdapat banyak cabang-cabang pernapasan sehingga akan membuat mereka lebih responsif terhadap udara.

  • Mulai Aktif Bergerak

Otak janin 24 minggu yang sudah semakin aktif dan alat gerak yang mulai sempurna akan membuat janin mulai aktif bergerak selama berada di dalam kandungan. Selain itu, ukuran tubuh janin yang sudah semakin besar dan memenuhi ruang dalam rahim akan membuat Anda lebih mudah merasakan pergerakannya.

Sebagai informasi, perkembangan janin 24 minggu ini juga akan membuatnya lebih sensitif dan sering terganggu dengan berbagai gerakan yang muncul dari luar rahim. Untuk itu, jangan sampai Anda melakukan gerakan-gerakan tak terduga yang akan membuat janin terkejut.

Perubahan Kondisi pada Ibu Hamil Usia 24 Minggu

Setelah Anda mengetahui tentang perkembangan janin 24 minggu, kini saatnya memahami tentang bagaimana perubahan yang akan dialami oleh ibu hamil dengan usia kehamilan 24 minggu. Adapun beberapa perubahan yang akan Anda rasakan adalah sebagai berikut:

  • Munculnya Garis Kerutan di Perut

Perubahan fisik yang Anda alami adalah munculnya garis-garis tipis kerutan pada bagian perut. Garis tersebut akan terbentuk secara samar dengan warna coklat atau kemerahan. Garis-garis yang muncul secara alami ini tak dapat dihilangkan baik menggunakan obat-obatan atau krim.

Meskipun garis tersebut tak dapat dihilangkan selama masa kehamilan, namun setelah Anda melahirkan, garis halus tersebut akan perlahan menghilang. Selain pada bagian perut, sebagian wanita juga akan mengalami munculnya garis tersebut pada bagian pinggul dan dada.

  • Berkurangnya Rasa Muntah dan Mual

Kabar gembira bagi Anda yang memasuki masa kehamilan 24 minggu, yakni hal-hal yang menyiksa seperti seringnya mual dan muntah akan berkurang. Hal ini karena tubuh ibu hamil sudah mulai beradaptasi dengan adanya janin di dalam kandungan. (baca juga: cara mengatasi mual saat hamil dengan beberapa langkah mudah)

  • Pembesaran Uterus dan Rahim

Ibu hamil 24 minggu juga akan mengalami perubahan berupa pembesaran uterus dan rahim. Ini adalah kondisi normal karena ukuran janin pun bertambah sehingga tubuh ibu hamil juga akan mengalami adaptasi untuk mengatasi hal tersebut. Perubahan

Itu dia beberapa perkembangan yang akan dialami oleh ibu hamil usia 24 minggu. Dengan mengetahui perkembangan janin 24 minggu, maka Anda dapat lebih menjaga kondisi kehamilan serta hal apa saja yang perlu dipersiapkan selama masa kehamilan Anda. Selain itu, apabila kondisi kehamilan Anda mengalami permasalahan, jangan ragu untuk pergi ke dokter demi mendapatkan penanganan yang tepat. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *