invisible bg invisible ico

Perkembangan Janin 19 Minggu atau Bulan 5 Kehamilan

Perkembangan Janin 19 Minggu atau Bulan 5 KehamilanJanin 19 minggu yang dikandung dalam perut ibu hamil merupakan setengah perjalanan menuju kelahiran buah hati. Pada usia kehamilan ini, tentu orang tua akan penasaran seperti apa perkembangan janin yang ada dalam kandungan. Apakah janin sehat atau tidak? Apa jenis kelaminnya? Dan sebagainya. Untuk itulah, pada kesempatan kali ini akan diulas tentang kondisi janin serta perawatan yang dibutuhkan agar janin tumbuh sehat.

Kondisi Janin 19 Minggu di Dalam Kandungan

Saat janin berumur 5 bulan atau 19 minggu, ukuran panjangnya telah mencapai sekitar 20 cm dengan berat 240 gram. Perkembangan yang cukup pesan ini dipengaruhi oleh mulai tumbuhnya kerangka pada janin. Agar lebih jelas, simak ulasan berikut.

  • Kulit dan Rambut Janin

Pada usia ini, jaringan kulit pada janin mulai tumbuh. Bersamaan dengan tumbuhnya kulit halus, rambut juga ikut muncul pada permukaan kulit. Tak hanya itu, tumbuh pula lanugo atau kulit halus yang memiliki fungsi  melindungi janin dari ketuban saat berada di dalam rahim ibu.

Sebagai informasi, kulit baru yang tumbuh pada janin berusia 19 minggu tak dapat bertahan lama dalam air ketuban. Dengan begitu, adanya lanugo merupakan anugerah untuk si janin karena dirinya terlindung dari air ketuban.

Selain kulit dan rambut halus, muncul juga rambut-rambut pembentuk kontur wajah seperti bulu mata dan alis. Meskipun saat memasuki usia 5 bulan janin belum mampu membuka mata, namun mereka dapat melakukan gerakan spontan berdasarkan reflek.

  • Mengetahui Kelamin Janin

Janin yang berusia 19 minggu juga mengalami pertumbuhan organ reproduksi. Biasanya, jenis kelamin baui dapat diketahui pada usia kandungan sekitar 16 minggu hingga 20 minggu. Namun akan lebih akurat apabila dilakukan pemeriksaan saat kandungan berusia 28 minggu.

Sebagai tanda bahwa janin yang ada di dalam perut berjenis kelamin perempuan, dapat dilihat dari bentuk organ reproduksi, uterus, hingga vulva. Ajaibnya, meskipun usia janin masih memasuki bulan ke 5, namun janin telah memiliki lebih dari 6 juta sel telur. Sel telur ini akan berkurang setiap harinya hingga janin tersebut dilahirkan.

  • Perkembangan Saraf

Hal lain yang harus diketahui adalah terjadinya perkembangan pesat pada saraf janin, salah satunya adalah saraf sensoris. Minggu ke 19 usia kandungan menjadi puncak perkembangan seluruh saraf ini. Semua saraf untuk panca indera seperti peraba, perasa, pendengaran, penghirup, dan penglihatan telah berkembang di otak janin.

Tak hanya itu, janin juga mulai menelan cairan yang bernama amnion. Inilah yang menyebabkan ginjal janin menghasilkan air seni. Biasanya saat kehamilan memasuki minggu ke 12 hingga 19, ibu akan lebih sering ingin buang air besar. Selain karena kandung kemih tertekan oleh berat janin, urine yang dikeluarkan oleh janin juga memengaruhi hal tersebut.

Kondisi Ibu Memasuki Usia Kandungan 5 Bulan

Ada beberapa perasaan yang akan dirasakan oleh ibu bayi saat usia janin 19 minggu. Hal ini karena tubuh mengalami sebuah proses di mana janin yang ada dalam kandungan memiliki ukuran yang mulai membesar. Berikut beberapa kondisi ibu hamil saat usia 19 minggu.

  • Mudah Merasakan Nyeri

Ibu akan lebih sering merasakan nyeri pada bagian perut bawah, ulu hati, dan kaki. Tak hanya itu saja, akan terjadi pembengkakan ringan pada pergelangan kaki ibu hamil. Saat merasakan nyeri pada bagian tubuh, sebaiknya istirahatkan sejenak tubuh anda.

Sebenarnya untuk penyebab nyeri pada bagian jantung dan ulu hati, disebabkan karena beratnya beban janin dalam tubuh. Janin akan menekan jantung, ginjal, dan paru-paru tubuh. Namun apabila nyeri yang dirasakan oleh ibu hamil berlangsung lama, segera cek kondisi kesehatan ke dokter.

  • Guratan Perut

Kondisi lain yang akan dialami oleh ibu dengan janin 19 minggu di dalam perutnya adalah muncul guratan pada perut. Sebaiknya guratan tersebut tak perlu digaruk. Cukup berikan usapan halus untuk memberikan rangsangan pada janin. Selain itu, tidur ibu hamil akan mulai tidak nyenyak. Pasalnya ibu hamil janin 5 bulan akan merasakan sensasi panas di dalam perut sehingga lebih mudah berkeringat.

Apabila ibu mengalami kondisi tersebut, sebaiknya perbanyak makanan yang kaya vitamin C dan zat besi. Adapun beberapa makanan yang sangat cocok dikonsumsi oleh ibu hamil 5 bulan adalah daging segar, sayuran hijau, dan buah segar. Selain itu, perbanyak minum air putih dalam setiap hari. (baca juga: daftar makanan yang tak boleh dimakan ibu hamil)

  • Mudah Lelah

Mudah lelah adalah hal yang akan dialami oleh semua ibu hamil. Pada usia janin 19 minggu, rasa lelah akan lebih sering dirasakan karena suhu tubuh berada pada kondisi di atas normal. Untuk mengatasinya, pilihlah pakaian tipis agar tubuh tidak menjadi lebih panas.

  • Nyeri Ulu Hati

Nyeri bulu hati atau heart burn adalah rasa sakit yang akan selalu menyertai ibu hamil di atas 3 bulan. Hal ini karena serat otot halus pada perut telah terpengaruh hormon kehamilan. Dengan kata lain, kandungan asam pada isi perut yang harusnya mengendap, dapat naik ke esofagus.

Ibu hamil dengan janin usia 19 minggu akan dengan mudah merasakan sensasi panas setelah makan, terlebih makanan pedas. Untuk mengatasi perasaan ini, sebaiknya konsumsi makan makanan lunak dan tak sulit dicerna. Tak hanya itu, konsumsi susu dingin juga dianjurkan untuk kesehatan janin serta mengatasi rasa panas dalam perut.

  • Sesak Nafas

Sesak nafas diakibatkan karena stamina menurun. Di samping itu, stamina ibu hamil yang terkuras juga disebabkan oleh sistem sirkulasi darah dalam tubuh yang bekerja keras. Sebagai informasi, sistem sirkulasi darah ibu pada ibu hamil memiliki pekerjaan ganda. Pertama adalah memompa darah ke seluruh tubuh secara efisien. Dan yang kedua adalah memompa tubuh melalui tali pusat yang nantinya akan dialirkan ke tubuh janin.

Ini adalah kondisi wajar yang akan dialami oleh setiap ibu hamil. Untuk itulah, pastikan konsumsi makanan kaya zat besi dan vitamin C seperti daging merah, sayur-sayuran hijau, serta buah-buahan segar.

Tips untuk Ibu yang Hamil 19 Minggu

Setelah mengetahui berbagai ulasan di atas, ada beberapa tips untuk ibu hamil yang perlu diperhatikan. Tips berikut dapat membantu menjaga kesehatan janin dan ibu, serta menjaga tubuh ibu hamil agar tetap ideal. Apa saja tipsnya?

  • Ajak Janin Berbicara

Sesekali ajaklah janin berbicara sembari mengelus lembut perut. Hal ini untuk memberikan sedikit rangsangan pada sensor saraf janin. Jika perlu, ajak janin berbicara dan putarkan musik untuk janin.

  • Olahraga Ringan

Olahraga ringan bermanfaat untuk menjaga tubuh ibu hamil agar tetap ideal. Contoh olahraga ringan yang dapat dilakukan adalah berjalan-jalan atau angkat barbel. Cukup luangkan waktu sekitar 10 hingga 15 menit agar tubuh tidak terlalu lelah.

  • Cek Kesehatan ke Dokter

Tips terakhir adalah selalu rutin memeriksakan kondisi kandungan ke dokter. Hal ini untuk menjaga janin agar tetap sehat. Pada terismeter kedua, yakni minggu ke 18 – 20 merupakan waktu yang tepat untuk melakukan pemeriksaan USG. (baca juga: hal yang perlu diketahui oleh ibu hamil muda)

Demikian ulasan tentang kondisi janin 19 minggu dalam kandungan. Untuk tetap menjaga kesehatan janin, ibu harus tetap aktif beraktivitas, menjalani pemeriksaan rutin ke dokter, dan mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *