invisible hit counter invisible bg invisible ico

Betapa Luar Biasanya Perkembangan Anak 2 Tahun

Betapa Luar Biasanya Perkembangan Anak 2 TahunPerkembangan anak 2 tahun memang diketahui sangat cepat dan juga bisa menangkap berbagai macam informasi dengan tanggap. Selain itu anak dalam usia balita juga mulai ingin dan bisa mengenali benda-benda di sekitarnya meskipun tidak disentuhnya langsung dan hanya dengan melihatnya. Anak usia 2 tahun biasanya juga mulai bisa menggambarkan suatu kejadian atau mengimajinasikan suatu hal tanpa harus ia mengalaminya terlebih dahulu. Misalnya jika sebuah roda di dorong maka akan menggelinding. Dia bisa membayangkan hal tersebut terjadi walaupun tidak melakukannya. Fenomena tersebut bisa saja terjadi karena pada dasarnya anak seusia itu sudah mulai bisa membuat sebuah simbol tersendiri untuk sebuah benda. Nah, pada artikel kali ini kita akan banyak membahas tentang bagaimana perkembangan anak 2 tahun dan apa saja yang biasa dia lakukan pada saat usia 2 tahun.

Perkembangan Anak Usia 2 Tahun

Pada dasarnya ketika seorang anak menginjak usia 2 tahun, maka ia sedang gencar ingin meneliti dan mengetahui segala macam benda yang ada di sekitarnya. Maka dari itu pada usia-usia tersebut sebaiknya sebagai orang tua ataupun keluarga, Anda selalu mendampinginya karena rasa ingin tahu si anak yang begitu besar dan mungkin saja bisa membahayakan dirinya. Seperti yang sudah dikatakan tadi bahwa pada usia antara 1-2 tahun otak anak bertumbuh sangat pesat.

Pada usia tersebut korteks cerebri anak yang sehat akan membentuk sebanyak 2 juta sinapsis atau hubungan antar neuron. Sedangkan mulai dari usia 8 bulan, jumlah sel otak seorang anak akan bertambah dari yang tadinya hanya 50 trilyun menjadi 1.000 trilyun. Seiring berjalannya waktu, otak anak akan terus bertumbuh termasuk beratnya. Dan perkembangan anak 2 tahun ini tentunya harus diiringi dengan nutrisi makanan yang cukup dan juga lingkungan yang mendukung supaya pertumbuhan serta perkembangan otaknya bisa berjalan lancar.

Sebelum usia 2 tahun, kemampuan anak yang lebih berkembang adalah kemampuan gerak motoriknya. Dimulai dari agian kepala, kemudian menuju ke kaki. Jika Anda memperhatikan pun pasti bayi Anda akan mulai memperlihatkan perubahan, dari yang mulai hanya bisa mengangkat kepala saja, bisa tengkurap, duduk, merangkak, berdiri, berjalan, hingga akhirnya bisa berlari. Nah, pada usia 2 tahun seorang anak sudah mulai memiliki kemampuan membentuk ingatan bawah sadar dan juga ingatan sadar terutama yang terkait dengan perkembangan berbahasanya.

Anda akan mulai menyadari bahwa anak Anda sudah mulai berkembang pesat pada usia 2 tahun ketia dia sudah mulai bisa meniru atau mengikuti tingkah laku orang dewasa yang ada di sekitarnya. Si anak juga biasanya akan lebih mudah memahami kata-kata dan juga instruksi yang diucapkan oleh orang lain dengan lebih baik. Bahkan perkembangan anak 2 tahun akan menunjukkan kemampuan anak bereksperimen dengan benda-benda yang ada di sekitarnya. Perkembangan anak usia 2 tahun biasanya juga ditandai dengan mulai pahamnya si anak dengan kepemilikan barang. Misalnya dia mulai bisa mengenali mainan miliknya, baju milik ibunya, dan sebagainya. Bahkan dari buah hati Anda juga sudah mulai bisa mengenali objek gambar dan menyebutkan nama benda tersebut. Dan pada usia 2 tahun seorang anak biasanya sudah mampu menguasai sekitar 200 kata.

Perubahan atau perkembangan yang juga bisa Anda lihat dari buah hati kesayangan Anda adalah dia yang mulai bisa makan sendiri dan tahu bagaimana cara memasukkan makanan dari tangannya sendiri ke mulutnya. Anda juga bisa mengujinya dengan meminta si anak menyelesaikan tugas atau masalah-masalah yang sederhana. Misalnya dengan memintanya untuk mengambilkan apel yang ada di sebelahnya atau memintanya untuk berjalan ke arah Anda. Ketika si anak memegang pensil, pulpen, atau krayon maka jangan larang dia. Dampingi dia supaya dia juga bisa belajar menggunakannya dengan baik, perembangan anak 2 tahun si anak biasanya mulai belajar membuat coretan-coretan menggunakan alat tulis. Bahkan jangan heran jika dia bisa lebih merespon Anda ketika membacakannya cerita atau dongeng dan juga mengajaknya menyanyikan lagu-lagu sederhana.

Artikel ini bersambung ke halaman 2, termasuk membahas tips bagi orang tua untuk dapat memaksimalkan perkembangan anak 2 tahun.

1 2Next

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *