invisible bg invisible ico

Penyebab Sakit Perut di Bawah Pusar dan Cara Meredakannya

Sakit Perut di Bawah Pusar dan Cara MeredakannyaKetika mengalami sakit perut di bawah pusar, maka rasa derita akan sangat terasa, baik Anda laki-laki atau perempuan. Sebenarnya sakit semacam ini sudah umum terjadi dan menjadi salah satu gejala munculnya penyakit lain seperti masalah pada sistem pencernaan atau bahkan organ reproduksi.

Untuk sakit perut yang berada pada bagian bawah pusar memang dapat dikategorikan menjadi dua yakni kategori normal dan kategori serius. Pada kategori normal, rasa sakit tersebut akan muncul saat Anda mengonsumsi makanan berat dengan jumlah yang banyak. Namun rasa sakit tersebut akan perlahan hilang setelah beberapa jam. Sedangkan untuk kategori serius, maka kemungkinan terdapat masalah pada usus dan beberapa organ lain yang terletak di bagian perut bawah.

Apa yang Menyebabkan Munculnya Sakit Perut di Bawah Pusar?

Bagi Anda yang mengalami sakit perut di bagian bawah pusar, mengetahui penyebabnya adalah hal penting yang harus dilakukan. Ini karena dengan memahami penyebab mengapa tiba-tiba muncul rasa sakit berlebih pada perut bagian bawah, maka Anda dapat melakukan langkah penanganan yang tepat dengan bantuan dokter. Adapun beberapa penyebab sakit perut bagian bawah pusar adalah sebagai berikut:

  • Apendisitis atau Radang Usus Buntu

Seperti namanya, penyakit ini terjadi ketika usus buntu mengalami peradangan. Usus buntu merupakan organ yang berbentuk tabung dengan panjang sekitar 88 cm dan memanjang dari bagian usus besar.

Adapun gejala yang muncul karena peradangan pada usus buntu adalah bagian yang sakit hanya terdapat pada satu titik saja, yakni di bawah pusar. Semakin lama dibiarkan, maka rasa sakit perut di bawah pusar tersebut akan menjalar ke bagian atas perut. Munculnya nyeri yang sangat terasa tersebut menjadi titik awal terjadinya peradangan usus buntu. (baca juga: kenali tanda-tanda usus buntu dan cara pengobatannya)

  • Terjadinya Kanker pada Usus Besar

Penyebab kedua munculnya sakit perut di bagian bawah pusar adalah karena pada bagian usus besar terdapat kanker. Kanker usus besar sendiri berawal dari munculnya gumpalan-gumpalan sel kecil yang sifatnya jinak. Gumpalan sel tersebut biasa disebut dengan polip adenomatosa.

Seiring berjalannya waktu, apabila rasa sakit tersebut disepelekan, maka polip akan berkembang menjadi kanker usus besar. Adapun salah satu ciri dari penyakit kanker usus besar adalah rasa sakit muncul hanya di perut bagian bawah saja. Rasa sakit tersebut dapat berupa keram atau hanya sekedar nyeri biasa. Tak hanya itu saja, penderita juga akan kerap mengalami rasa kembung pada perut.

  • Interstitial Crystitis atau Sindrome Kandung Kemih

Ini adalah penyebab lain munculnya rasa sakit tak tertahankan pada bagian bawah pusar. Untuk sindrome kandung kemih sendiri rasa sakit yang awalnya hanya berpusat pada bagian bawah perut akan menyebar hingga ke pinggul. Rasa sakit yang sangat tak nyaman tersebut akan membuat para penderitanya merasakan rasa sakit yang tak tertahankan, terlebih saat mereka buang air kecil.

  • Hernia Inguinalis

Dari beberapa penyebab sakit perut di bawah pusar, mungkin penyakit yang satu ini memiliki tingkat keseriusan yang tinggi. Pasalnya hernia inguinalis merupakan jenis penyakit yang menyerang jaringan usus melalui titik lemah pada bagian otot perut.

Ketika mengalami penyakit yang satu ini, maka Anda akan merasakan rasa sakit yang sangat tak tertahan saat mengangkat benda berat. Tak hanya itu saja, ketika Anda batuk atau bersin, rasa sakitnya akan muncul. Biasanya gejala yang muncul karena penyakit ini adalah pada bagian perut bawah hingga pangkal paha akan mengalami nyeri.

  • Pembesaran Limpa

Penyebab sakit perut di bawah pusar yang selanjutnya adalah karena terjadinya pembesaran limpa. Gejala yang muncul adalah rasa kenyang, kembung, namun sakit pada bagian perut. Adapun penyebab munculnya rasa sakit ini adalah karena terdapat infeksi bakteri maupun parasit dalam perut. Selain itu, dalam kondisi parah, kemungkinan terjadi kanker darah dalam tubuh Anda.

  • Batu Ginjal

Di antara banyaknya jenis penyebab sakit perut di bawah pusar, mungkin penyakit ini yang cukup familiar di telinga Anda. Batu ginjal akan memunculnya rasa nyeri yang sangat besar pada bagian ginjal hingga kandung kemih. Ciri-cirinya adalah perut bagian bawah hingga pangkal paha akan sering keram terutama ketika melakukan buang air kecil. Untuk warna urine penderita penyakit ini biasanya merah, pink, atau cokelat.

Penyebab Munculnya Sakit Perut Bagian Bawah pada Perempuan

Beberapa penyebab sakit perut di bawah pusar yang telah diulas di atas merupakan penyebab umum yang dapat dialami oleh laki-laki ataupun perempuan. Hanya saja untuk perempuan sendiri, ada penyebab lain yang tentunya tak akan dialami oleh laki-laki. Lantas apa saja penyebabnya? Daripada penasaran, simak ulasan berikut ini:

  • Kehamilan Ektopik

Kehamilan ektopik merupakan jenis kehamilan yang terjadi di mana janin terbentuk di bagian luar rahim. Ini memang menjadi salah satu masalah serius yang dapat dialami oleh perempuan yang mengandung. Apabila Anda mengalami masalah ini, sebaiknya segera pergi ke rumah sakit terdekat agar segera mendapatkan penanganan yang tepat.

  • Keguguran

Masalah serius lain yang akan menyebabkan munculnya rasa sakit parah pada perempuan adalah keguguran. Ketika seorang perempuan mengalami ini, maka bagian perut bawah akan terasa sangat sakit dan menjalar ke semua bagian perut. Selain itu, biasanya juga akan muncul darah dari saluran urine.

  • Menstruasi

Setiap perempuan tentu akan mengalami siklus menstruasi atau haid. Pada hari pertama menstruasi, biasanya pada bagian perut bawah serta pinggul akan muncul rasa nyeri yang tak tertahankan. Ini adalah kondisi normal dan akan berangsur menghilang sehingga Anda tak perlu terlalu khawatir.

Cara Meringankan Sakit Perut Bagian Bawah Pusar

Anda telah mengetahui beberapa penyebab munculnya sakit perut di bawah pusar. Rasa sakit ini memang sangat menyiksa sehingga tak jarang menjadikan Anda tak dapat beraktivitas dengan nyaman. Oleh karena itu, bagi Anda yang mengalami permasalahan ini, ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Konsumsi Banyak Air Putih

Cara pertama adalah dengan banyak konsumsi air putih. Cara yang satu ini memang terbukti efektif untuk mengatasi rasa nyeri pada perut. Mengapa? Hal ini karena air putih akan membantu membersihkan berbagai kotoran melalui ginjal. Dengan asupan air putih yang banyak, maka perlahan rasa sakit tersebut akan hilang sedikit demi sedikit dan kotoran dalam ginjal akan dibuang melalui urine. (baca juga: berbagai pilihan obat sakit perut melilit dari bahan alami)

  • Meminum Jahe Hangat

Cara kedua ini adalah salah satu cara tradisional yang terbukti ampuh dalam mengatasi sakit perut di bawah pusar. Hal ini karena jahe sendiri terkenal sebagai bahan alami yang dapat memunculkan rasa hangat pada perut dan meredakan nyeri yang Anda rasakan tersebut. Dalam konsumsi jahe untuk mengatasi nyeri perut, cukup minum segelas air jahe hangat pada pagi dan sore hari.

  • Jangan Konsumsi Makanan Pedas dan Keras

Cara ketiga untuk mengatasi sakit perut di bawah pusar adalah hindari konsumsi makanan yang terlalu pedas dan keras. Hal ini karena makanan yang pedas ataupun keras akan membuat kinerja ginjal dan usus bertambah berat sehingga bukannya menghilangkan rasa nyeri, sebaliknya rasa nyeri akan terus bertambah.

Itulah beberapa cara untuk meredakan rasa sakit perut di bawah pusar. Dengan langkah sederhana tersebut, nyeri yang Anda rasakan pun perlahan akan menghilang. Namun apabila ternyata rasa nyeri perut kerap muncul, sebaiknya Anda memeriksakan hal itu ke dokter agar mendapatkan analisa tepat terhadap penyebab munculnya rasa sakit perut tersebut. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *