invisible hit counter invisible bg invisible ico

Penyebab Sakit Mata dan Cara Tradisional Menyembuhkannya

Penyebab Sakit Mata dan Cara Tradisional MenyembuhkannyaSecara umum penyebab sakit mata tidaklah sama dan bisa diakibatkan oleh banyak faktor baik dari luar ataupun dari dalam. Setiap orang pasti berisiko terkena sakit mata, yang penyebabnya juga pasti berbeda-beda. Mata merupakan salah satu organ tubuh yang sangat penting dan harusdijaga kesehatannya dengan baik. Pasalnya seperti yang sudah kita ketahui, mata kita adalah salah satu alat indra yang kondisinya sangat terbuka saat kita melakukan aktivitas. Jadi besar kemungkinan mata bisa terganggu oleh faktor-faktor dari luar. Supaya Anda bisa mengetahui lebih banyak mengenai penyakit mata, pada artikel kali ini kami akan membahas tentang beberapa penyebab penyakit mata secara umum dan bagaimana cara menyembuhkannya dengan obat sakit mata tradisional. Untuk lebih jelasnya silahkan simak penjelasan yang telah kami rangkum berikut ini.

Dua Kategori Penyebab Sakit Mata Secara Umum

Penyebab penyakit mata secara umum dibedakan menjadi dua kategori, yaitu sakit mata yang terjadi pada permukaan mata (ocular) atau yang terjadi di dalam orbit mata (orbital). Masing-masing kategori penyebab sakit mata merah ini pun memiliki banyak faktor risiko dan berbeda-beda. Bahkan akibatnya pun berbeda-beda, ada yang hanya berdampak ringan bagi kesehatan mata dan ada juga yang cukup berbahaya untuk mata. Nah, berikut ini adalah penjelasan mengenai bagaimana penyebab sakit mata ocular dan orbital.

  1. Ocular

Ocular atau penyebab gangguan mata yang terjadi pada permukaan mata adalah suatu kondisi sakit mata yang dirasakan pada bagian luar struktur mata. Ada beberapa penyebab sakit mata yang satu ini, dan gejalanya pun berbeda-beda. Yang pertama, sakit mata ocular bisa disebabkan oleh alergi, bakteri, zat kimia dan peradangan oleh virus atau yang disebut dengan konjungtivis. Ciri-cirinya penyebab sakit mata merah ini adalah rasa sakit yang ringan dan terasa gatal. Tidak berbahaya, namun harus segera diobati.

Selain itu penyebab lain juga bisa disebabkan oleh kornea yang lecet. Di mana kornea merupakan bagian pada mata yang sifatnya sensitif dan lembut. Hal ini bisa disebabkan oleh terjadinya gesekan pada permukaan kornea. Misal bisa karena kemasukan benda asing atau karena menggunakan lensa kontak. Selain karena gesekan benda asing, penyebab sakit mata ocular lainnya bisa dikarenakan efek kimia atau luka bakar. Zat asam atau zat basa yang masuk ke mata bisa membuat mata terluka atau mengalami iritasi. Luka bakar juga bisa diakibatkan oleh sumber cahaya yang sangat pekat seperti dari sinar matahari atau bahkan dari percikan api kecil.

  1. Orbital

Penyebab sakit mata yang lain adalah sakit mata orbital atau yang berasal dari dalam orbit mata. Artinya sakit mata yang satu ini biasanya dirasakan pada bagian dalam mata atau di belakang permukaan mata. Yang satu ini cukup berbahaya, karena bisa berdampak buruk kedepannya apabila tidak ditangani secara serius. Misalnya seperti glaukoma, salah satu penyakit yang bisa membuat nyeri orbital. Glaukoma ini bisa disebabkan oleh terjadinya tekanan internal pada mata. Jika tidak segera diobati, akibatnya mata bisa mengalami cacat atau bahkan sampai mengalami kebutaan. Apa itu glaukoma? Glaukoma ini terjadi akibat penyumbatan cairan mata atau meningkatnya produksi aqueos humor. Secara umum glaukoma ini terjadi pada orang dewasa.

Penyebab sakit mata orbital yang lain adalah iritis atau peradangan yang terjadi pada iris. Hal ini bisa membuat mata bagian dalam terasa sakit. Kemudian ada juga neuritis, sakit mata yang terjadi karena infeksi bakteri atau virus. Infeksi tersebut akan mengakibatkan peradangan pada saraf optik yang terhubung dengan bagian belakang mata. Selanjutnya ada juga gangguan sinusitis, yang juga diakibatkan oleh infeksi bakteri atau virus karena sinus. Rasa nyeri yang dirasakan biasanya akan terjadi pada lekuk mata.

Artikel mengenai penyebab sakit mata dan pengobatannya secara tradisional ini berlanjut ke halaman 2.

1 2Next

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *