invisible hit counter invisible bg invisible ico

Penyebab Kanker Getah Bening dan Gejala-Gejalanya

Penyebab Kanker Getah Bening dan Gejala-GejalanyaPenyebab kanker getah bening masih cukup jarang diketahui oleh masyarakat awam, karena jenis penyakit ini merupakan salah satu jenis penyakit yang cukup jarang dan sangat berbahaya. Nah, karena berbahaya, sebenarnya masyarakat harus mengetahui apa saja penyebaab kanker ini dan juga berbagai gejalanya sehingga masyarakat bisa menghindari dan juga mencegah penyakit berbahaya ini. Belum lagi masyarakat juga kebanyakan belum terlalu paham apa itu kelenjar getah bening dan apa itu kanker getah bening. Sebelum mengetahui berbagai penyebab kelenjar getah bening, kami akan beritahukan dulu kepada Anda apa itu kelenjar getah bening. Kelenjar getah bening sendiri adalah salah satu bagian penting dalam sistem imun atau sistem kekebalan tubuh manusia. Bagian inilah yang membantu tubuh untuk melawan kuman, mencegah infeksi dan zat-zat asing dari luar tubuh lainnya.

Beberapa Penyebab Kanker Getah Bening yang Sering Terjadi

Sekarang Anda sudah tahu bukan apa itu kelenjar getah bening? Nah, penyakit kanker yang menyerang bagian tersebut biasanya diakibatkan karena pembengkakkan pada kelenjar getah bening karena infeksi bakteri atau virus. Pembengkakkan tersebut juga sering disebut dengan istilah limfadentis, sedangkan penyebab lain yang bisa membuat getah bening menjadi bengkak adalah sel kanker. Pentingnya keberadaan kelenjar getah bening ini tentu saja akan mengakibatkan dampak buruk bagi tubuh saat bagian tersebut rusak atau mengalami gangguan kesehatan. Pembengkakkan yang terjadi tersebut biasanya terjadi apda beberapa tempat di dalam tubuh, diantaranya pada ketiak, bawah dagu, dan juga di pangkal paha. So, supaya Anda lebih mewaspadai penyakit ini, kami akan berikan ulasan singkatnya mengenai beberapa penyebab kanker getah bening.

Faktor pertama yang bisa menimbulkan penyakit pada getah bening ini adalah faktor keturunan. Jadi jika dalam garis keturunan Anda salah satunya ada yang pernah mengalami penyakit ini, maka ada kemungkinan Anda juga bisa terkena kanker kelenjar getah bening. Maka dari itu telusuri silsilah keluarga Anda dan pastikan semuanya aman-aman saja. Hal kedua yang bisa menjadi pemicu kanker ini adalah sistem kekebalan tubuh Anda yang sedang melemah. Pada saat itu tentu saja banyak sekali infeksi-infeksi yang bisa menyerang tubuh Anda. Nah, penyebab yang ketiga ini mungkin adalah yang mungkin dialami oleh masyarakat zaman sekarang. Bagi Anda yang suka mengonsumsi makanan mengandung pengawet atau pewarna kimia, mulai sekarang sebaiknya Anda kurangi karena jenis makanan tersebut bisa memicu munculnya kanker kelenjar getah bening.

Selain itu kebiasaan-kebiasaan pola hidup tidak sehat juga bisa membuat Anda berisiko terkena kanker tersebut. Beberapa diantaranya adalah kurangnya berolahraga dan terlalu banyak mengonsumsi minuman alkohol bisa menjadi penyebab kanker getah bening yang bisa mengancam keselatam Anda. Anda juga harus banyak minum air putih dan mulai menghentikan kebiasaan merokok Anda serta berbagai aktivitas atau pola hidup kurang sehat.

Setelah Anda mengetahui apa saja kebiasaan yang ternyata bisa menjadi penyebab atau pemicu kanker getah bening, penyakit tersebut juga bisa terjadi melalui beberapa proses, yaitu infeksi, virus, peradangan, kanker, dan juga kanker darah. Saat penyakit ini terjadi karena infeksi, Anda akan mengalami peningkatan jumlah sel darah putih melalui jalan multiplikasi yang terjadi karena respon adanya zat asing yang masuk ke dalam tubuh. Masalah atau penyakit ini juga bisa diakibatkan oleh virus karena infeksi dari virus ini bisa mengakibatkan pembengkakkan pada getah bening. Peradangan atau pembengkakkan tersebut terjadi karena sel darah putih mati karena zat asing yang masuk ke dalam tubuh. Selain itu pemengkakkan juga bisa diakibatkan oleh sel kanker yang menyusup masuk ke dalam kelejar getah bening sehingga sel tersebut bisa menjadi penyebab kanker getah ening. Pembengkakkan tersebut akan menjadi lebih keras dan bisa menyebar ke permukaan getah bening yang lainnya.

Bersambung ke halaman selanjutnya.

1 2Next

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *