invisible hit counter invisible bg invisible ico

Pembagian Karakter Berdasarkan Golongan Darah A, B, AB, dan O

Pembagian Karakter Berdasarkan Golongan Darah A, B, AB, dan ODi beberapa negara Asia Timur seperti Jepang dan Korea, banyak orang yang mempercayai bahwa terdapat pembagian karakter berdasarkan golongan darah. Sistem penggolongan darah ABO ditemukan oleh ilmuwan Austria yang bernama Karl Landsteiner pada tahun 1900. Ia menemukan bahwa ternyata manusia memiliki darah yang berbeda-beda. Sebagian individu yang menerima transfusi darah sehat-sehat saja, namun sebagian lainnya menjadi bertambah sakit dan bahkan meninggal. Akhirnya ia menemukan adanya golongan darah A, B, dan O. Dua tahun kemudian, dua rekan kerja Landsteiner yang bernama Alfred von Decastello dan Adriano Sturli menemukan golongan darah keempat, AB.

Hanya berselang dua dekade setelahnya, pada tahun 1927 seorang profesor dari Tokyo Women’s Teacher’s School yang bernama Takeji Furukawa mengusulkan adanya hubungan antara golongan darah dan karakter manusia. Teori ini tidak begitu populer di dunia Barat, tapi sangat disambut baik di beberapa negara Asia dan tentunya di Jepang sendiri. Bahkan, pembagian karakter berdasarkan golongan darah ini juga memicu diskriminasi di sekolah dan tempat kerja. Diskriminasi ini oleh orang Jepang dikenal dengan sebutan “buru hara“.

Mengetahui Karakter Berdasarkan Golongan Darah Anda

Apakah Anda percaya bahwa golongan darah dan karakter seseorang saling berkaitan? Percaya atau tidak, kita pun sudah sangat familiar terhadap topik tersebut, sama halnya seperti tentang bagaimana zodiak dipercaya membawa pengaruh tertentu pada kehidupan manusia. Budaya Jepang telah banyak menginvasi kaum muda. Dan seperti yang bisa kita lihat di anime dan manga, karakter-karakternya pun dilengkapi dengan data mengenai golongan darah mereka. Inilah pembagian karakter berdasarkan golongan darah:

  • Golongan darah A

Orang dengan golongan darah A memiliki karakter yang baik, penyayang, peka terhadap orang lain, dan cenderung mendahulukan kepentingan orang lain daripada diri mereka sendiri. Jika pasangan Anda memiliki golongan darah A, hal ini dapat menjadi salah satu aspek yang positif. Ia dapat menjadi pribadi yang dapat dipercaya dan akan membantu Anda dalam setiap detail hubungan Anda.

Pemilik golongan darah A sangat rapi, serba terorganisir, dan patuh pada aturan. Mereka merupakan penyusun rencana yang sangat baik dan terperinci untuk setiap aktivitasnya, dan dalam praktiknya mereka akan sangat mengikuti rencana tersebut. Mereka akan sangat terfokus pada pekerjaan, dan kesalahan kecil dapat membuat mereka kesal karena mereka memiliki target yang tinggi untuk dicapai.

Apabila Anda memiliki golongan darah A, Anda merupakan pendengar yang baik dan bisa jadi memiliki banyak teman. Di sisi lain, karena kecenderungan altruistik Anda, terkadang banyaknya teman yang Anda miliki harus Anda bayar dengan kebahagiaan Anda sendiri. Anda mungkin tidak pintar dalam mengekspresikan emosi atau mengungkapkan suatu hal yang mungkin bertentangan dengan apa yang disukai atau disetujui orang lain, dan ini bisa jadi melelahkan untuk Anda.

Karena hal itulah, sering-seringlah memiliki apa yang disebut dengan ‘me-time’ dan tidurlah dalam waktu yang cukup untuk menghindari stres fisik maupun psikologis.

Tidak hanya karakter berdasarkan golongan darah yang dapat Anda ketahui, namun juga jenis pekerjaan yang tepat dan kemungkinan jodoh yang sesuai. Untuk orang dengan golongan darah A, pekerjaan yang paling cocok adalah yang tidak memerlukan banyak kontak dengan orang lain seperti akuntan, penulis, atau progammer. Terkait jodoh, orang dengan golongan darah A paling cocok dengan sesama golongan darah A atau golongan darah AB.

  • Golongan darah B

Pembagian karakter berdasarkan golongan darah dapat menjadi topik yang seru untuk dibicarakan. Apabila Anda sedang berbincang dengan orang yang ramah, menyenangkan, dan enak untuk diajak bergaul, besar kemungkinan Anda tengah berbincang dengan pemilik golongan darah B.

Tidak seperti pemilik golongan darah A, orang dengan golongan darah B lebih santai. Mereka tidak terlalu mengambil hati atas perkataan orang lain yang tidak mengenakkan, dan tidak terlalu menganggap sebuah masalah sebagai beban. Apabila mereka merencanakan sesuatu dan praktiknya tidak sesuai dengan rencana tersebut, lebih seringnya mereka hanya akan mengangkat bahu dan berkata, “Ah, oke… tidak apa-apa”. Di sisi lain, mereka adalah pemimpin yang berkomitmen. Begitu mereka mengambil keputusan tertentu, mereka akan tetap pada jalur tersebut.

Apabila Anda memiliki golongan darah B, besar kemungkinan Anda adalah seorang teman favorit. Anda dapat membaca bahasa tubuh dan pikiran orang lain dengan baik. Anda mudah melemparkan pujian pada orang lain dan mudah membuat lelucon. Di sisi lain, Anda adalah sosok dewasa yang memandang sebuah masalah dari berbagai sisi.

Berbicara mengenai diskriminasi, sebagian wanita Korea beranggapan bahwa pria dengan golongan darah B kurang ideal untuk diajak berkomitmen menuju fase hubungan yang lebih serius, karena sifat pemilik golongan darah B yang cenderung jenaka dan genit. Satu lagi ‘kekurangan’ orang dengan golongan darah B adalah suasana hati mereka yang dapat dengan mudah berganti.

  • Golongan darah AB

Yang paling mudah diamati dari karakter berdasarkan golongan darah yang paling akhir ditemukan ini adalah pecinta kebebasan, berpendirian kuat dan mandiri, serta rasional. Pemilik golongan darah AB tidak suka mempermasalahkan hal-hal kecil dan dapat membicarakan tantangan-tantangan kehidupan yang mereka alami tanpa banyak emosi.

Jika Anda memiliki golongan darah AB dan bekerja di sebuah perusahaan, besar kemungkinan Anda adalah anak emas atasan Anda, karena kemampuan Anda untuk melakukan beberapa pekerjaan dalam satu waktu (multitasking) dan dapat menyelesaikan pekerjaan dalam waktu singkat. Anda tidak begitu tertarik untuk berkompetisi dan menjadi pemenang, atau tampil di depan orang banyak. Sifat ini boleh jadi dipandang sebagai suatu kemudahan dalam bekerjasama, namun dapat juga berarti bahwa Anda mudah menyerah.

Dalam pergaulan, orang dengan golongan darah AB adalah yang paling tenang, bahkan cenderung pemalu. Mereka akan cenderung mengamati sekitar untuk membuat penilaian secara objektif. Karena itulah dibalik ketenangannya, pemilik golongan darah AB banyak dicari karena kecerdasan dan kebijaksanaannya.

  • Golongan darah O

Karakter berdasarkan golongan darah O yang paling mencolok terlihat adalah mereka memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Mirip seperti golongan darah A, pemilik golongan darah O sangat terorganisir, patuh pada aturan, dan bertanggungjawab. Mereka memiliki serangkaian tujuan yang harus dicapai dan keinginan yang kuat serta pantang menyerah untuk meraihnya. Karena hal inilah, terkadang mereka memandang rendah orang-orang yang lemah atau malas.

Pemilik golongan darah O adalah orang-orang yang ambisius. Mereka tidak senang mengerjakan sesuatu setengah-setengah, dan mereka adalah kompetitor ulung yang sangat peduli pada menang atau kalah. Dampaknya, mereka dapat menjadi frustasi apabila ada sesuatu yang tidak berjalan sebagaimana mestinya. Mereka juga cenderung tampak selalu sendirian, dan memang mereka membutuhkan banyak waktu untuk sendirian.

Namun di balik itu, mereka juga individu yang menyenangkan untuk bersosialisasi. Pemilik golongan darah O berperasaan halus, berpembawaan ceria dan menghargai hubungan baik dengan tiap orang. Mereka dapat bicara jujur dengan cara yang sangat halus, yang merupakan salah satu kelebihan mereka. Karena ‘karisma’ inilah tingkatan teman mereka sangat luas, mulai dari yang muda hingga yang tua. Mereka juga penyayang tumbuhan dan hewan, sehingga tidak jarang hobi mereka adalah berkebun atau memelihara binatang.

Secara umum, para ilmuwan banyak yang mengesampingkan teori pembagian karakter berdasarkan golongan darah tersebut, karena kurangnya basis keilmuan atau bukti ilmiah yang mendukungnya. Penelitian yang mencoba menggali hubungan sebab akibat antara golongan darah dengan kepribadian manusia belum menampakkan adanya hubungan yang secara statistik signifikan. Apapun itu, sangat penting bagi kita untuk mengetahui sifat-sifat apa saja yang kita miliki, dengan tujuan memahami kelebihan dan kekurangan kita serta memaksimalkan potensi yang kita miliki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *