invisible hit counter invisible bg invisible ico

Panduan Melakukan Senam Hamil 7 Bulan

Panduan Melakukan Senam Hamil 7 BulanSenam hamil 7 bulan sangat bagus dilakukan oleh para ibu yang hamil tua karena dinilai bisa bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Pasalnya pada saat usia kehamilan sudah semakin mendekati waktu kelahiran, kondisi fisik ibu hamil pasti semakin lama akan makin menurun. Belum lagi berat bayi yang ada di dalam perutnya pun pasti akan semakin bertambah sehingga biasanya cukup mengganggu aktivitas sehari-hari. Maka dari itu untuk menjaga kebugaran tubuh, ibu hamil terutama pada saat usia kandungan 7 bulan disarankan untuk tetap melakukan beberapa kegiatan fisik yang ringan. Kegiatan fisik atau kegiatan olahraga ringan tersebut dinilai bisa mengontrol naiknya berat badan serta bisa mengatasi berbagai keluhan yang biasanya dialami oleh para ibu hamil. Sebut saja sulit tidur, bengkak, bahkan bisa mengurangi risiko diabetes.

Beberapa Hal Penting Tentang Senam Hamil 7 Bulan

Kegiatan senam hamil ini sebaiknya dilakukan juga sebelum kehamilan berusia tujuh bulan akan tetapi minimal kandungan berusia 22 minggu. Selain bertujuan untuk menjaga tubuh agar tetap fit, senam hamil ini juga dilakukan untuk melatih bagian-bagian otot tertentu yang bisa membuat proses kehamilan menjadi lebih normal. Seperti otot pada perut, otot panggul, paha, dan bagian lainnya. Dan biasanya ketika melakukan senam para ibu hamil juga diajarkan bagaimana cara melatih pernapasan saat terjadi kontraksi.

Nah, sebelum Anda mengetahui bagaimana gerakan senam hamil 7 bulan, Anda harus mengetahui beberapa hal penting terkait senam hamil. Hal pertama yang harus Anda ketahui adalah bahwa semua gerakan yang diajarkan dan dianjurkan pada senam hamil ini adalah gerakan yang menggabungkan antara latihan pernapasan, kinerja otot jantung, kelenturan, dan juga relaksasi. Seperti yang tadi sudah dibahas, gerakan-gerakan senam ini juga akan memperkuat beberapa bagian otot tubuh Anda yang dibutuhkan pada saat proses persalinan tiba. Beberapa gerakan senam ini juga bisa mengurangi kejadian kram pada kaki, rasa pegal yang dialami pada punggung serta pinggang, serta bisa juga membantu bayi menuju ke jalan lahirnya. Bermanfaat sekali, bukan? Dan hal terakhir yang perlu Anda ketahui adalah, manfaat-manfaat yang barusan dijelaskan hanya akan Anda rasakan jika Anda melakukan aktivitas senam tersebut secara rutin.

Akan tetapi, sebelumnya Anda juga harus mengetahui syarat-syarat tertentu yang tidak boleh Anda lewatkan demi keselamatan bayi yang ada di dalam kandungan dan juga keselamatan Anda tentunya. Jadi dalam melakukan kegiatan senam ini, cara senam hamil tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Untuk boleh melakukan senam ibu hamil disarankan usia kehamilannya sudah lebih dari 22 minggu. Tak lupa Anda juga harus sudah menanyakan dan meminta ijin kepada dokter atau bidan untuk melakukan kegiatan tersebut. Nah, supaya lebih terjamin keamanannya, senam yang Anda lakukan juga harus dalam pengawasan instruktur yang berpengalaman dalam bidang senam hamil dan sebaiknya jika belum pernah melakukannya sama sekali, jangan lakukan senam hamil 7 bulan sendirian.

Selain itu, segera hentikan senamnya jika Anda merasakan nyeri, perdarahan, terlalu sering kontraksi, cairan ketuban keluar, napas sesak, detak jantung semakin cepat, atau terjadi pembengkakkan pada tubuh. Jika terjadi hal tersebut segera periksakan kandungan ke dokter atau bidan. Ada juga pantangan atau larangan melakukan senam hamil terutama bagi para ibu hamil yang punya beberapa riwayat penyakit seperti jantung, paru, kelainan letak plasenta, hipertensi, dan sebagainya. Maka dari itu Anda sangat disarankan untuk berkonsultasi ke dokter kandungan terlebih dahulu sebelum melakukan senam hamil 7 bulan.

Artikel mengenai panduan senam hamil 7 bulan ini berlanjut ke halaman 2 dengan membahas berbagai contoh gerakan senam hamil.

1 2Next

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *