invisible bg invisible ico

Inilah Obat Tradisional Tipes yang Sederhana namun Ampuh

Mengetahui Berbagai Obat Tradisional untuk Tipes yang Sederhana namun AmpuhTerdapat berbagai bahan obat tradisional yang diciptakan Tuhan dengan sejuta manfaat, termasuk manfaat nya dalam mengatasi penyakit tipes. Perlu Anda ketahui bahwa penyakit tipes merupakan jenis penyakit yang kambuhan. Sekali mengalami tipes, Anda dapat terjangkit penyakit yang sama dengan kondisi yang lebih parah.

Berikut akan dijelaskan berbagai bahan obat tradisional untuk mengatasi tipes dilengkapi dengan cara meraciknya. Selamat membaca dan siapkan catatan Anda!

Mengenal Tipes dan Penyebabnya sebelum Mengenal Obat Tradisionalnya

Tipes atau dikenal juga dengan istilah medis demam typhoid. Merupakan sebuah kondisi akut akibat infeksi bakteri Salmonella typhi atau Salmonella paratyphi pada saluran pencernaan manusia. Menimbulkan berbagai gejala demam tinggi, sakit kepala, diare, nyeri dan kelemahan tubuh yang menyeluruh.

Bakteri penyebab tipes adalah jenis bakteri yang virulen. Artinya bakteri ini dapat bersifat laten dan bersembunyi dalam saluran pencernaan seseorang. Muncul dan menyerang kembali ketika imunitas seseorang menurun. Bakteri inipun dapat ditularkan melalui jalur fecal-oral.

Penularan melalui jalur fecal-oral bermakna, bahwa bakteri Salmonella dapat menular melalui air dan makanan yang tercemar baik melalui feces (kotoran) maupun urine penderita tipes. Sehingga Anda perlu mewaspadai dan lebih cermat dalam memilih warung dan restoran sebagai tempat Anda makanan.

Mencuci tangan dengan air mengalir dan sabum merupakan cara efektif dan cara mudah hidup sehat demi mencegah penularan bakteri penyebab demam tipes. Selain dengan memberikan berbagai terapi dan obat tradisional secara langsung.

Obat Tradisional Tipes yang Sederhana Namun Ampuh, Adakah?

Beberapa bahan tradisional telah terbukti dan diteliti akan manfaat dan khasiatnya sebagai penyembuh tipes. Selain bahan bahan yang digunakan haruslah bahan yang memiliki efek antibakterial, bahan yang digunakan haruslah berefek meningkatkan sistem imunitas dalam tubuh. Berikut penjelasan mengenai berbagai obat tradisional tipes yang sederhana namun ampuh:

1. Bawang Putih

Kandungan antimikrobakterial dalam bawang putih, terbukti dapat menyelamatkan saluran pencernaan dari terjadinya infeksi bakteri salmonella penyebab tipes. Meningkatkan sistem imunitas dalam tubuh, serta membantu mengeluarkan berbagai toxin serta mempercepat penyembuhan.

Mengolah bawang putih menjadi obat tradisional untuk tipes adalah dengan mengkonsumsi 2 siung bawang putih setiap harinya selama 2 minggu berturut turut. Selain itu Anda dapat pula mencampur ½ sendok teh bawang putih dengan empat gelas air dan segelas susu sapi murni. Rebus hingga air tinggal ¼ dari wadah, konsumsi sekurangnya 3 kali dalam sehari. Bakteri tipes akan enggan kembali pada tubuh Anda.

2. Cengkih

Cengkih merupakan rempah khas Indonesia yang ternyata memiliki berbagai manfaat untuk menghalau tipes dari tubuh Anda. Ekstrak cengkih merupakan sebuah agen antibakterial yang sangat kuat. Sanggup membunuh bakteri Salmonella penyebab tipes, serta mengurangi gejala mual muntah dan diare pada kondisi akut.

Cara mendapatkan khasiat cengkih ini secara optimal adalah dengan merebus 5 hingga 6 butir batang cengkih ke dalam 8 gelas air hingga air yang tersisa hanya setengah panci. Matikan api, diamkan rebusan hingga dingin. Saring dan minum rebusan cengkih ini rutin setiap hari selama seminggu. Niscaya berbagai gejala tipes akan pergi dan tidak akan kembali lagi pada tubuh Anda.

3. Daun Kemangi + Merica

Daun kemangi dan merica merupakan dua jenis sayur dan rempah yang dapat Anda gunakan sebagai obat tradisional pada penyakit tipes. Ketika dikombinasikan, kedua bahan ini menciptakan kandungan potensial imun booster dalam tubuh. Merica terbukti pula menjadi salah satu rempah yang memiliki efek anti-kanker.

Langkah mudah mendapatkan manfaat daun kemangi dan merica untuk mengatasi tipes adalah dengan menumbuk halus 4 lembar daun kemangi, 7 butir merica atau setara dengan satu sendok makan merica, tambahkan sedikit kunyit bubuk dan aduk hingga menyerupai pasta. Konsumsi sebanyak 2 hingga 3 kali dalam sehari.

4. Buah Pisang

Buah pisang memiliki kandungan kalium yang sangat baik. Konsumsi pisang dapat menurunkan demam akibat tipes, serta menambah serat ke dalam tubuh. Sehingga gejala diare akan berhenti, dan berbagai kehilangan mineral dan elektrolit akan tergantikan dengan kandungan kalium dalam buah pisang.

Cukup dengan konsumsi dua hingga tiga biji buah pisang matang hingga gejala tipes mereda dengan sendirinya. Dapat pula mencampur buah pisang yang telah di-blend lembut dengan yogurt dan madu secukupnya. Konsumsi sebanyak 2 hingga 3 kali sehari selama seminggu.

5. Buah Cranberries

Cranberries adalah jenis buah berry yang unik, karena tumbuh di dalam air. Memiliki rasa yang paling asam diantara jenis bery yang lain. Namun justru kadar keasamannya inilah yang menyebabkan cranberry kaya akan zat antiparasit dan tinggi kandungan vitamin c.

Selain dikonsumsi langsung, Anda dapat mengolah cranberry menjadi jus atau smoothie yang sehat dengan menambahkan yogurt atau susu ketika proses memblender. Batasi konsumsi jus cranberry ini sekali dalam sehari, karena asam yang tinggi mungkin belum dapat ditoleransi oleh saluran pencernaan Anda yang sedang mengalami peradangan.

6. Buah Jeruk

Buah jeruk merupakn jenis buah yang baik dikonsumsi ketika Anda mengalami gejala tipes. Dalam buah jeruk terkandung banyak sekali kandungan air, berbagai vitamin dan mineral yang meningkatkan sistem imunitas dan kekebalan tubuh. Selain itu jeruk juga membantu mengembalikan hidrasi tubuh akibat demam yang terjadi akibat infeksi bakteri salmonella.

Seperti halnya cranberry, batasi konsumsi buah jeruk sekali dalam sehari selama kondisi masih demam. Anda dapat pula menambahkan yogurt atau susu untuk membuat smoothie jeruk yang menyegarkan dan mengembalikan kondisi tubuh Anda.

7. Kismis

Kismis merupakan buah anggur yang dikeringkan dan dikurangi kadar airnya hingga hanya tersisa sekitar 2 hingga 3% saja. Kandungan kismis telah diteliti, mampu membunuh bakteri penyebab tipes.

Sebuah penelitian yang dilaksanakan oleh National Center for Biotechnology Information pada tahun 2003 juga mengungkapkan bahwa konsumsi kismis dapat menstabilkan kandungan gula dalam darah serta menurunkan resiko penyakit pada jantung.

Cara mudah mendapatkan manfaat kismis adalah dengan merendam segenggam kismis ke dalam segelas air dan diamkan semalaman dalam lemari pendingin. Blend kismis bersama dengan air rendamannya, konsumsi di pagi hari.

8. Madu

Madu dapat membantu tubuh menyerap lebih banyak nutrisi ketika terjadinya peradangan pada saluran pencernaan. Kandungan gula dalam madu juga akan menambah energi, mencukupi kebutuhan kalori ketika terjadi kelemahan saat sakit tipes menyerang.

Cukup dengan mencampur satu sendok makan madu ke dalam segelas air hangat. Konsumsi setiap pagi, maka dapat mengembalikan energy dan kondisi tubuh yang melemah akibat penyakit tipes.

9. Daun Jambu

Dalam daun dambu terkandung zat astringen, pada bunga nya berkhasiat mengurangi lendir berlebihan, menurunkan aktivitas mikrobiota serta berefek sebagai disinfeksi kepada jalan nafas, paru dan tenggorokan. Menurunkan gejala demam yang diakibatkan infeksi saluran pencernaan oleh bakteri tipes.

Untuk mendapatkan khasiat daun jambu, ambil 8 lembar daun jambu muda dan tumbuk halus. Peras airnya dan campur dengan sedikit air. Konsumsi 2 hingga 3 kali sehari untuk mendapatkan efeknya secara optimal.

10. Air Kelapa Muda

Air kelapa muda merupakan jenis obat tradisional yang juga terbukti mampu mengatasi berbagai gejala tipes. Kandungannya yang kaya akan berbagai mineral seperti kalsium, magnesium, potassium, sedikit lemak dan kalori membantu tubuh dalam pemenuhan energi selama menghadapi penyakit tipes.

Cukup dengan konsumsi air kelapa muda sesering mungkin ketika gejala tipes melanda. Atau Anda dapat menambahkan perasan jeruk atau lemon dan diminum bersama setiap harinya. Niscaya tipes enggan mampir lagi pada tubuh Anda dan kesehatan pencernaan akan optimal.

Telah terjasi informasi mengenai berbabagai obat tradisional tipes yang sederhana dan dapat dengan mudah pula ditemukan dan di racik sendiri. Semoga artikel ini bermanfaat dan semoga lekas sembuh dari penyakti tipes Anda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *