invisible bg invisible ico

Obat Sariawan Bayi dari Bahan Alami yang Paling Cepat Menyembuhkan

7 Obat Sariawan Bayi dari Bahan Alami yang Efektif Meredakan SariawanBagi setiap orang tua, mencari obat sariawan bayi mungkin menjadi salah satu hal yang perlu dilakukan ketika buah hati mendadak tidak mau minum, makan, serta menyusui. Hal ini karena salah satu gejala sariawan adalah ketika bayi tiba-tiba menjadi rewel dan mudah menangis, terutama ketika ada benda yang masuk ke dalam mulutnya. Untuk itulah, ketika bayi mengalami gejala tersebut, sebaiknya Anda segera memeriksa kondisi mulut bayi di bagian bibir, gusi, dan bagian dalam pipi.

Obat Sariawan Bayi yang Ampuh Meredakan dan Menyembuhkan Sariawan

Berbicara tentang sariawan, ada beberapa jenis obat sariawan bayi yang dapat Anda gunakan. Obat-obat yang akan dijelaskan pada kesempatan kali ini merupakan obat alami yang mudah didapatkan sehingga Anda pun lebih mudah memberikan penanganan tepat untuk masalah sariawan yang dialami oleh buah hati Anda. Adapun beberapa obat tersebut adalah sebagai berikut:

  • Minyak Kelapa

Seperti yang kita tahu, minyak kelapa merupakan salah satu obat alami yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit, salah satunya adalah sariawan. Tak hanya itu saja, minyak kelapa pun memiliki fungsi untuk mencegah munculnya jamur Candida yang menjadi penyebab utama penyakit sariawan.

Mengenai cara pengobatan sariawan yang dapat Anda lakukan pada bayi adalah dengan cara mengoleskan minyak kelapa murni di bagian mulut yang terserang sariawan. Bahan alami yang satu ini pun tak memiliki efek samping yang berbahaya untuk buah kesehatan buah hati.

  • Es Batu

Obat sariawan bayi yang selanjutnya adalah dengan menggunakan es batu. Bahan alami yang satu ini memiliki manfaat untuk meredakan dan menghilangkan rasa sakit berlebih yang muncul akibat sariawan. Hanya saja, untuk es batu, sebaiknya digunakan pada anak usia lebih dari 1 tahun. Hal ini karena jika diaplikasikan pada anak yang masih berusia di bawah 1 tahun, kemungkinan buah hati akan mengalami flu dan pilek akan semakin besar.

Cara yang dapat Anda lakukan ketika menggunakan es batu sebagai obat sariawan bayi adalah dengan membungkus bongkahan es dalam kain lembut. Setelah itu, tempelkan es batu tersebut pada bagian yang terserang sariawan. Jangan terlalu ditekan agar tidak muncul rasa sakit berlebih pada bayi.

  • Perbaiki Nutrisi Air Susu Ibu

Seperti yang kita tahu, kesehatan buah hati juga tergantung dari asupan nutrisi yang didapatkannya dari ASI. ASI menjadi sumber makanan utama sehingga nutrisi yang ada di dalamnya pun harus benar-benar diperhatikan dengan seksama.

Untuk itulah, bagi ibu yang masih menyusui, sebaiknya Anda memperbanyak konsumsi aneka makanan yang kaya akan vitamin C yang berasal dari buah-buahan dan sayuran. Bila perlu, Anda dapat mengonsumsi beragam makanan prebiotik seperti yoghurt.

  • Air Kelapa

Selain minyak kelapa, obat sariawan bayi yang dapat Anda manfaatkan adalah air kelapa. Obat yang satu ini juga terbukti efektif dalam menyembuhkan sariawan secara cepat. Dalam penggunaan air kelapa untuk menyembuhkan sariawan, Anda dapat memberikan satu sendok makan air kelapa sebanyak 2 kali sehari pada bayi.

  • Jemur Bayi pada Sinar Matahari Pagi

Cara selanjutnya adalah dengan menjemur bayi dengan sinar matahari pagi. Hal ini karena jamur Candida sebagai penyebab utama munculnya sariawan akan dapat dihilangkan dengan mudah. Untuk itu, Anda dapat menjemur bayi di pagi hari selama 3 hingga 5 menit. Selama menjemur bayi, biarkan mulut bayi terbuka sehingga bakteri yang ada di dalamnya pun mati.

  • Berikan Minuman dan Makanan yang Lembut dan Dingin

Cara berikutnya adalah selama bayi mengalami sariawan, berikan asupan makanan dan minuman yang lembut serta dingin. Hal ini karena selama sariawan, apabila makanan ataupun minuman yang masuk ke dalam mulut memiliki bentuk kasar, maka sariawan akan semakin parah. Selain itu, rasa sakit akibat sariawan tidak akan muncul selama bayi mengonsumsi makanan.

  • Campuran Air, Soda, dan Garam

Obat sariawan bayi yang terakhir adalah dengan memberikan campuran soda, air, dan garam. Obat yang satu ini merupakan jenis obat tradisional yang secara turun temurun digunakan untuk mengobati sariawan pada bayi. Adapun khasiat dari campuran air, soda, dan garam adalah untuk mengurangi efek bengkak serta cepat membuat luka sariawan tertutup dengan sempurna.

Mengenai cara yang dapat Anda lakukan ketika menggunakan obat alami ini, pertama campurkan setengah sendok teh soda kue dengan segelas air dan satu sendok teh garam. Setelah itu, aduk hingga semuanya larut. Langkah berikutnya, celupkan kapas ke dalam larutan tersebut. Kemudian tempelkan kapas pada bagian sariawan bayi. Perlu diperhatikan, cara yang satu ini hanya dapat digunakan pada bayi yang berusia di atas 6 bulan.

Mengetahui Penyebab Munculnya Sariawan pada Bayi

Anda telah mengetahui apa saja obat sariawan bayi yang dapat Anda berikan dan aman digunakan. Selanjutnya, pada kesempatan kali ini juga akan dibahas tentang apa saja yang menyebabkan bayi terserang sariawan. Di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Infeksi Jamur

Seperti yang telah dijelaskan di atas, penyebab utama munculnya sariawan adalah tumbuhnya jamur Candida di area mulut. Dalam bahasa kedokteran, infeksi yang disebabkan karena jamur disebut Oral Thrush. Jika infeksi tersebut tetap dibiarkan tanpa mengambil langkah tepat, maka sariawan akan semakin menyebar hingga ke seluruh lapisan mulut buah hati Anda.

  • Sistem Kekebalan Tubuh Bayi yang Masih Lemah

Penyebab yang selanjutnya adalah karena sistem kekebalan tubuh bayi tergolong masih lemah. Hal ini yang menyebabkan bayi lebih rentan terserang beragam penyakit, salah satunya sariawan. Sebagai informasi, ketika bayi lahir dalam keadaan premature, maka mereka akan lebih mudah terserang beragam penyakit dan infeksi.

  • Pemberian Antibiotik yang Menyebabkan Tumbuh Kembang Bakteri

Sebagian besar orang tua mungkin pernah memberikan obat antibiotik pada bayi dengan tujuan agar buah hati tidak mudah terserang penyakit. Padahal beberapa jenis antibiotik memiliki dampak terhadap tumbuh kembangnya bakteri lebih cepat. Untuk itulah, apabila Anda ingin memberikan obat apapun, termasuk antibiotik, sebaiknya konsultasikan hal tersebut terlebih dahulu pada dokter.

  • Luka pada Bagian Mulut Bayi

Penyebab selanjutnya adalah munculnya luka pada bagian mulut bayi. Luka tersebut dapat disebabkan oleh makanan yang sifatnya keras dan memiliki kemungkinan untuk menggores bagian dalam mulut bayi. Dengan munculnya luka, maka bakteri akan lebih mudah berkembang sehingga dapat memicu timbulnya sariawan.

Pencegahan Sariawan pada Bayi yang Dapat Dilakukan

Setelah mengetahui tentang apa saja yang menjadi pemicu munculnya penyakit sariawan pada bayi, Anda juga harus memahami tentang langkah pencegahan seperti apa yang dapat dilakukan. Di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Menjaga Kebersihan

Cara yang pertama adalah pastikan semua benda yang dikenakan oleh bayi bersih dari segala kotoran. Beberapa contoh barang-barang yang harus dipastikan kebersihannya adalah mainan dan pakaian. Hal ini karena apabila benda-benda yang sering digunakan oleh bayi tidak bersih, maka kemungkinan masuknya kuman dan bakteri ke dalam tubuh akan semakin besar.

  • Cuci Botol Susu secara Berkala

Cara pencegahan yang berikutnya adalah dengan mencuci botol susu yang digunakan oleh bayi secara berkala. Mengapa? Pasalnya botol susu dan bayi menjadi dua hal yang tak terpisahkan. Selain itu, botol susu juga sangat rawan menjadi sumber infeksi yang akan memicu munculnya sariawan pada bayi. Untuk itu, ketika hendak menggunakan botol susu, akan lebih baik apabila Anda mencucinya terlebih dahulu sebelum diberikan pada bayi.

  • Bersihkan Semua Perlengkapan Makan Bayi

Tak hanya botol susu saja, semua perlengkapan makan bayi juga harus dipastikan kebersihannya. Seperti halnya langkah dalam membersihkan botol susu, Anda pun dapat merendam perlengkapan makanan bayi dengan menggunakan air hangat atau panas terlebih dahulu sebelum digunakan. Dengan begitu, bayi akan terhindar dari segala bentuk kuman yang masih menempel di tempat makanan tersebut.

  • Cuci Tangan Anda Sebelum Memberikan Makan pada Bayi

Langkah pencegahan yang terakhir adalah dengan mencuci tangan terlebih dahulu sebelum memberikan makan dan minum pada bayi. Hal ini karena bakteri dan kuman juga memiliki kemungkinan ada di tangan Anda.

Itulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan bayi agar terhindar dari sariawan. Dengan mengaplikasikan langkah pencegahan serta memberikan obat sariawan di atas, maka sariawan pada bayi pun dapat lebih cepat disembuhkan. Namun apabila kondisi sariawan sudah masuk dalam kategori parah, sebaiknya Anda memeriksakan kondisinya ke dokter untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut. Semoga bermanfaat .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *