invisible hit counter invisible bg invisible ico

Obat Sariawan Anak yang Alami dan Aman

Obat Sariawan Anak yang Alami dan AmanMemilih obat sariawan anak sebenarnya tidak terlalu sulit. Untuk mengobati sariawan anak, memperkuat daya tahan tubuh dan menggunakan obat herbal biasanya sudah cukup untuk meredakan hingga mengobatinya. Jangan lupakan juga untuk selalu menjaga kebersihan mulut. Sariawan biasanya terjadi pada saat daya tahan anak turun atau karena salah makan, kecuali jika itu sariawan karena terluka, misalnya tergigit, tersodok sikat gigi, atau lainnya.

Sariawan meskipun termasuk penyakit ringan, tapi cukup mengganggu, apalagi jika diderita oleh anak-anak, bisa jadi akan tambah rewel. Sariawan pada anak-anak jika dibiarkan begitu saja tidak diobati akan membuat si anak enggan makan yang mungkin akan membuatnya jadi mudah sakit. Sariawan termasuk penyakit ringan, kecuali jika sariawan tersebut merupakan suatu gejala penyakit lain, salah satunya kanker mulut akan menyebabkan sariawan. Oleh karenanya sariawan hendaknya segera diobati, jika tidak segera sembuh, bisa diperiksakan ke dokter.

Pemicu dan Penyebab serta Obat Sariawan Anak Alami

Untuk dapat mengobati sariawan anak dengan maksimal, hendaknya perlu mengetahui juga pemicu dan penyebab terjadinya sariawan untuk dihindari. Anak-anak umumnya lebih sering mengalami sariawan daripada orang dewasa. Pola makan yang tidak teratur, sering jajan sembarangan, serta sistem kekebalan tubuh yang belum kuat menjadi penyebabnya. Berikut kami uraikan penyebab dan faktor pemicu terjadinya sariawan

  1. Daya tahan tubuh yang menurun

Daya tahan tubuh yang menurun bisa menyebabkan sariawan pada anak dengan mudah. Turunnya daya tahan tubuh ini disebabkan oleh beberapa hal diantaranya yaitu faktor cuaca, anak sedang sakit, makanan yang dikonsumsi kurang bernutrisi, serta pola makan yang tidak teratur. Meningkatkan daya tahan tubuh anak akan sangat membantu penyembuhan sariawannya. Mengonsumsi cukup air putih dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Ramuan daun saga dan madu sebagai obat sariawan anak selain dapat mengatasi sariawannya secara langsung juga akan meningkatkan daya tahan, sehingga mempercepat penyembuhannya.

  1. Kebersihan mulut yang kurang terjaga

Menjaga kebersihan mulut sangat penting. Mulut yang kurang terjaga akan menjadi tempat berkembang biak bakteri dan kuman. Selain dapat merusak gigi, kuman bakteri ini juga akan menyebabkan sariawan jika terus dibiarkan begitu saja, dan lagi jika kebetulan daya tahan tubuh sedang turun. Mengajarkan kebiasaan gosok gigi pada anak penting dilakukan sejak dini. Setelah bangun tidur, setelah makan dan juga sebelum tidur.

  1. Kebiasaan jajan sembarangan

Kebiasaan jajan memang menyenangkan buat anak-anak, tapi jika tidak memperhatikan kebersihannya maka akan membuat sakit, yang umum biasanya sakit perut dan juga sariawan. Belum lagi untuk jangka panjang, karena jajanan jaman sekarang banyak yang asal menggunakan bahan pengawet berbahaya. Ajarkan anak untuk tidak jajan sembarangan, cukup di kantin sekolah yang lebih bersih.

  1. Faktor makanan dan minuman

Faktor makanan memiliki peran penting sebagai penyebab dan pemicu sariawan. Makanan pedas dan panas ditengarai menjadi pemicu sakit ini. Hindari makan/minum panas, biarkan hingga hangat dulu baru dikonsumsi. Jika anak Anda suka makanan pedas, selama sariawan usahakan untuk tidak makan pedas dulu. Faktor berikutnya adalah alergi makanan. Hal ini berbeda-beda pada tiap anak, sebagai orang tua, Anda hendaknya memperhatikan hal ini dengan cermat.

Makanan yang kurang bernutrisi mungkin tidak akan menjadi penyebab langsung sariawan, tapi tentu dapat menjadi faktor pemicunya. Makanan yang kaya akan vitamin, mineral, protein, dan lain sebagainya akan meningkatkan kondisi tubuh yang membuat anak tidak rentan terhadap penyakit, salah satunya sariawan ini.

Masih ada 1 lagi penyebab terjadinya sariawan pada anak. Setelah penyebab-penyebab sariawan diatasi, barulah pengobatan sariawan anak akan efektif. Baca apa saja obat sariawan anak yang aman dari bahan alami di halaman 2.

1 2Next

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *