invisible bg invisible ico

Obat Sakit Tenggorokan Susah Menelan dari Bahan Alami

Obat Sakit Tenggorokan Susah Menelan dari Bahan AlamiMengalami sakit tenggorokan hingga susah menelan pastilah sangat menyiksa, oleh karena itu simak artikel berikut ini yang akan membahas tentang obat sakit tenggorokan susah menelan. Rasa sakit di tenggorokan merupakan tanda terjadinya radang. Sakit di tenggorokan tersebut dapat disertai dengan gejala susah menelan yang dapat berlangsung sementara di awal peradangan tetapi dapat pula berlangsung lama. Tenggorokan biasanya akan bertambah sakit jika untuk menelan makanan, bahkan untuk menelan ludah saja terasa sakit. Kondisi ini tentunya dapat menurunkan nafsu makan penderitanya sehingga dapat memperburuk keadaan.

Selain susah menelan, sakit di tenggorokan juga dapat disertai dengan gejala lainnya seperti suara serak, batuk, pilek, sakit kepala, maupun rasa tidak nyaman pada badan. Peningkatan suhu tubuh atau demam juga sering menyertai terjadinya radang tenggorokan. Sakit pada tenggorokan dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Faktor tersebut antara lain yaitu akibat adanya infeksi bakteri, virus, maupun jamur di saluran pernafasan, alergi makanan, zat iritan tertentu (misalnya rokok, alkohol, makanan berlemak, penyedap rasa), dan akibat dehidrasi. Selain itu kondisi lingkungan juga dapat memicu terjadinya radang tenggorokan seperti polusi udara maupun cuaca yang ekstrem.

Berbagai Pilihan Obat Sakit Tenggorokan Susah Menelan

Alam telah menyediakan bahan-bahan yang dapat digunakan sebagai obat yang ampuh untuk mengatasi sakit tenggorokan. Obat tradisional atau obat yang bersumber dari alam tidak kalah hebatnya dengan obat-obatan modern. Obat-obatan tradisional mempunyai kelebihan antara lain tidak menimbulkan efek samping dan bahannya yang mudah didapatkan di sekeliling kita. Berbagai pilihan obat sakit tenggorokan susah menelan dari bahan alami antara lain sebagai berikut:

1. Lemon dan madu

Obat sakit tenggorokan susah menelan yang pertama yaitu dengan menggunakan bahan lemon dan madu. Buah lemon merupakan buah yang kaya akan vitamin C yang berfungsi untuk melawan kuman penyebab sakit tenggorokan, sedangkan madu berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Cara membuatnya yaitu siapkan 1 buah lemon, belah menjadi 2 bagian, kemudian peras dan campurkan ke dalam gelas berisi air hangat. Lalu tambahkan 2 sendok teh madu, aduk hingga rata. Minum ramuan tersebut selagi hangat, dan lakukan secara teratur 2 kali dalam sehari.

2. Daun sirih

Daun sirih dikenal mempunyai kandungan zat antiseptik alami untuk membunuh bakteri maupun virus penyebab radang tenggorokan. Cara membuat ramuannya yaitu siapkan 5 lembar daun sirih, cuci sampai bersih, lalu masukkan ke dalam panci berisi 2 gelas air. Rebus daun sirih sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil airnya. Setelah itu minum rebusan daun sirih tersebut secara teratur pagi dan sore hari maka sakit tenggorokan yang Anda derita akan segera sembuh.

3. Daun kemangi

Daun yang sering digunakan sebagai lalapan ini ternyata juga dapat digunakan sebagai obat sakit tenggorokan susah menelan. Caranya, siapkan kurang lebih 1 genggam daun kemangi yang masih segar, cuci sampai bersih, lalu direbus bersama 2 gelas air. Tunggu sampai mendidih, lalu disaring dan gunakan air rebusan daun kemangi tersebut untuk mengobati sakit tenggorokan.

4. Jahe

Tanaman yang satu ini tentunya sudah banyak diketahui sebagai obat herbal yang ampuh untuk mengatasi berbagai penyakit, termasuk sebagai obat sakit tenggorokan susah menelan. Selain rasanya yang menyegarkan dan melegakan tenggorokan, jahe mempunyai khasiat untuk melawan kuman penyakit dan meningkatkan daya tahan tubuh. Cara membuat ramuannya yaitu siapkan 2 ruas jahe, cuci sampai bersih, lalu masukkan dalam panci berisi 2 gelas air. Rebus sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil airnya. Setelah itu tampung di dalam gelas, tambahkan madu secukupnya, dan minum secara teratur 2 kali dalam sehari.

5. Jeruk nipis

Untuk mengatasi sakit tenggorokan susah menelan, Anda juga dapat menggunakan bahan jeruk nipis. Buah yang satu ini juga memiliki kandungan vitamin C cukup tinggi sehingga ampuh untuk melawan bakteri atau virus penyebab radang tenggorokan. Cara membuatnya yaitu siapkan 1 buah jeruk nipis, belah menjadi 2 bagian, kemudian diperas dan masukkan ke dalam 1 gelas air hangat. Tambahkan madu secukupnya, lalu diminum secara teratur pagi dan sore hari.

6. Cengkih

Obat sakit tenggorokan susah menelan yang berikutnya yaitu menggunakan bahan dari cengkih. Cengkih mempunyai khasiat sebagai zat anti inflamasi dan analgetik sekaligus untuk melegakan tenggorokan. Caranya yaitu siapkan sekitar 1 genggam cengkih, rebus bersama 2 gelas air sampai mendidih. Setelah itu disaring, gunakan airnya untuk diminum secara rutin 2 kali sehari.

7. Daun pegagan

Daun pegagan merupakan salah satu jenis tanaman herbal yang kaya akan khasiat untuk kesehatan, termasuk untuk mengobati sakit tenggorokan. Selain daun pegagan, Anda juga dapat mengkombinasikan dengan daun sambung nyawa. Cara membuat ramuannya yaitu siapkan sekitar 1 genggam daun pegagan ditambah dengan 5 lembar daun sambung nyawa, cuci bahan tersebut sampai bersih, lalu masukkan ke dalam panci berisi 2 gelas air. Rebus hingga mendidih, kemudian disaring, gunakan airnya untuk diminum secara teratur.

8. Teh hijau

Selain dipakai untuk melangsingkan tubuh, teh hijau ternyata juga dapat dimanfaatkan sebagai obat sakit tenggorokan susah menelan. Teh hijau kaya akan zat antioksidan dan dapat meredakan peradangan. Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu menyeduh teh hijau dengan air panas seperti membuat minuman teh pada umumnya. Untuk menambah khasiatnya, Anda juga dapat menambahkan 1 ruas jahe yang sudah dicuci dan digepuk. Minumlah selagi hangat dan efeknya akan segera terasa untuk menyembuhkan tenggorokan yang sakit.

9. Belimbing

Selain buah lemon dan jeruk nipis, Anda juga dapat membuat obat sakit tenggorokan susah menelan dengan bahan belimbing. Buah ini juga dikenal memiliki kandungan vitamin C dosis tinggi. Caranya sangat mudah, yaitu dengan cara menjadikan belimbing sebagai jus. Siapkan 2 buah belimbing yang matang, cuci sampai bersih, dipotong-potong, lalu masukkan ke dalam blender, tambahkan air secukupnya, dan nyalakan blender. Setelah itu tampung dalam sebuah gelas dan jus belimbing pun siap diminum.

Sakit di tenggorokan yang disertai dengan susah menelan juga dapat disebabkan karena banyaknya produksi dahak yang terkumpul di tenggorokan. Untuk menghilangkan dahak tersebut, Anda dapat melakukan terapi berkumur dengan air garam atau melakukan terapi uap. Untuk berkumur dengan air garam caranya sangat mudah yaitu dengan menyiapkan 1 gelas air hangat, tambahkan 1 sendok teh garam, kemudian gunakan untuk berkumur secara teratur 2 kali sehari. Sedangkan terapi uap caranya dengan menyiapkan air panas di baskom, masukkan beberapa tetes minyak kayu putih ke dalamnya, lalu dekatkan wajah Anda ke baskom, hirup uapnya dan bernafaslah secara wajar.

Agar terhindar dari radang tenggorokan, hal yang dapat Anda lakukan antara lain yaitu dengan menghindari rokok, debu, asap kendaraan bermotor, maupun asap pabrik. Anda dapat menggunakan masker untuk mengurangi paparan polusi udara. Selain itu penting juga untuk menghindari penularan bakteri maupun virus penyebab radang tenggorokan dengan selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan serta meningkatkan daya tahan tubuh. Untuk meningkatkan daya tahan tubuh dapat dilakukan dengan berolahraga secara teratur, banyak minum air putih, dan banyak mengkonsumsi buah-buahan serta sayuran. Jika sakit ditenggorokan susah menelan yang Anda alami tidak kunjung sembuh atau bahkan bertambah parah, sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis lebih  lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *