invisible bg invisible ico

Obat Sakit Perut Alami yang Mudah Didapat dan Terbukti Ampuh

Obat Sakit Perut Alami yang Mudah Didapat dan Terbukti AmpuhHampir setiap orang membutuhkan obat sakit perut alami ketika mereka tiba-tiba merasakan sakit perut yang tak tertahankan. Pasalnya sakit perut memang menjadi jenis penyakit paling umum yang akan dialami oleh siapapun, baik yang tua atau yang muda. Meskipun jarang penderita sakit perut yang mengalami masalah serius, namun ada juga beberapa jenis sakit perut yang menjadi gejala atau tanda munculnya penyakit lain yang lebih berbahaya.

Berbicara tentang obat sakit perut, obat yang berasal dari bahan-bahan alami memang lebih dipercaya oleh sebagian masyarakat Indonesia apabila dibandingkan dengan obat-obatan berbahan kimia. Selain tidak berbahaya untuk tubuh, obat sakit perut alami juga membawa manfaat yang cukup cepat dalam meredakan gejala sakit perut yang melanda.

Macam-Macam Obat Sakit Perut Alami yang Mudah Didapatkan

Sebagai informasi, sebagian besar sakit perut terjadi pada bagian abdomen. Untuk sakit perut jenis ini, biasanya hanya menimbulkan rasa kram saja dan akan hilang dengan sendirinya. Namun apabila sakit perut muncul dengan tiba-tiba dan hanya berpusat pada satu titik saja, maka Anda harus mewaspadai hal tersebut. Pasalnya ini merupakan tanda di mana terdapat masalah yang cukup serius bagi tubuh Anda. Jika Anda mengalami sakit perut dengan gejala seperti itu, sebaiknya segera bawa ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Adapun beberapa obat alami untuk sakit perut yang dapat digunakan akan diulas pada kesempatan kali ini. Obat-obatan tersebut terdiri dari bahan-bahan yang mudah didapatkan sehingga Anda dapat segera mengonsumsinya untuk meredakan gejala sakit perut.

  • Jambu Biji

Obat alami sakit perut yang pertama adalah jambu biji. Buah ini sangat manjur mengatasi sakit perut, terutama untuk jenis sakit perut karena mengonsumsi makanan pedas, diare, dan juga sembelit. Hal ini karena jambu biji berkhasiat meningkatkan proses penyerapan air pada usus sehingga ampuh untuk menghilangkan berbagai permasalahan sakit perut ringan.

  • Wortel

Selain jambu biji, wortel juga terkenal ampuh untuk mengatasi sakit perut. Obat alami yang satu ini memiliki kandungan kalium yang cukup tinggi. Fungsinya adalah untuk membantu melancarkan proses pencernaan makanan dalam tubuh. Selain itu, wortel juga berkhasiat dalam proses pembentukan feses.

Untuk hasil yang maksimal, Anda dapat menjadikan wortel sebagai jus dan dicampur dengan daun mint. Kandungan mineral alami kedua bahan ini tak hanya berkhasiat meredakan sakit perut namun juga membantu menghilangkan nyeri karena peradangan pada lambung.

  • Yoghurt

Seperti yang kita ketahui bersama, yoghurt terkenal sebagai minuman probiotik yang berkhasiat untuk menjaga sistem pencernaan dalam tubuh, meningkatkan imun, serta membantu melancarkan BAB. Khasiat yang dimiliki oleh yoghurt inilah yang menjadikan bahan ini sebagai obat sakit perut alami yang juga layak dikonsumsi.

Adapun tips menggunakan yoghurt sebagai obat sakit perut alami adalah dengan konsumsi 4 sendok makan yoghurt sebelum sarapan atau sebelum tidur. Hasilnya dapat Anda buktikan pada hari ketiga setelah konsumsi yoghurt secara rutin.

  • Pepaya

Obat sakit perut alami yang lain adalah pepaya. Buah ini kaya dengan kandungan serat yang berfungsi untuk membantu melancarkan sistem pencernaan. Meski demikian, tak semua jenis sakit perut dapat diatasi dengan konsumsi pepaya. Bahkan untuk sakit perut tertentu, konsumsi pepaya tak begitu dianjurkan.

Misalnya Anda mengalami sakit perut karena kembung, jangan pernah konsumsi pepaya untuk meredakannya. Pasalnya kandungan serat yang sangat tinggi pada pepaya akan meningkatkan produksi angin yang ada dalam tubuh. Jadi bukannya sakit perut kembung tersebut sembuh, namun sebaliknya yakni menjadi semakin parah.

  • Pisang

Jenis obat alami sakit perut yang selanjutnya adalah pisang. Buah yang satu ini sangat mudah ditemukan sehingga di pasar atau tukang sayur. Hal yang membuat buah pisang dapat meredakan sakit perut adalah karena di dalamnya terdapat kandungan potasium, elektrolit, dan kalium yang tinggi. Kandungan dalam buah pisang tersebut sangat efektif dalam membantu sistem pencernaan, mencegah terjadinya dehidrasi, dan dapat membantu proses detoksifikasi atau pengeluaran racun dari dalam tubuh.

  • Air Kelapa

Siapa yang tak tahu tentang khasiat air kelapa? Ya, air kelapa memang sangat dikenal sebagai obat alami untuk mengatasi berbagai penyakit dalam tubuh mulai dari penyakit ringan hingga keracunan. Begitu juga halnya dengan sakit perut. Air kelapa yang memiliki kandungan elektrolit dan mineral alami ini sangat ampuh untuk menyembuhkan sakit perut baik karena kembung, diare, atau penyebab lainnya.

Menurut beberapa penelitian, kandungan kalium yang terdapat pada air kelepa juga sangat ampuh untuk menetralisir racun yang masuk ke dalam perut. Cukup dengan mengonsumsi segelas air kelapa perhari, maka semua masalah sakit perut yang Anda alami dapat diatasi dengan mudah.

  • Campuran Teh dan Jahe

Ini adalah salah satu obat sakit perut alami yang telah digunakan turun-temurun untuk mengatasi sakit perut. Anda sendiri mungkin menyadari bahwa ketika Anda kecil, Anda sering diberikan teh hangat ataupun jahe hangat ketika mengalami sakit terutama pada bagian perut.

Hal ini karena teh dan jahe hangat apabila dicampurkan akan memunculkan sensasi hangat pada perut. Obat alami ini sangat cocok digunakan pada sakit perut akibat kembung. Untuk membuat ramuan tradisional ini cukup mudah. Anda hanya perlu menyiapkan teh hangat dan campurlah dengan tumbukan jahe hangat. Minumlah ketika perut merasa kurang enak.

Itulah beberapa obat sakit perut alami yang harus Anda coba ketika perut Anda merasa kurang enak. Hal yang perlu diingat, apabila ternyata sakit perut yang Anda alami bukan karena penyakit biasa pada umumnya seperti diare, mag, atau kembung, maka langkah terbaik adalah pergi ke dokter untuk mendapatkan diagnosa yang tepat. (baca juga: penyebab nyeri perut kiri bawah dan cara penanganannya)

Tips yang Perlu Diperhatikan Selama Mengobati Sakit Perut

Selain mengonsumsi berbagai obat sakit perut alami di atas, ada beberapa tips lain yang juga perlu diperhatikan. Tips yang akan diulas berikut harus dilakukan agar pengobatan sakit perut berjalan secara optimal. Beberapa tips tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Perbanyak istirahat hingga kondisi perut membaik
  2. Minum air putih yang lebih banyak agar terhindar dari dehidrasi. Untuk tips ini, minumlah air putih sedikit demi sedikit tapi sering sehingga perut dapat dengan lebih mudah mencernanya
  3. Jangan pernah konsumsi alkohol atau minuman yang mengandung soda
  4. Jangan konsumsi makanan pedas karena dapat memperparah kondisi sakit perut. Setidaknya tunggu selama 48 jam setelah perut merasa agak baikan sebelum kembali mengonsumsi makanan pedas
  5. Jangan konsumsi makanan berlemak karena akan membuat proses pencernaan makanan yang dialami oleh perut berjalan lebih berat.

Kapankah Harus Pergi ke Dokter Ketika Mengalami Sakit Perut?

Seperti yang dijelaskan di atas bahwa ada beberapa jenis sakit perut yang menjadi pertanda munculnya penyakit lain dalam tubuh. Untuk itu, berikut adalah kondisi di mana Anda harus pergi ke dokter ketika sakit perut. Di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Sakit perut disertai dengan muntah-muntah yang berlangsung lebih dari 2 hari
  2. Muncul serangan demam tinggi
  3. Tak dapat buang air besar selama 2 hari
  4. Intensitas buang air kecil menjadi lebih sering dan memunculkan rasa sakit
  5. Rasa sakit pada perut muncul pada bagian yang pernah mengalami cedera
  6. Muntah darah
  7. Buang air besar yang disertai dengan munculnya bercak darah
  8. Kesulitan untuk bernapas
  9. Sakit perut ketika masa kehamilan

Demikian beberapa ulasan tentang obat sakit perut alami, tips yang dapat dilakukan untuk meredakan sakit perut, serta kondisi di mana Anda harus memeriksakan sakit perut Anda pada dokter. Dengan begitu, maka segala macam jenis sakit perut yang Anda alami dapat diatasi dengan tepat. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *