invisible bg invisible ico

Obat Sakit Gigi untuk Anak yang Cepat Mengobati

Obat Sakit Gigi untuk Anak secara Alami, Cepat MengobatiMencari obat sakit gigi untuk anak terlebih lagi yang masih balita tentunya lebih sulit daripada mencari obat sakit gigi untuk orang dewasa. Hal ini dikarenakan banyak obat kimia yang tidak direkomendasikan penggunaannya untuk anak-anak. Oleh karena itu sebagai orang tua harus pandai memilihkan obat sakit gigi untuk buah hatinya menggunakan bahan-bahan yang alami. Kita tentunya merasa tidak tega melihat anak-anak menderita sakit gigi. Orang dewasa saja rasanya setengah mati ketika sedang menderita sakit gigi, apalagi anak-anak tentunya mereka merasa kesakitan, sering menangis, susah makan, dan tidak ada gairah untuk belajar maupun bermain.

Usia anak-anak merupakan usia yang sangat rawan untuk menderita berbagai masalah kesehatan pada gigi. Hal ini dikarenakan mereka masih sulit dikontrol terutama dalam hal konsumsi makanan atau minuman yang pada umumnya mereka sangat menyukai makanan/minuman instan yang manis-manis. Jenis gangguan gigi yang sering dialami oleh anak-anak antara lain yaitu gigi berlubang, gigi keropos, radang pada gusi (gingivitis), adanya abses pada gusi, atau terjadinya peradangan pada saat pertumbuhan gigi. Pada saat menderita sakit gigi anak pada umumnya mengeluh giginya sakit dan kadang disertai dengan peningkatan suhu tubuh/demam.

Berbagai Obat Sakit Gigi untuk Anak dari Bahan Alami yang Dapat Cepat Mengobati

Sakit gigi pada anak dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Selain konsumsi makanan/minuman yang manis-manis, juga dapat disebabkan karena malas menggosok gigi, cara menggosok gigi yang tidak benar, kurangnya nutrisi/gizi pada anak, minum susu menggunakan dot sampai tertidur, dampak laktolosa pada susu kemasan yang sering dikonsumsi balita, dan dampak konsumsi obat-obatan ketika ibu hamil/mengandung. Untuk mengatasi sakit gigi pada anak, Anda dapat menggunakan berbagai obat sakit gigi untuk anak secara alami berikut ini:

1. Es batu

Es batu merupakan obat sakit gigi untuk anak yang dapat diberikan sebagai pertolongan pertama untuk meredakan sakit gigi. Es batu dapat berkhasiat untuk meredakan nyeri pada sakit gigi. Sehingga anak yang semula merasakan nyeri pada gigi yang mungkin sampai menangis, bisa tertangani dengan es batu. Cara meredakan sakit gigi dengan es batu yaitu letakkan es batu pada kain yang bersih kemudian tempelkan/kompreskan pada daerah pipi/bagian luar gigi yang sakit.

2. Air garam

Air garam juga dapat digunakan sebagai obat sakit gigi untuk anak. Caranya yaitu siapkan 1 gelas air hangat dan tambahkan 1 sendok teh garam dapur. Aduk hingga merata kemudian mintalah anak untuk berkumur-kumur menggunakan larutan garam tersebut. Garam cukup efektif untuk meredakan nyeri pada sakit gigi dan mempercepat penyembuhan luka.

3. Bawang putih

Untuk meredakan sakit gigi pada anak, Anda juga dapat menggunakan bahan bawang putih. Bawang putih merupakan salah satu bumbu dapur yang mempunyai kandungan zat antibiotik alami sehingga efektif untuk membunuh kuman penyebab sakit gigi. Caranya yaitu siapkan 1 siung bawang putih, kupas dan cuci sampai bersih, lalu ditumbuk hingga halus. Setelah halus oleskan pada gigi anak yang mengalami sakit.

4. Bawang merah

Selain bawang putih, bumbu dapur yang lainnya yaitu bawang merah juga dapat digunakan sebagai obat sakit gigi untuk anak. Bawang merah juga mempunyai khasiat untuk meredakan nyeri dan membunuh kuman penyakit. Caranya yaitu siapkan 1 siung bawang merah, tumbuk sampai halus, lalu oleskan pada bagain gigi anak yang sakit. Lakukan secara rutin maka sakit gigi yang diderita oleh buah hati Anda akan segera sembuh.

5. Minyak cengkeh

Obat sakit gigi untuk anak yang berikutnya yaitu dengan menggunakan minyak cengkeh. Minyak cengkeh berkhasiat sebagai anti bakteri dan antiinflamasi sehingga sangat ampuh untuk mengobati sakit gigi pada anak. Caranya yaitu teteskan minyak cengkeh pada kapas yang steril kemudian tempelkan pada gigi anak yang sakit. Atau cara yang kedua yaitu teteskan minyak cengkeh pada 1 gelas air lalu mintalah anak untuk berkumur-kumur menggunakan larutan minyak cengkeh tersebut.

6. Biji buah alpukat

Anda juga dapat mengobati sakit gigi pada anak menggunakan biji buah alpukat. Selain buahnya yang mengandung nilai gizi tinggi, ternyata biji buah alpukat dapat digunakan sebagai obat sakit gigi untuk anak. Caranya yaitu siapkan biji buah alpukat secukupnya, disangrai sebentar, lalu ditumbuk supaya halus. Setelah halus, oleskan atau tempelkan pada area gigi yang sakit.

7. Buah lemon dan madu

Bahan dari buah lemon dan madu juga dapat digunakan sebagai obat sakit gigi untuk anak. Buah lemon dikenal memiliki kandungan vitamin C dosis tinggi yang berperan untuk melawan kuman penyakit sedangkan madu mengandung nutrisi lengkap yang diperlukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Sehingga perpaduan lemon dan madu efektif untuk menyembuhkan sakit gigi pada anak. Caranya yaitu siapkan 1 buah lemon, belah menjadi 2 bagian, lalu gunakan setengahnya untuk diperas dan tampung dalam sebuah wadah. Kemudian tambahkan 3 sendok makan madu murni, aduk sampai merata. Setelah itu oleskan larutan tersebut pada bagian gigi yang sakit.

8. Biji asam jawa

Untuk mengobati sakit gigi pada anak, Anda juga dapat menggunakan biji asam jawa. Bahan ini juga berkhasiat sebagai pereda nyeri sekaligus pembunuh kuman penyebab sakit gigi. Caranya yaitu siapkan biji asam jawa secukupnya lalu disangrai. Setelah itu tumbuk biji asam jawa tersebut sampai halus. Kemudian oleskan pada bagian gigi anak yang sakit dan lakukan cara ini secara rutin maka sakit gigi yang dialami oleh anak akan segera sembuh.

Untuk mencegah sakit gigi pada anak, hal yang dapat dilakukan oleh orang tua yaitu dengan selalu mengajarkan anak untuk selalu rutin menggosok gigi terutama saat mandi dan sebelum tidur. Ajarkan juga pada anak untuk menggosok gigi secara benar, yaitu dengan cara menyikat gigi dengan memutar/membentuk bulatan dan menggosoknya sampai ke sela-sela gigi agar semua sisa-sisa makanan dapat terangkat. Nasehati pula buah hati Anda untuk tidak terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang manis-manis seperti permen, coklat, kue, atau susu kemasan. Sisa-sisa makanan manis yang tertinggal di sela-sela gigi mudah sekali untuk merangsang kuman datang dan berkembang biak di dalamnya.

Orang tua juga harus memperhatikan nutrisi untuk sang buah hati yaitu dengan memberikan menu makanan yang bervariasi terutama buah dan sayur yang sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak. Untuk anak balita yang masih mengkonsumsi susu dalam dot, jangan membiarkan dot tetap tertinggal di mulut ketika balita sudah tertidur, sebab hal ini memudahkan kuman masuk dan berkembang biak di dalam gigi dan mulut. Ajarkan juga pada anak untuk banyak mengkonsumsi air putih dan berkumur-kumur terutama setelah makan agar tidak meninggalkan sisa makanan di sela-sela gigi. Periksakan gigi Anak Anda ke dokter gigi secara berkala minimal 6 bulan sekali untuk mengetahui kondisi kesehatan gigi dan mulut anak dan deteksi dini jika mengalami suatu masalah .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *