invisible hit counter invisible bg invisible ico

Obat Panu Paling Ampuh yang Tidak Anda Sangka Sebelumnya

Obat Panu Paling Ampuh yang Tidak Anda Sangka SebelumnyaPanu selain menimbulkan ketidaknyamanan secara fisik juga dapat mengurangi rasa percaya diri penderitanya, yang membuat banyak orang mencari obat panu paling ampuh begitu mereka mengetahui bahwa mereka terkena panu. Panu, yang dalam istilah medis disebut dengan tinea versicolor, adalah bentuk infeksi jamur pada kulit yang paling umum dijumpai. Panu disebabkan oleh jamur Malassezia. Normalnya, jenis jamur ini tidak berbahaya, namun pada beberapa kondisi tertentu jenis jamur ini dapat menyebabkan infeksi. Selain panu, jamur Malassezia juga bertanggungjawab pada sejumlah penyakit kulit lainnya seperti ketombe dan dermatitis.

Panu banyak diderita oleh anak-anak dan remaja (kasus panu pada bayi tidak begitu banyak), dan lebih sering terjadi pada laki-laki daripada perempuan. Seiring dengan bertambahnya usia, kemungkinan seseorang terkena panu makin menurun. Orang yang tinggal di daerah lembab dan panas sangat beresiko terkena panu. Selain itu, orang yang asupan nutrisinya buruk, yang memiliki gangguan hormon dan gangguan sistem imun juga rentan terinfeksi jamur penyebab panu.

Sebelum Mengetahui Apa Obat Panu Paling Ampuh, Mari Terlebih Dahulu Kenali Gejala Panu

Pada kulit orang yang terkena panu, tampak ada bercak-bercak atau bagian yang mengalami perubahan warna. Anggota tubuh yang pertama kali terkena biasanya dada, punggung, bahu, dan lengan atas. Tidak jarang, perubahan warna pada kulit ini bisa menjalar ke leher dan wajah. Bagian kulit yang mengalami perubahan warna ini bisa meluas dan saling bergabung, membentuk area yang bahkan lebih luas lagi.

Orang yang memiliki warna kulit gelap biasanya menemukan bahwa perubahan warna pada kulit biasanya lebih pucat daripada warna kulit normal mereka. Bercak pucat ini akan berwarna pink atau kemerahan ketika terpapar sinar matahari. Sebaliknya, orang yang berkulit terang biasanya mengeluhkan perubahan warna ini lebih gelap daripada warna kulit sehat mereka. Selain perubahan warna, orang yang terkena panu juga dapat mengeluhkan rasa sakit dan gatal pada area tersebut. Di beberapa kasus, perubahan warna juga diikuti pengelupasan kulit.

Obat Panu Paling Ampuh Ternyata Ada di Rak Dapur dan Kulkas Anda

Panu dapat menyebabkan gangguan rasa percaya diri, apalagi jika panu muncul di bagian tubuh yang jelas terlihat. Ada banyak obat antijamur yang mujarab untuk menyembuhkan panu yang dapat Anda beli secara bebas maupun dengan resep dokter. Namun ternyata, obat panu paling ampuh ada di rak dapur maupun lemari es Anda. Tidak percaya? Berikut obat panu yang dapat Anda temukan di rumah.

  • Minyak kelapa

Minyak kelapa tidak hanya dapat digunakan untuk membuat hidangan yang lezat saja. Segala jenis infeksi jamur, tak terkecuali panu, dapat diobati secara efektif dengan menggunakan minyak kelapa. Alasan minyak kelapa dapat dipakai sebagai obat panu paling ampuh adalah karena rantai asam lemak pada minyak kelapa bekerja sebagai antijamur alami, yang artinya minyak kelapa dapat membantu menghentikan pertumbuhan jamur yang menjadi penyebab infeksi. Agar lebih praktis, Anda bisa menggunakan virgin coconut oil (VCO) yang kini banyak dijual bebas di pasaran.

Untuk mengobati panu, cukup oleskan minyak kelapa pada bagian kulit yang terkena panu, kemudian biarkan kering sendiri. Cara lain yang dapat Anda coba adalah campur 1 sendok makan minyak kelapa dengan 5 atau 6 tetes minyak cinnamon. Oleskan pada kulit yang terkena panu. Tunggu hingga 15-20 menit sebelum membilasnya dengan air hangat.

  • Lidah buaya

Tak disangka-sangka, ternyata lidah buaya mengandung 75 zat gizi dan 200 komponen aktif yang membuatnya dapat digunakan sebagai obat alami berbagai macam masalah kesehatan. Dalam lidah buaya terdapat asam salisilat, sulfur, asam sinamat, fenol, dan nitrogen urea yang berperan penting untuk mencegah pertumbuhan penyakit. Selama ini kita mengenal lidah buaya sebagai solusi masalah rambut dan kulit kering, namun ternyata lidah buaya juga dapat digunakan sebagai obat panu paling ampuh.

Lidah buaya juga mengandung protein kDa yang berperan sebagai antijamur, dengan demikian menekan pertumbuhan dan penyebaran jamur. Cara memanfaatkan lidah buaya untuk obat panu sangat mudah. Petik daun lidah buaya lalu ambil getahnya. Oleskan getah lidah buaya pada kulit yang terkena panu, 2-3 kali dalam sehari selama beberapa minggu untuk hasil yang optimal. Cara lain yang dapat Anda lakukan adalah campur beberapa tetes minyak lavender dengan 1 sendok teh getah lidah buaya, lalu oleskan pada kulit yang terkena panu sebanyak 2-3 kali dalam sehari.

  • Yogurt

Yogurt tanpa perasa dan pemanis dapat Anda manfaatkan sebagai obat panu paling ampuh. Bakteri baik dalam yogurt akan membantu mengontrol pertumbuhan jamur penyebab panu sehingga infeksi tidak makin meluas. Yogurt selain dapat Anda makan untuk membantu menyeimbangkan metabolisme tubuh (dan untuk melawan infeksi jamur dari dalam), juga dapat Anda oleskan pada kulit yang terkena panu dan diamkan hingga setengah jam, kemudian basuh dengan air hangat dan sabun yang lembut.

  • Bawang putih

Bawang putih tidak hanya sekedar bumbu dapur yang dapat menambah aroma dan membuat rasa masakan Anda makin sedap, namun juga mengandung zat antijamur yang dapat mencegah panu makin meluas, dan mengurangi rasa gatal. Hal inilah yang membuat bawang putih masuk dalam daftar obat panu paling ampuh.

Jika Anda sering terkena panu, Anda sangat disarankan untuk mengkonsumsi 2-3 siung bawang putih tiap hari dengan air hangat pada saat perut kosong. Selain itu, iris sedikit ujung bawang putih. Lihat bahwa bawang putih akan mengeluarkan minyak dari bagian yang diiris tersebut. Gosokkan minyaknya pada kulit yang terkena panu dua kali sehari, lalu diamkan hingga 20 menit. Berhubung aroma bawang putih sangat kuat, lakukan cara ini sebelum mandi sehingga ketika mandi Anda bisa membasuhnya dengan sabun lembut hingga aromanya menghilang.

  • Cuka apel

Cara pakai cuka apel untuk menghilangkan panu sangat mudah. Celupkan cotton bud atau kain bersih ke dalam larutan cuka apel (Anda juga bisa mengencerkan cuka apel dengan air suam-suam kuku dengan perbandingan yang sama) lalu oleskan pada kulit yang terkena panu. Tunggu hingga 15 menit sebelum membasuhnya dengan air hangat. Lakukan cara ini sekali dalam sehari selama beberapa minggu atau hingga panu menghilang.

Untuk melawan jamur dari dalam, Anda juga disarankan untuk mengkonsumsi cuka apel. Caranya, campurkan 2 sendok makan cuka apel dalam segelas air, lalu minum 2 kali sehari. Kandungan antimikroba dalam cuka apel dapat membantu mengontrol pertumbuhan abnormal jamur penyebab panu serta mencegahnya kambuh kembali, yang membuat cuka apel cocok dijadikan sebagai obat panu paling ampuh.

  • Kunyit

Nah, Anda pasti sudah sering mendengar bahwa bahan alami satu ini dapat mengobati panu. Hal itu memang benar. Kunyit merupakan antiseptik dan antibiotik alami yang dapat mencegah infeksi kambuh kembali. Cara menggunakan kunyit untuk mengobati panu adalah, pertama-tama tambahkan 3-4 sendok makan bubuk kunyit ke dalam kurang lebih 1 liter air lalu diamkan hingga 1 jam. Hal ini untuk menghindari warna kuning tertinggal di kulit Anda. Air kunyit inilah yang akan Anda oleskan ke kulit.

  • Lemon

Campurkan perasan lemon dengan air matang dengan perbandingan 1:2, lalu oleskan ke kulit pada malam hari. Tidak perlu membasuhnya sampai keesokan paginya. Lemon bersifat asam. Jamur tidak dapat tumbuh di lingkungan yang asam. Itulah sebabnya lemon dapat dimanfaatkan untuk mengobati panu.

Selain bahan-bahan yang disebutkan di atas, perkuat daya tahan tubuh Anda dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin A, C, E, dan B. Perbanyak sayur dan buah. Sebaliknya, hindari terlalu banyak karbohidrat karena akan menstimulasi produksi jamur. Di saat yang sama, hindari memakai baju yang terlalu ketat dan jaga kebersihan diri Anda dengan mandi setiap hari. Tidak lupa, cuci baju dan handuk Anda menggunakan air panas secara teratur untuk mematikan jamur.

Demikian artikel yang dapat kami sajikan tentang obat panu paling ampuh. Cobalah untuk menggunakan bahan-bahan alami terlebih dahulu untuk mengobati panu Anda. Bahan-bahan tersebut selain mudah di dapat, juga lebih aman. Semoga bahan-bahan yang telah diuraikan di atas membawa khasiat yang optimal. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *