invisible hit counter invisible bg invisible ico

Obat Hidung Tersumbat yang Efektif Melegakan Pernafasan Anda

Obat Hidung Tersumbat yang Efektif Melegakan Pernafasan AndaBanyak orang mencari obat hidung tersumbat yang efektif untuk meredakan keluhan yang dirasakan. Hidung tersumbat memang merupakan kondisi yang membuat orang yang mengalaminya merasa tidak nyaman. Hidung terasa berair, suara terdengar sengau, dan rasanya ingin mengeluarkan ingus untuk membuat pernafasan terasa lega namun hanya sedikit ingus yang keluar atau bahkan tidak ada sama sekali. Banyak orang yang berpikir bahwa hidung tersumbat adalah akibat dari penumpukan lendir (ingus) dalam rongga hidung. Faktanya, hidung tersumbat terjadi karena pembuluh darah dan jaringan pada rongga hidung mengalami peradangan. Peradangan pembuluh darah dan jaringan pada rongga hidung dapat dipicu oleh flu, alergi, atau infeksi pada sinus itu sendiri.

Sebelum mengetahui obat hidung tersumbat yang efektif, bagaimana mekanisme sehingga pembuluh darah dan jaringan hidung bisa mengalami peradangan? Seperti yang kita ketahui, pada rongga hidung terdapat rambut-rambut halus dan lendir tipis yang salah satunya berfungsi untuk menyaring udara yang dihirup seseorang. Ketika seseorang menghirup udara, ia juga menghirup partikel-partikel seperti polutan, alergen, bakteri, maupun virus yang beterbangan. Rambut dan lendir di hidung akan “menangkap” partikel-partikel tersebut sehingga udara yang masuk ke paru-paru benar-benar bersih.

Dengan demikian, hidung tidak hanya sebagai alat pernafasan manusia, namun juga sebagai salah satu garis pertama pertahanan tubuh terhadap kuman penyakit. Akan tetapi, apabila daya tahan tubuh sedang melemah, ketika sedang melawan infeksi tertentu (misalnya influenza) maka jaringan dan pembuluh darah pada hidung menjadi bengkak. Demikian pula apabila seseorang memiliki kecenderungan untuk alergi terhadap hal-hal tertentu seperti asap rokok, polusi, atau serbuk bunga. Sebagai konsekuensinya, hidung akan terasa seperti tersumbat.

Langkah-Langkah Berikut Ini Dapat Anda Praktikkan Sebagai Obat Hidung Tersumbat yang Efektif

Apapun hal yang menyebabkan hidung Anda tersumbat, tetap ada cara-cara yang dapat Anda lakukan untuk meredakannya. Untungnya, cara-cara tersebut sangat mudah dan dapat Anda lakukan di rumah sebagai pertolongan pertama sebelum Anda pergi ke dokter. Berikut adalah hal-hal yang dapat Anda praktikkan sebagai obat hidung tersumbat yang manjur, yang dapat Anda pilih mana yang paling cocok untuk Anda. Beberapa di antaranya dapat Anda praktikkan untuk meredakan flu. Hal ini karena ketika seseorang menderita flu, salah satu gejalanya juga adalah hidung tersumbat.

1. Mandi air hangat

Cara ini adalah salah satu langkah terbaik untuk meredakan baik hidung tersumbat maupun pilek. Uap dari air hangat dapat membantu mengurangi iritasi dan peradangan pada rongga hidung sehingga dapat membuat hidung Anda yang tadinya tersumbat menjadi lebih lega. Apabila Anda pilek, uap air hangat pun dapat membantu mengencerkan lendir pada rongga hidung Anda sehingga lebih mudah dikeluarkan.

Untuk membuat mandi air hangat menjadi lebih efektif sebagai obat hidung tersumbat, setelah menuangkan air hangat jangan langsung menggunakannya untuk mandi. Tutuplah pintu kamar mandi Anda selama beberapa saat agar uap air hangat mengumpul di udara. Setelah itu, masuklah dalam kamar mandi dan hiruplah dalam-dalam uap air hangat yang ada selama beberapa menit.

Selain mandi air hangat, Anda juga dapat menampung air hangat pada baskom. Tambahkan beberapa tetes minyak kayu putih atau minyak esensial ke dalamnya, lalu dekatkan wajah Anda ke atas baskom berisi air hangat tersebut untuk menghirup uapnya. Yang harus Anda ingat ketika melakukan langkah ini (baik mandi air hangat atau menampung air hangat di baskom) adalah memperhatikan suhu air. Pastikan suhu air cukup panas untuk dapat menghasilkan uap yang cukup, namun berhati-hatilah agar air tidak menimbulkan luka bakar ringan pada bagian tubuh Anda.

2. Menggunakan tetes hidung dari larutan garam

Tetes hidung dari larutan garam meredakan hidung tersumbat dengan prinsip osmosis. Pembuluh darah dan jaringan yang membengkak pada saat hidung tersumbat berisi cairan. Larutan garam bersifat hipertonik, yang artinya konsentrasi larutan garam lebih tinggi daripada cairan tubuh. Dengan meneteskan larutan garam, konsentrasi garam yang tinggi di luar sel-sel jaringan hidung akan menarik keluar cairan melewati jaringan hidung. Dengan keluarnya cairan dari jaringan hidung, pembengkakan pada pembuluh darah dan jaringan hidung akan mereda sehingga hidung tidak lagi tersumbat.

Selain itu, larutan garam juga dapat membantu mengencerkan lendir pada rongga hidung. Sehingga, larutan garam bermanfaat tidak hanya sebagai obat hidung tersumbat namun juga membantu membilas kuman-kuman dari rongga hidung. Anda dapat menggunakan larutan NaCl yang  tersedia di apotik atau membuat larutan garam sendiri dengan cara mencampurkan 1 sendok teh garam laut (bukan garam dapur atau garam beryodium) dengan 250 ml air matang. Akan tetapi, penggunaan larutan garam ini tidak dianjurkan untuk anak berusia di bawah 5 tahun.

3. Gunakan humidifier

Jika memungkinkan, pasang dan nyalakan humidifier di dalam ruangan. Humidifier meningkatkan kelembaban udara dalam ruangan. Bernafas pada udara yang lembab dapat meringankan jaringan yang mengalami iritasi dan meredakan pembengkakan pembuluh darah pada hidung dan sinus. Sama seperti efek yang ditimbulkan oleh mandi air hangat, udara yang lembab juga dapat mengencerkan lendir pada rongga hidung. Oleh sebab itu, tidak hanya cara ini dapat Anda coba sebagai salah satu obat hidung tersumbat yang efektif, namun juga sebagai salah satu cara untuk mengatasi pilek.

4. Perbanyak asupan cairan

Minumlah banyak air ketika hidung Anda tersumbat. Selain air putih, jenis cairan lain pun dapat Anda konsumsi seperti misalnya cairan elektrolit, jus buah, atau bahkan kuah sayuran (banyak ahli nutrisi menganjurkan untuk mengkonsumsi sop ayam hangat; selain uap hangat dari kuahnya dapat meredakan hidung tersumbat, protein dari daging ayam dapat membantu mempercepat proses penyembuhan).

Asupan cairan yang cukup dapat membantu mengencerkan lendir pada rongga hidung, mendorong lendir atau ingus keluar dari rongga hidung, dan mengurangi tekanan pada sinus. Jika hidung tersumbat Anda disertai dengan sakit tenggorokan, segelas teh hangat pun dapat mengurangi ketidaknyamanan pada tenggorokan Anda.

5. Gunakan kompres hangat

Hidung tersumbat biasanya disertai dengan demam, sebagai salah satu tanda bahwa sistem pertahanan tubuh tengah bekerja melawan kuman penyakit. Kompres hangat selain dapat membantu menurunkan demam, juga dapat mengurangi ketidaknyamanan akibat hidung tersumbat. Rendam sehelai kain dalam air hangat, peras air dari kain lalu lipat dan letakkan di atas hidung dan dahi Anda. Lakukan langkah ini hingga Anda merasa lebih baik.

6. Mengkonsumsi dekongestan, antihistamin atau obat alergi lainnya

Dekongestan dapat membantu meredakan pembengkakan dan mengurangi nyeri yang timbul akibat iritasi jaringan pada rongga hidung, sehingga dapat menjadi obat hidung tersumbat yang manjur. Sebagian besar dekongestan dapat dibeli di apotik tanpa menggunakan resep dokter. Jika hidung tersumbat Anda disebabkan oleh alergi, Anda dapat mengkonsumsi antihistamin atau obat alergi lainnya. Kedua jenis obat tersebut memiliki efek yang sama seperti dekongestan.

Dalam mengkonsumsi obat-obatan tersebut, patuhi dosis dan cara minum obat yang benar. Pada umumnya, dekongestan tidak boleh dikonsumsi lebih dari 3 hari tanpa berkonsultasi dengan dokter. Perhatikan juga akan adanya efek samping. Misalnya, antihistamin mungkin menimbulkan efek samping mengantuk. Jika Anda tidak yakin apakah Anda akan mengalami efek samping antihistamin, jangan mengkonsumsinya ketika Anda harus mengemudi atau mengoperasikan alat berat.

Ternyata ada banyak langkah yang dapat Anda lakukan sebagai obat hidung tersumbat, baik secara alami maupun menggunakan obat-obatan yang dapat dibeli di apotik. Selain langkah-langkah yang disebutkan di atas, mengkonsumsi makanan bergizi dan istirahat yang cukup juga harus Anda lakukan untuk mempercepat proses penyembuhan. Semoga artikel ini bermanfaat .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *